Tips Membuat Blog untuk Didaftarkan Google AdSense

Tips Membuat Blog untuk Didaftarkan Google AdSense Banyak orang berpendapat bahwa mendaftar Google AdSense sangatlah mudah, karena mungkin mereka sudah berpengalaman. Sebagian yang lain berpendapat bahwa untuk mendapat aproval AdSense sangatlah sulit. Bahkan teman saya ada yang bilang sudah sampai 101 kali mendaftar, tapi blog pribadi nya selalu ditolak. Saya akui memang untuk mendapat persetujuan AdSense tidaklah mudah, karena ada berabagai syarat yang harus dipunuhi. Selain itu, faktor Tim Google AdSense juga berpengaruh dalam hal ini. Karena merekalah yang memutuskan diterima atau tidaknya permohonan akun kita.

Oleh karena itu, perlu adanya tips dan trik yang tepat untuk memecahkan masalah ini terutama bagi teman-teman blogger yang sedang galau karena tidak di aprove oleh AdSense. Meskipun saya belum begitu berpengalaman dalam hal pendaftaran AdSense, paling-tidak saya sudah pernah di approve. Sehingga selain pengalaman yang saya miliki, juga berdasarkan pengalaman orang lain yang bisa dipercaya.
Tips Membuat Blog untuk Didaftarkan Google AdSense
Meskipun di internet banyak jasa pendaftaran AdSense, saya sangat tidak merekomendasikan. Hal itu dikarenakan anda tidak bisa belajar tentang AdSense. Aproval melalui jasa tidak akan membuat anda pintar, karena anda tidak punya pengalaman. Selain itu, aproval AdSense atas usaha kita sendiri merupakan suatu kepuasan yang tidak ternilai harganya.
Birikut adalah tips yang bisa anda parktekkan untuk membuat blog yang bisa memperoleh aproval dari Google AdSense. Ada 2 pilihan yang bisa anda praktekkan untuk mendapat persetujuan AdSense, mulai dari yang terberat sampai yang teringan.

Tips Membuat Blog untuk Didaftarkan Google AdSense

Alternatif 1
Pilihan nomor 1 ini adalah cukup berat. Butuh adanya modal besar dan skill khusus. Bisa dipastikan anda akan memperoleh approval dari Google AdSense apabila anda melakukannya dengan baik dan benar.

1. Buatlah sebuah blog dengan domain berbayar seperti dot com, dot net, dan lain-lain. Tentu, anda harus beli domain tersebut di toko webhosting. Harga domain sekitar 80-100 ribu per tahun. Anda tidak hanya membeli saja, tapi anda juga bisa memasang/mengganti domain secara mandiri apabila menggunakan hosting dari blogger.

2. Buat artikel berbahasa Inggris di blog anda secara bertahap. Apabila anda tidak bisa menulis Bahasa Inggris, silahkan translate di Google Translate. Setelah ditanslate, silahkan di koreksi grammarnya (tata tulisnya). Kemudian baru di publikasikan di blog.

3. Niche (tema) blog bebas tapi harus fokus satu tema dan harus sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Google AdSense. Anda bisa memilih niche yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang 5 Niche yang Bagus untuk AdSense.

4. Jumlah tulisan dalam artikel hendaknya terdiri dari 3 paragraf atau lebih. Jangan terlalu sedikit. Artikel hendaknya substansial. Contoh: Misalnya anda membuat blog tentang "Download Game Gratis". Hendaknya dalam setiap artikel anda terdapat Cara Bermainnya bagaimana? Fiturnya apa saja dalam game tersebut? serta persyaratan sistemnya bagaimana? Sertakan juga link downloadnya!.

5. Desain blog juga mempengaruhi. Silahkan blog anda didesain sebaik mungkin. Lengkapi widget yang mendukung misalnya seperti Posting Terkait, Posting Populer, dan Posting Terbaru. Lengkapi juga navigasi menu seperti Home, Daftar Isi, Contact Form, dan About Me.

6. Setelah blog anda sudah berumur 2 bulan dan jumlah posting artikel sudah 30 buah, silahkan lakukan pendaftaran di www.google.com/adsense. Silahkan mendaftar pada situs tersebut. Jangan mendaftar melalui blogger, karena anda mengguakan domain berbayar.

7. Pada saat mendaftar, isi biodata anda dengan benar. Biodata tersebut harus sama persis dengan Biodata dalam Halaman About Me di Blog anda. Hal itu disebabkan Tim Google AdSense akan mengkroscek biodata anda antara biodata yang didaftarkan dengan yang ada di blog anda.

8. Apabila permohonan anda ditolak, karena ada alasan tertentu. Silahkan perbaiki dimana kesalahan tersebut. Apakah itu konten blog? validitas biodata? ataukah yang lain?. Setelah anda merevisi, silahkan daftarkan lagi dengan E-mail dan Blog yang sama.

Alternatif 2
Alternatf nomor 2 ini cukup ringan karena anda tidak perlu modal finansial dan tidak perlu mempunyai skill khusus. Anda hanya perlu berusaha membuat blog yang baik dan benar sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Google AdSense.

1. Buatlah blog di Blogger. Belum tahu cara membuat blog? pelajari selengkapnya tentang Cara Membuat Blog di Blogger. Blogger adalah layanan gratis dan sudah sepenuhnya terintegrasi dengan Google AdSense.

2. Buat artikel berbahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah penulisan bahasa.

3. Pilih niche (tema) blog yang unik. Unik disini diartikan sebagai niche yang belum banyak dibahas oleh blogger lain di internet. Contoh niche unik adalah tentang Kerajinan Bambu, Kerajinan Plastik, Budaya Tradisional, Masakan Tradisional, dan masih banyak lagi.

4. Konten artikel harus substansial. Panjang tulisan minimal 4 paragraf. Sertakan foto asli dalam setiap artikel. Jangan mengambil foto dari internet!.

5. Desain blog anda secara baik dan benar!. Menu navigasi harus jelas.

6. Setelah blog berumur 3 bulan dan jumlah artikel sudah mencapai 40 buah. Silahkan daftarkan blog anda kepada Google AdSense melalui Blogger. Silahkan baca Cara Mendaftar Google AdSense melalui Blogger.

7. Lakukan pendaftaran dengan baik dan benar. Terutama dalam pengisian alamat rumah.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Tips Membuat Blog untuk Didaftarkan Google AdSense. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

18 komentar:

Unknown said...

Panduan yang ringkas dan amat menarik. Saya pernah mencobanya sekali namun belum diterima. Masih banyak hal yang harus saya benahi sesuai syarat dan ketentuan Google AdSense. Salam cemerlang.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Google AdSense menerapkan peraturan yang ketat semata-mata demi kebaikan Publisher, Advertiser, dan Google AdSense itu sendiri. Suatu proses pembelajaran apabila kita mau mencobanya. Karena mulai dari gagal diterima itu menjadikan kita pengalaman. Thanks pak Herdoni Wahyono

Unknown said...

artikel yang benar2 sangat berguna, thks sob wat info nya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, makasih juga sudah berkunjung di blog saya :)

Mang Lembu said...

berbagai tips dan trik udah dilakoni, terakhir bulan puasa kemaren nyobain daftar lagi di GA..nah ampe sekarang ngga ada beritanya....nyemplung dilaut kalih..?!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mungkin bapak bisa mengajukan permohonan lagi kepada Team Google AdSense. Mungkin saja mereka lupa pak :)

Staff Administrator said...

Sy hanya izin menbahkan sedikit di sini.. :)
Terutama untuk yg pernah atau sering di tolak..

mungkin dpt mempunyai pandangan yg bisa di jadiin motovasi ..
"Knapa mereka bisa...sedang kita kok ndak..ya jd hrs bisa juga dong..hehe

Tentunya di iringi usaha seperti yg udah tertulis di atas dan perbanyak DOA..tentunya..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wah terimakasih banyak Mas sudah menambahkan artikel diatas. Memang butuh adanya motivasi untuk kita semua agar dalam berusaha tidak putus asa, dalam hal ini adalah mendaftar Google AdSense. Tentu saja harus diiringi dengan do'a. Thanks sudah mampir disini :)

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

harus foto asli ya mbak? saya coba lagi deh..

udah berulang kali di toal, ini saya coba bikin blog baru

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Saya kurang tahu mas apakah harus menggunakan foto asli atau tidak. Karena dalah Term Of Service (TOS) Google AdSense tidak menyebutkan tentang hal itu. Yang jelas adalah alamat rumah harus valid, harus sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Silahkan dicoba untuk mengajukan permohonan lagi mas. Semoga berhasil ya :)

Putra said...

Nah. Ini dia yang saya cari. Saya mmg lagi niat untuk masukin blog saya ke adsense. Tapi masih ragu diapprove atau gak.
Boleh kontak2 g mbak ? Tanya2 tentang adsense ?

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Putra, jangan ragu-ragu untuk mendaftar pak. Yang mantep getu loh!! hehehe :D Jangan takut sebelum mencobanya pak. Silahkan anda bisa kontak saya melalui menu Contact Us/Contact Form untuk kontak via E-mail. Thanks ya sudah mampir :)

baho-punya.blogspot.com said...

trim's bangaaaattt info nya mbak eka...
info nya sangaat bermanfaat sekali...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas ferdon. Thanks atas kunjungannya ya :)

Adhy Suryadi said...

Masalah saya katanya "Blog sulit dinavigasi" itu bagaimana mbak?

Anonymous said...

Ijin simak lagi saya Mbak Rin mau belajar bikin dan daftar google
Adsene semoga saya berhasil yah Mbak Ririn terima kasih infonya

Agus Supriyono said...

Makasih, artikelnya membantu mba ririn, mau daftar masih ragu rasanya belum tepat blog didaftarkan

Unknown said...

mantaps

kunjungan

Post a Comment