Apa motivasi anda membuat sebuah blog?

Apa motivasi anda membuat sebuah blog? itulah pertanyaan mendasar yang harus anda jawab sebelum anda memulai blogging. Tentu yang bisa menjawab pertanyaan tersebut adalah anda sendiri, bukan saya, ataupun orang lain. Mengapa pertanyaan tersebut perlu dan penting untuk ditekankan untuk kita semua? hal tersebut supaya apa yang menjadi tujuan kita dalam blogging bisa dicapai. Sehingga kita perlu berusaha sungguh-sungguh untuk memperoleh apa yang kita inginkan.

Saya sendiri pada awalnya membuat blog pribadi adalah untuk belajar dan menyalurkan hobby tulis menulis tentang apa saja yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Namun, ditengah jalan malah mengarah untuk belajar lebih mendalam tentang cara mendesain blog dan optimasi mesin pencari (SEO). Hal tersebut saya kira tidak menjadi suatu masalah, apabila diimbangi dengan niat dan tujuan yang positif.
Tujuan Membuat Blog, Apa motivasi anda membuat sebuah blog?
Image by michellerafter.com
Setelah kurang lebih 6 bulan berkecimpung di dunia blogging. Dengan mengamati dan melakukan survey secara random terhadap beberapa blog di Indonesia. Saya kemudian melakukan riset kecil-kecilan yakni ingin mengetahui tentang tujuan anda dalam membuat blog. Metode yang saya gunakan adalah metode observasi dengan tingkat kesalahan 30%, sehingga masih perlu dibuktikan kebenarannya. Setelah observasi selesai, baru kemudian saya bisa menyimpulkan bahwa sebagian besar dari anda punya motivasi dan tujuan yang beranekaragam. Itu nampak dari konten dan isi komentar yang terdapat di blog anda. Berikut adalah penjelasannya.

Apa motivasi anda membuat sebuah blog?

1. Cari teman
Tidak sedikit dari blogger Indonesia yang membuat blog hanya sekedar mencari teman di dunia maya. Itu nampak dari blog yang ia kelola selalu ramai pengunjung dan tidak ada iklan sama sekali. Bagi mereka yang mempunyai motivasi ini, mempuyai teman yang banyak memberikan kepuasan tersendiri dibandingkan memperoleh uang banyak tapi tidak punya teman satu pun. Apalagi jika artikel yang mereka tulis itu di respon positif oleh visitor, tentu menjadikan suatu kepuasan tersendiri yang tak ternilai harganya.

2. Menyalurkan hobby menulis
Memang hobby merupakan suatu hal yang sangat menarik dan mengasyikkan apabila kita lakukan. Apalagi hobby menulis, tentu jarang dimiliki oleh orang. Bagi orang yang mempunyai hobby seperti ini, bisa dipastikan akan selalu menulis apa saja, terutaman tentang hal yang ia sukai. Lebih-lebih apabila tulisannya di respon oleh pembaca, maka akan menimbulkan perasaan yang tak ternilai harganya.

Media sosial seperti blogger memang sangat cocok untuk seseorang yang mempunyai hobby menulis, karena blogger memberikan ruang yang cukup besar dan bisa di isi dengan tulisan-tulisan yang sangat banyak. Itulah mengapa bagi orang yang gemar menulis lebih memilih media ini dibandingkan menulis di buku teks. Karena bisa dipastikan apa yang ditulis di blog itu akan dibaca oleh orang banyak diseluruh penjuru dunia.

3. Catatan pribadi
Banyak diantara kita yang membuat sebuah blog untuk mencatat apa saja tentang kehidupan yang kita alami. Bisa berupa pengalaman pribadi, menceritakan kehidupan sehari-hari, dan menceritakan tentang cinta yang ia alami. Biasanya yang mempunyai motivasi seperti ini adalah perempuan. Karena mereka ingin selalu diperhatikan oleh orang-orang disekitarnya. Sayangnya, media sosial blogger kurang tepat untuk hal seperti ini, karena kita tidak tahu siapa saja yang membaca tulisan kita.

4. Sharing pengetahuan
Yang lumayan cukup banyak dari hasil observasi saya adalah motivasi ini, yakni membuat blog hanya sekedar berbagi pengetahuan. Bisa itu tentang tutorial blogging, ilmu pengetahuan, software, dan masih banyak lagi. Ada kepuasan tersendiri bagi mereka yang mempunyai motivasi seperti ini. Bagi mereka berbagai pengetahuan adalah suatu hal yang bernilai positif. Apabila pengetahuan yang mereka sharing bisa bermanfaat untuk orang lain, mereka akan sangat senang dan puas dengan apa yang mereka lakukan.

5. Cari uang
Motivasi yang paling banyak diantara kita dalam membuat blog adalah untuk cari uang. Hal itu saya kira bukan suatu hal yang negatif, karena memang sudah lumrah adanya dan memang benar bahwa dengan membuat blog ternyata bisa memperoleh penghasilan yang tidak sedikit. Biasanya pengelola blog yang mempunyai motivasi ini nampak dari performa blog-nya, yakni dilengkapi dengan iklan. Bahkan ada juga yang penuh ruang iklan. Dan yang paling parah adalah iklan pop-up melayang yang mana eksistensinya sangat mengganggu visitor blog.

Mencari uang lewat blog itu boleh-boleh saja, tidak ada yang melarang. Namun, kita tetap dianjurkan untuk memprioritaskan konten. Perlu diingat bahwa visitor blog adalah raja, sehingga keberadaannya perlu dijaga. Sehingga blog kita bisa dicintai oleh mereka. Bahkan apabila mereka sudah terlanjur sayang, bisa jadi mereka akan menjadi pengujung setia kita. Dan pada akhirnya uang akan datang dengan sendirinya kepada kita.

6. Belajar blogging
Motivasi ini terbilang cukup banyak, namun masih kalah banyak dengan yang mempunyai motivasi cari uang. Biasanya pengelola blog yang mempunyai motivasi ini cenderung ingin selalu belajar tentang hal apa saja tentang blogging. Oleh karena itu, bisa dipastikan konten blog mereka sebagian besar berisi tentang tutorial blog, yakni mulai dari membuat, mendesain blog, bahkan sampai memonetisasi blog.

Saya sendiri juga mempunyai motivasi seperti ini, karena saya selalu ingin tahu tentang hal-hal baru mengenai dunia blogging. Bagi saya belajar itu adalah suatu keharusan. Belajar apa saja yang bersifat positif adalah hal yang perlu. Dan apabila kita sudah bisa, kita harus berbagi dengan teman-teman kita yang belum bisa. Sehingga apa yang kita tulis bisa bermanfaat untuk orang lain. Itu merupakan suatu kepuasan tersendiri bagi kita.

7. Iseng-iseng
Motivasi yang ini terbilang cukup langka, namun banyak juga yang mempunyai motivasi ini. Oleh karena itu bisa dipastikan blog mereka diisi dengan sesuka hati mereka dan bisa dipastikan apabila mereka sudah bosan maka blog yang mereka kelola akan terbengkalai.

8. Ikut teman
Motivasi yang terakhir ini hampir sedikit diantara kita semua. Tapi hal itu memang benar-benar ada. Salah satunya adalah teman saya sendiri di dunia nyata. Ia membuat blog hanya karena ikut teman saja yang gemar blogging. Akhirnya blog-nya sampai sekarang tidak tahu keberadannya, karena E-mail dan Pasword yang digunakan untuk Log In sudah lupa.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Apa motivasi anda membuat sebuah blog?. Semoga dapat bermanfaat. Dan terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

2 komentar:

hayardin said...

selamat Pagi Sobat...maaf yaa saya baru sempat ngesot kesini dan Follback...Jujur motivasi saya dulu waktu pertama kali menyentuh yang namnya dunia blogging karena untuk mencari uang karena dulu saya menggeluti dunia PTC, tapi seiring dengan waktu saya jadi terbiasa menulis sehingga lewat blogging saya jadi hobby untuk menulis dan berbagi dengan sahabat dunia Maya...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

bagus itu mas, memang motivasi blgging juga kadang-kadang bisa berubabh tergantung situasi dan kondisi, yang terpenting adalah bertujuan positif :)

Post a Comment