Cara Setting Bahasa dan Format Waktu di Blogspot

Cara Setting Bahasa dan Format Waktu di Blogspot Bagaimana caranya mengatur bahasa dan format waktu di blogspot? Itulah topik yang akan kita bahas kali ini. Kenapa element ini penting untuk diatur? Tentunya agar supaya bahasa dan tanggal/waktu di blog kita itu cocok dengan lokasi kita saat ini. Mungkin trik ini agak sedikit kuno bagi webmaster yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging, tapi tidak untuk blogger pemula seperti saya.

Ada beberapa manfaat bila bahasa dan format waktu yang ditetapkan itu tepat/sesuai, antara lain adalah (i) bahasa blog sesuai dengan bahasa yang kita inginkan, misal dalam hal ini adalah Bahasa Indonesia, (ii) jika kita ingin menerbitkan posting terjadwal secara otomatis, maka penerbitannya pun akan sesuai dengan waktu lokasi kita serta tepat pada waktunya, (iii) tanggal dan jam posting serta komentar akan terlihat secara jelas, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengatur format bahasa dan tanggal bulan tahun sesuai dengan wilayah Indonesia di blogger. Silahkan anda perhatikan secara seksama.

Cara Setting Bahasa dan Format Waktu di Blogspot

1. Pertama-tama silahkan log in ke akun Blogger dengan menggunakan username dan pasword anda masing-masing

2. Masuk ke Dashboard > pilih menu Setelan/Setting > pilih sub menu Bahasa dan Pemformatan
Cara Setting Bahasa dan Format Waktu di Blogspot
3. Silahkan atur bahasa dan format waktu yang anda inginkan. Bila anda tinggal di Indonesia, maka cara setting nya seperti berikut:
Cara Mengatur Bahasa di Blogspot dan memilih Bahasa Indonesia
Keterangan:
Nomor 1 pilih Bahasa Indonesia
Nomor 2 pilih Dinonaktifkan saja
Nomor 3 pilih (GMT+07:00) Jakarta
Nomor 4 pilih tanggal berapa sekarang
Nomor 5 pilih waktu anda saat ini
Nomor 6 pilih tanggal dan jam

Langkah selanjutnya silahkan klik tombol Simpan setelan dipojok kanan atas

Berikut adalah screenshoot contoh postingan yang sesuai dengan bahasa Indonesia serta tanggal penerbitannya.
Cara mengatur Format Tanggal di Blogspot sesuai dengan waktu wilayah negara Indonesia
Bagaimana? Caranya cukup mudah kan? Kini anda hanya perlu mencobanya. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Setting Bahasa dan Format Waktu di Blogspot. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

50 komentar:

Unknown said...

semua blogger paling tidak harus paham cara ini.. :D

kalau daftar Google Adsense lewat blog kan harus atur bahasa dulu,

Anonymous said...

waduh blog saya belum saya atur nih format waktunya ... trimakasih artikelnya mbak .. mengingatkan ,

Mas Marnes said...

Wah saya malahan gak pernah engeh sama masalah format waktu, mengingat settingan format waktu itu penting saya akan coba atur format waktunya, terimakasih banyak mbak udah share informasinya :)

Unknown said...

benar banget mba..
Tpi allhamdulillah blog saya sudah di atur mba.. :-)

Meutrap said...

Saya akan mencoba dulu, karena format waktu blog saya masih acak-acakan tidak sesuai dengan daerah, sangat membantu kak cara di atas!
terima kasih banyak.

Unknown said...

Wahhhh Ternyata Caranya sangatt Simple Sekali yah mbak Jujur saya Belom Tahu Nih mbak :D dulu saya Udah Pernah Setting tapi Belom Tahu Fungsinya dan Setelah Sya Baca Tutorial dari mbak Sekarang saya Udah Tahu Fungsi + Cara Menyetting dengn baik + Benarnya hehehe Makasii Nih mBakkk Atas Ilmunya Mbakk Baek Deh :D

Unknown said...

Alhmdllh kemaren saya sudah setting mbk jadi sekarang sudah tepat waktu di blog saya :D

Meutrap said...

Percobaan berhasil, sesuai dengan cara di atas.

technopart said...

waduh ternyata ini salah satu jurus agar keterima google adsense ya mbak, nice info mbak langsung bisa diterapin

Anonymous said...

ternyata cukup simple untuk menyetting bahasa dan format waktu diblogspot

Mizz Aiza said...

terima kasih sharing berkenaan ini.. saya telah pun menyemak dan menukar waktu di setting blog saya..

Unknown said...

sewaktu saya masih belajar cara mengatur jadwal publikasi, setting format waktu ini ternyata berpengaruh ya mbak :D

Rasito Rasta said...

Kok tidak menampilkan tanggal posting mba? hehe....

Anonymous said...

waduh udah ada iklen yang tayang nih. :d aku iklan gratis dong hehe, zona waktu saya sudah dirubah :p

Masnady said...

wah saya belum pernah utak atik masalah waktu ini mbak.. boleh nih di coba.. terimakasih mbak tutornya... sepertinya memang ada yang kurang beres dengan tanggal post di blog saya.. hehehe

Anonymous said...

ruar biasa master, singkat padet dan sangat mudah untuk dipahami. ^^

Claresta said...

mudah sekali ya cara setting bahasa dan waktu mbak, baru tahu saya :)
makasih infonya ^_^

Unknown said...

Begitu caranya ya mbak alhasil saya salah otak atik nih nanti coba saya perbaiki......sekarang loading lagi lemot

Unknown said...

pantesan saya pernah liat di salah satu blog orang lain suka ada yang peneribitan nya ngaco ,, ternyata dari pengaturan nya ya

mas bugie said...

dis is amajing of post , nais inpoh koz banyak abaikan sett bahasa

Anonymous said...

waw, semua bloger kayaknya harus bisa seperti cara cara setting bahasa dan format waktu, makanya sayah nyimak dulu deh biar bisa... biar top, punya sayah kayaknya udah di atur sama temen sayah hehehe

Unknown said...

Terima kasih atas sharing nya Mbak Rin, kebetulan blog saya
Sudah di setting waktu dan tanggalnya, tapi trik ini mungkin bisa
Bermanfaat buat sobat yang membutuhkanya, happy blogging

Asep Haryono said...

Wah ya sudah disetting juga. Kebetulan waktu kota Pontianak tidak berbeda dengan waktu di Jakarta

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Saya sih menggunakan timezone Jakarta mbak, dan bahasa Indonesia agar Adsensenya juga berbahasa Indonesia.
Cara settingan ini dibutuhkan untuk memudahkan mengkategorikan blog kita oleh mesin pencari mbak.

Makasih ya?

Anonymous said...

Sip .. Trimakasih :)

Anonymous said...

jadi lebih mudah ya Mba, apalagi dengan cara tutorial seperti ini. Semakin mantap kita mengetahui cara yang baik dalam men setting bahasa dan format waktu di blogspotnya ya.

Salam,

Anonymous said...

dari dulu sampai sekarang format tanggal & waktu gx pernah saya utak-atik karena udah otomatis sendiri. , cuma bahasa doang yg diutak-atik, .he he ^_^

Anonymous said...

Wah, iya, kalau setting waktunya beda, kita kesulitan kalau ingin menerbitkan postingan yg terjadwal. Nggak bisa pas.... Jadi sebaiknya memang disetting dulu ya....

Unknown said...

Sederhana dan simple tapi sangat bermanfaat mbak Ririn...kadang hal sekecil ini jarang kita perhatikan

Unknown said...

Memang kalau dipikir kadang hal ini tidak penting, tapi setelah saya pikir ada gunanya juga, saya pernah coba ilangin di blog saya, tapi kemudian saya aktifkan lagi karena alasan tertentu, btw mbak iklannya kalau bisa di setting target='blank', takut kehilangan pagenya kalau klik iklannya, cuma masukan aja mbak :)

Staff Administrator said...

Iya nih... juga baru nyadar kalo waktu sy belum ta format mbak... Hehe

Unknown said...

sepele tp manfaatnya guede buanget , thank you mbak .,.,

Intan Sudibjo said...

tak pernah dihiraukan sama sekali kalo masalah yang satu ini mba hehe :D

Unknown said...

Mbak ririn memang sangat mmperhatikan hal2 yg sekecil apapun.. :) saya sependapat sama mas intan :D

hayardin said...

selamat Malam Mba Ririn...kalau saya tidak pernah setting bahasa dan format waktu di blogspot. tetap semangat ya Mba membuat postingan di blognya...

Anonymous said...

Kalau saya mbak sudah saya edit sebelumnya untuk format dan waktunya,tutorial dari mbak mudahan membantu teman-teman blogger yang belum tahu akan hal ini.

fiu s said...

sederhana tapi bermanfaat buat sesama blogger hehehhe http://choppie88.blogspot.com/2013/11/kista-bukan-akhir-penentuan.html

Reusam Endatu said...

idzin di praktekin mbak ririn
tapi klau ngak di ubah bisa ngak mbak
biarkan standar seperti itu mbak

Unknown said...

Singkat , padat , akurat dan sangat bermanfaat mbak, terutama buat saya, karena saya termasuk blogger yang masih belajar pada platform blogspot

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Daniel, iya betul itu mas. Kalau nggak tahu, kebangeten bangetttt hehee :D

Note, iya mas sama-sama ya :)

Marnes, iya mas marenss sama-sama ya. Silahkan dicoba :)

Warim, wah bagus kalau begitu mas :)

Uda, iya silahkan mas uda :)

Mautrap, iya silahkan disesuaikan dengan waktu daerah mas meutrap. Kalau waktu nya tepat jadi enak hehe :)

Ainul, ah boong banget kalau mas ainul nggak tahu wkwkwk :D Masak ngeblog udah 3 tahun, nggak bisa setting bahasa dan format waktu? wkwkwk :D

Rahmat, waktu nya tepat sesuai dengan daerah Indonesia Barat ya mas hehe :D

Meutrap, wah selamat ya mas. Sukses untuk blog meutrap :)

Bayu, ada-ada aja ya daftar adsense ada juga jurus nya wkwkwk :D

Awhnymous, iya betul mas. Seratus untuk mas hidayat :)

Mizz Aiza, pasti nya sesuai dengan waktu Malaysia ya mizz :)

Elsawati, iya betul mbak. Waktu yang nggak tepat, misal waktu pasific, itu bisa mengakibatkan penerbitan secara terjadwal menjadi tidak tepat pada waktunya :)

Rasito, iya nggak tahu kenapa di blog ini nggak ada tanggal posting nya hmmmm :)

Ikerenki, iya dunk, Cara Ririn getu loch wkwkwkwk :D Wah bagus kalau udah di ubah mas hehe :D

Mas Nady, daripada penasaran, sebaiknya di cek lagi mas tanggal dan bahasa di blog nya mas nady. Biar rebes, eh salah maksudnya beres hehe :D

Kolong Tulis, ah bisa aja nich master fadly wkwkwk :D

Indri, saya malah nggak percaya kalau mbak indri baru tahu wkwkwk :D

Jenk Indah, silahkan mbak indah. Di sesuaikan dengan daerah anda saat ini. Jadi waktu di blog, bisa tepat :)

Vina, ada-ada aja ya mbak. Publikasi posting kok bisa ngaco hehe :D

Mas Bugie, thanks mas bugie for your visit in my blog :)

Mang Yono, kok yang ngatur format waktu dan bahasa malah teman nya master? aneh dech wkwkwk :D

Karis, iya terimakasih mas karis atas kunjungannya ya :)

Asep, iya betul itu pak. Pontianak juga termasuk waktu Indonesia Bagian Barat ya (WIB) getu hehe :D

Adam, iya sepertinya begitu mas. Tapi saya kurang tahu persis apakah search engine bisa tahu bahasa blog kita hehe :D

Center, iya sama-sama ya :)

Ejawantah, iya mudah-mudaha bisa bermanfaat ya mas untuk semuanya :)

Shizenku, wah mantap mas hehe :D

Ditter, iya benar itu mas. Kalau tepat waktu kan jadi enjoy getu hehe :D

Virlyz, iya mas,. ini hanya tutorial sederhana saja, terutama untuk blogger pemula hehe :D

Yobert, wah terimakasih banyak mas atas saran dan masukannya ya. Nanti akan di perbaiki lagi iklan nya :)

Budi, silahkan di setting dulu mas budi :)

Wawan, you're welcome mas wawan :)

Intan, wkwkwk ada-ada aja mas intan ini :D

Agri, hehehe iya soalnya kalau hal yang kecil itu biasa nya mudah dan nggak rumit hehe :D

Hayardin, thanks mas hayardin atas support nya ya :)

Infosaja, iya mudah-mudahan harapan nya seperti itu mas. Thanks mas abed :)

Fie, thanks mas fiu sudah singgah kemari :)

Reusam, kalau nggak di ubah, juga tidak apa-apa mas hehe :)

Arie, iya mas sama-sama ya :)

lupanama said...

makasih info nya mbak , ,
bener bermanfaat buat newbi kaya ane , , ,

Unknown said...

ternyata sangat mudah ya mbak...!

#karna udah tau jadinya mudah,,hahahahahahahaha

Anonymous said...

wah saya baru ngerti sekarang cara mengatur bahasa dan format waktunya mbak, makasih nih sudah berbagi disini sangat bermanfaat buat saya yang masih newbie :)

Anonymous said...

saya juga sepakat sama mas anthoni ah, biar kalo publish artikel format penerbitannya bener gak ngikut ama waktu pasifik :)

Anonymous said...

kalo iudah di setting format bahasanya ntar di dashboard muncul menu penghasilan juga ya mbak :)

artiirhamna said...

ini nih terkadang disepelekan padahal penting ya mengatur waktu dan bahasa di blog

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Lupa Nama, wah saya kok ragu-ragu nih kalau mas lupa itu masih newbie alias blogger pemula wkwkwk :D

Aan, wkwkwkwk kalau belum tahu mungkin sulit ya mas :D

Anthonie, hehehe ada-ada aja mas anthonie ini :)

Mas Andes, iya betul mas. Kalau ikut waktu pasifik soalnya beda sama waktu Indonesia :)

Potret, iya betul mas. Tapi harus pakai Bahasa Inggris UK/US

Artiirhamna, iya betul mas :)

Reusam Endatu said...

hehehehe saya pikir berpengaruh mbak
thanks lah mbak atas ilmu-nya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas reusam sama-sama ya :)

Unknown said...

udh tau sbnernya cara in,tpi mungkin bermanfaat bagi sobat blogger lain yg msih newbie :)

Post a Comment