Cara Menulis Artikel Berbahasa Inggris di Blog

Cara Menulis Artikel Berbahasa Inggris di Blog Media sosial seperti Blogger memang cocok untuk digunakan belajar dan berlatih menulis, menyalurkan hobby tulis-menulis, dan belajar apa saja tentang hal-hal menarik. Menulis selain merupakan hobby, juga merupakan sebuah skill tersendiri yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Oleh karena itu, berbahagialah anda yang mempunyai skill menulis yang baik.

Mungkin kita sudah sering membaca mengenai tips menulis artikel, mulai dari kiat-kiat sebelum menulis, teknik menulis yang baik, dan sampai dengan tips menulis artikel berkualitas. Tips tersebut sebagian besar merupakan tips menulis artikel ber Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, perlu kiranya kita belajar tentang hal baru, supaya ilmu yang kita miliki bisa berkembang.
Cara Menulis Artikel Berbahasa Inggris di Blog
Image by eHow.com
Pernah tidak kita membaca berbagai artikel berbahasa Inggris? Entah itu di blog, buku, media massa ataupun yang lainnya. Pertanyaan selanjutnya kira-kira kita pernah tidak menulis artikel berbahasa Inggris? yang tahu jawabannya adalah anda sendiri. Memang, membaca dan menulis artikel berbahasa Inggris lebih sulit dibandingkan dengan Bahasa Indonesia. Tapi tidak ada salahnya apabila kita mau mencoba belajar dan berlatih mandiri.

Sampai saat ini saya sendiri masih belajar untuk menulis artikel Bahasa Inggris. Mungkin tulisan saya masih jauh dari sempurna, karena memang saya bukan alumnus jurusan Bahasa Inggris. Namun, latihan yang saya lakukan tersebut tentu lebih baik dari pada yang tidak berlatih sama sekali. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin belajar berlatih menulis artikel Berbahasa Inggris, silahkan simak baik-baik tips yang akan saya berikan berikut ini. Tips tersebut merupakan hasil dari pengalaman saya selama menulis artikel Berbahasa Inggris di blog saya http://ririnx.blogspot.com/.

Cara Menulis Artikel Berbahasa Inggris di Blog

1. Pahami Tata Bahasa Inggris (Grammar)
Setiap bahasa tentu mempunyai tata bahasa sendiri-sendiri. Misalnya Bahasa Indonesia itu ada Tata Bahasa Indonesia dan EYD. Dalam Bahasa Inggris juga ada tata bahasa, itu dinamakan Grammar. Sebelum kita berlatih menulis, pastikan anda sudah paham betul grammar Bahasa Inggris.

Anda hanya perlu memahami cara penyusunan frase, klausa, dan kalimat. Ketiga aspek tersebut sangatlah penting untuk dipahami. Frase itu seperti apa? klausa itu yang bagaimana? dan kalimat itu apa saja?. Pastikan anda juga sudah familiar denga kata kerja (verb). Karena dalam Bahasa Inggris itu terdapat Kata Kerja Tidak Beraturan (Irregular verb) dan Kata Kerja Beraturan (Regular verb).

Selain itu, kata kerja dalam Bahasa Inggris juga bisa berubah-rubah sesuai dengan waktu yang digunakan. Misalnya kapan penggunaan Verb 1, 2, 3, dan Verb Ing? Apakah digunakan pada Simple Present? ataukah Past Tense, ataukah Simple Future?. Butuh waktu yang lama untuk memahami Grammar Bahasa Inggris.

2. Hafalkan kosa kota sebanyak-banyaknya
Biasakan diri untuk selalu membuka kamus! Memang, dengan adanya teknologi kini telah mempermudah dalam menterjemahkan bahasa, misalnya seperti Google Translate. Namun, apakah kita akan selalu menggantungkan diri pada teknologi tersebut? bagaimana jika komputer kita mati? bagaimana jika tidak ada koneksi internet?. Bisa dipastikan kita tidak akan bisa meminta bantuan teknologi tersebut.

Menghafal kosa kata (vocabulary) itu tidak harus menghafal kata satu-persatu. Kita bisa menghafalnya dengan cara membaca artikel yang kita sukai, namun yang Berbahasa Inggris. Bacalah artikel tersebut secara perlahan-lahan! Terjemahkan kata demi kata hingga merangkai sebuah kalimat yang bisa dipahami oleh anda. Lakukan hal tersebut secara intensif. Bisa dipastikan anda akan hafal kosa kata Bahasa Inggris sedikit demi sedikit.

3. Perbanyak membaca dan memahami artikel berbahasa Inggris
Usahakan anda memperbanyak membaca artikel yang menggunakan Bahasa Inggris. Hal tersebut selain dapat bermanfaat untuk menghafal kosa kata, juga anda bisa mengenali struktur kalimat dalam Bahasa Inggris. Mungkin apabila anda membaca artikel Bahasa Inggris buatan orang luar negeri, bisa dipastikan anda akan pusing, karena struktur kalimat sudah mengalami variasi.

Silahkan baca artikel karya orang Indonesia, sehingga anda bisa dengan mudah untuk memahaminya. Dimana saya bisa membaca artikel tersebut? anda bisa mengunjungi laman surat kabar TheJakartaPost.com. Laman tersebut merupakan satu-satunya media massa online asli Indonesia yang Berbahasa Inggris.

4. Berlatih menulis secara intensif
Tentu, setelah anda faham grammar, sudah hafal banyak vocab, dan sudah sering membaca artikel Bahasa Inggris, yang perlu anda lakukan adalah berlatih menulis. Anda bisa berlatih menulis artikel anda di blog. Blog merupakan media yang tepat untuk berlatih menulis. Belum punya blog? silahkan baca Cara Membuat Blog di Blogger dan Blog WordPress.

Tulislah artikel Berbahasa Inggris sebisa anda. Lakukan hal tersebut secara kontinyu. Sehingga anda akan terbiasa menulis kalimat dalam Bahasa Inggris. Dan lama kelamaan bukan tidak mungkin anda bisa lancar menulis artikel tersebut.

5. Minta koreksi teman yang lebih pintar
Selain anda aktif berlatih menulis di blog, anda juga diharapkan meminta bantuan teman untuk mengoreksi tulisan anda. Usahakan teman anda sudah mahir dalam menulis Bahasa Inggris. Dengan begitu maka ia akan memberikan saran dan masukan yang berharga untuk anda. Sehingga tulisan anda dapat lebih baik dari sebelumnya.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Menulis Artikel Berbahasa Inggris di Blog. Semoga dapat bermanfaat. By the way terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

7 komentar:

Unknown said...

like

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Terimakasih banyak Mas Malik ndut :)

akang sam said...

emang susah ya membuat artikel berbahasa asing, heheh bahasa sendiri juga susah apalagi bahasa asing, hehehe.

salam blogger bro
http://dasarbahasainggris.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya pak lumayan cukup susah karena kita harus kerja dua kali yakni menulis ke dalam Bahasa Indonesia terlebih dahulu baru kemudian menulis nya kembali ke dalam Bahasa Inggris. Tapi kalau sudah terbiasa sih enjoy saja hehehe :D

Ma kasih ya sudah berkunjung di blog saya :)

Unknown said...

Sedikit tambahan :D
Tulis artikel2 dari tulisan di perpus yang berbahasa Inggris :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ide yang bagus itu mas. Thanks atas tambahannya ya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks ya atas kunjungannya :)

Post a Comment