Cara Cek Ranking Blog di Alexa

Cara Cek Ranking Blog di Alexa Ranking Alexa hingga kini masih menjadi acuan standar bagi sebuah web/blog di seluruh penjuru dunia. Tak heran jika animo masyarakat perbloggingan selau meningkat terkait dengan ranking Alexa dan selalu berlomba-lomba untuk Meningkatkan Ranking Blog di Alexa. Yang pada gilirannya ingin bisa memperoleh ranking yang tinggi di Alexa dengan berbagai usaha. Misalnya dengan cara memasang Alexa Toolbar di Browser, Update blog secara teratur, mengaplikasikan teknik SEO, dan masih banyak lagi.

Mungkin sebagian dari anda, ada yang selalu menengok ranking di Alexa setiap hari untuk mengetahui perkembangan blog nya di belantika dunia maya. Mungkin sebagian yang lain cuek-cuek saja dengan ranking blog nya. Karena memang tujuan ngeblog berbeda. Hanya sekedar fun saja. Mungkin sebagian yang lain belum sempat Pasang Widget Alexa di Blog, karena takut akan memperberat loading blog.
Cara Cek Ranking Blog di Alexa
Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengetahui ranking blog di situs alexa. Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui ranking blog anda atau mungkin ranking blog orang lain. Berikut adalah uraiannya. Silahkan perhatikan baik-baik ya. Jangan sambil melamun baca nya ya.

Cara Cek Ranking Blog di Alexa

1. Cara Pertama
Cara pertama ini terbilang sangat sederhana sekali. Untuk mengetahui ranking blog/web di Alexa, anda hanya perlu menggunakan url saja untuk mengunjungi situs Alexa yang menuju informasi ranking blog/web. Anda hanya perlu menambahkan alamat url blog/web anda setelah url Alexa. Contohnya sebagai berikut:

www.alexa.com/siteinfo/cara-ririn.blogspot.com

Maka apabila url tersebut di klik, langsung akan menuju ke situs Alexa yang memberikan informasi terkait ranking blog/web. Contohnya seperti screenshoot berikut ini.
Cara Mengetahui Nilai Alexa Rank Blog website Kamu
2. Cara Kedua
Selain cara diatas, ternyata ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk cek ranking web/blog di Alexa. Cara ini agak sedikit berbeda. Anda tidak perlu mengunjungi situs Alexa. Melainkan anda perlu memasang Toolbar Alexa di Browser yang anda gunakan. Sehingga, setiap kali anda membuka situs apapun, misal blog anda sendiri atau mungkin blog teman, maka secara otomatis Toolbar tersebut akan memberikan informasi terkait dengan ranking blog terkini di Alexa. Contohnya seperti screenshoot berikut ini.
berapa peringkat blog web kamu di situs alexa rank?
Untuk memasang Toolbar Alexa di Browser, anda bisa baca artikel saya terdahulu yang berjudul Cara Pasang Alexa Toolbar di Forefox.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Cek Ranking Blog di Alexa. Mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih banyak atas perhatannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

67 komentar:

Mas Marnes said...

Selamat pagi dan selamat beraktifitas mbak Ririn, kembali hadir lagi disini untuk mencari ilmu-ilmu baru seputar dunia blogging. Terkait dengan postingan di atas memang hingga saat nie alexa masih dijadikan acuan dan prioritas utama buat para blogger untuk mengukur seberapa bagus blog tersbut. Karena semakin rank alexa kecil semakin bagus blog dimata search engine, betul gak tuh? Saya disini mungkin yang masih rada cuek untuk urusan tersebut, ngecek alexa pun jarang banget, untuk saat nie saya hanya memasang widget alexa saja di blog saya...Terimakasih udah share informasinya, untuk ke depannya saya akan coba menerapkan cara di atas :)

Admin said...

kalau alexa sih saya kurang perhatiin..

Staff Administrator said...

sy sempet pasang alexa toolbar di menu browser... mbAK Rin..
Cuma sy suruh untuk ambil cuti..dulu hehe :)

Anonymous said...

kalo saya biasa pake yang cara pertama, . tapi kalo nggak inget url-nya biasanya saya cari di mbah google. ., he he
Btw., blognya sudah saya follow, follow back ya mbak . .

Unknown said...

Alexa rank blog saya masih naik turun mba belum stabil hehe

Anonymous said...

Hati-hati mbak site infonya blog ini sudah saya intip loh :)
Kalau saya pakai google chrome jadi pakai alexa toolbar atau penggaya alexa jadi udah ada ranking dan link in alexanya.

Masnady said...

Wah terimakasih tipsnya mbak.. kalau lihat ranking di alexa bisa makin semangat ngeblognya biar alexanya mantap hehehe...

Medan Metropolis said...

Alexa toolbar memang cara yang praktis buat mantau alexa rank. selain kabarnya juga berpengaruh buat merampingkan blog sendiri tools ini juga merecord data website/blog yang sedang kita buka di browser. jadi yah support juga buat web kita sedang kunjungi.

Masnady said...

Kalau cuti potong gaji nggak masbud...??

Masnady said...

Jangan cuek cuek donk mas.. sakit lo mas rasanya di cuekin itu... xixixixixi

Masnady said...

Wah hati hati.. mas baskoro suka ngintip... ikutan donk mas.. ckckckckckck

Claresta said...

kalau saya sich suka yg pakai alexa toolbar seperti cara ke-2 mbak, karena hanya tinggal lihat aja dibrowser tanpa repot2, hehehe :)
nice sharing!

Unknown said...

alexa blog saya masih turun naik mbak... sukar hendak stabil.. ombak terlalu kuat..hehehe

Claresta said...

btw belum nemu trik bikin tombol reply yg cocok buat blog ini ya mbak Eka :)
kasihan tuh mas nady mau menyahut koment teman2 tapi jaraknya sangat berjauhan dan menjadi 4 deret, hehehe ^_^

dear anies said...

nak tahu tak, saya tak pernah ambil tahu pasal alexa ni hehehehe

Unknown said...

Kalo saya Sering Gunain Tips Yang Kedua Atau Liat Langsung Di Seomastering.com Mbak :D hehe

Anonymous said...

Tapi sekarang malah kebanyakan lebih mementingkan Pagerank dari pada alexa mbak :) mungkin sih :D

Intan Sudibjo said...

terkadang berbeda antara widget dengan bila kita mengunjungi langsung situs alexa nya :)

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

setuju nih saya sama mas intan, kadang berbeda antara widget dengan widget yang kita pasang...

Anonymous said...

Datang lagi dan baca lagi sementra minggu minggu ini
Rank alexa saya, menurun terus, kali aja setelah membaca artikel
Ini saya bisa, merampingkan alexa saya yang membuncit terus
Terima kasihyah Mbak Rin..?

Unknown said...

Rank alexa blog nya Mbak Rin, bagus ramping
Dan Singset, pasti resep nya sangat special banget yah Mbak? hhh

Unknown said...

Kalau saya sering pakai cara yang pertama mbk :)

Unknown said...

cara ke 2 blm tak coba..nanti cba pake cara itu ah :)

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

saya suka gaya anda,hihi... setiap Online pasti saya cek rank alexa alhamdulillah naik dikit demi sedikit ,biar ramping dan sexy.. xD

http://pcfreesoftwarez.blogspot.com

Anonymous said...

Memang keren banget cara ririn ini mudah di mengerti :) kalau saya pake toolbar jadi enak tinggal lihat ke atas :) sama seperti cara kedua.

Blog Kampret said...

Cara cek rank alexa ini ternyata mudah

Anonymous said...

Cara mengeceknya cukup mudah ya mbak :)

Unknown said...

selain memasang widget alexa saya saya menggunakan tolbar untuk mengontrol rank alexa blog saya mbak

Rizkyzone.com said...

kalau saya langsung menyambangi situsnya alexa langsung mb' itung2 nambah page view alexa heheheh.....

Rizkyzone.com said...

pakai toolbar alexa, suah saya instal di browser saya, tapi ga tau kenapa kok ga muncul yah di browser saya

Unknown said...

mbak kalo pasang widged alexa di blog gimana mbak,soalnya saya masih belom tau ni,binggung cari tombolnya dimana di alexa

blogger said...

saya sih kurang begitu memperhatikan nilai alexa, seperti yang di ketik di atas, tujuan saya memang hanya untuk senang - senang dan mencari hiburan saja.

@albiet
coba pasang scrip ini
<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/URL blog anda" title='alexa rank' target='_blank' rel='nofollow'><script type='text/javascript' src='http://xslt.alexa.com/site_stats/js/t/a?url=URL blog anda' target='_blank' rel='nofollow'></script></a>

kalau sekiranya saya komentar saya menyalahi aturan,, silahkan di hapus mbak, tapi kasih tahu dulu di blog saya

Meutrap said...

cara ini yang sering saya gunakan kak untuk melihat ranking alexa saya.
sangat berguna
:)

Unknown said...

Untuk saat ini belum yang mementingakan alexa mbak eka,,,
pertama blognya juga masih berantakan
kedua karena ya belum banyak pengalaman dibidang ngeblog....tapi bisa dicoba siapa tau tiba2 alexa ramping sendiri waktu dicek..hehe..makasih mbak eka

Unknown said...

Kalau saya positif thinking aja mas nady, diam-diam ngintip haha bahasa saya ini sok banget ya. haha. Mana mas nady berani tidak balas komentar saya saya tantang nih. :D :D

Unknown said...

seep....tapi karena rank alexa saya yg tidak bagus, jadi sungkan mau komen..

Senyum syukur said...

Pas baca artikel ini saya langsung cek.. anehnya, kenapa peringkat lokal saya di negara korea? ada yang tahu sebabnya?

Kang Ucup said...

saya pake ekstensi alexa untuk mengetahui ranking alexa web atau blog yang saya kunjungi. sepertinya lebih praktis. ini menurut saya saja kok, karena saya pake browser chrome :)

Anonymous said...

wah...dengan cara yang kedua berarti kita bisa mengetahui alexa rank setiap blog yang kita kunjungi ya walaupun blog tsb tidak memasang widgetnya ?? kereen ya mbak, tapi hanya bisa untuk yang menggunakan firefox ya ??

Dika said...

saya biasa memasang toolbar alexa di browser, karena jika di toolbar alexa itu lebih cepet update rank alexa nya daripada di widget nya..

Anonymous said...

Whoaaaa... ranking alexa blognya Mbak Ririn bagus banget! Keren, Mbak! :)

Anonymous said...

Mas nady takut ga mau bales komentar saya. :D

Mang Lembu said...

saya mah jarang liat rangking tuh...malu.
sesekali makenya cara yang kesatu azh, simpel dan sederhana...gituh.

Anonymous said...

selamat pagi mbak.,
alexa ane udah lama nih di pasang di blog,.
mungkin sangat bermanfaat untuk yg baru mau pasang widget alexa nya,.

nice info mbak.,

Nurul Imam said...

Saya cek dulu deh, dan tternyaaataaa hasilnya => 607.894

Bang Sastro said...

sudah pernah nyoba sis,,
kalau ada cara cek rank dengan sites lain pasti saya coba :D

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Kalau saya sendiri sih mbak suka menggunakan multipagerank(.)com atau seomastering(.)com buat menganalisa alexa ranknya.

Wuih keren banget alexa rank mbak langsing.

Gimana tuh caranya biar ampuh?

Oya kalau ditawari mengikuti lomba kontes seo buat blog saya mau ikutan ga mbak hadiahnya buku?

Bang day said...

kalau saya biasanya menggunakan plugin firefox lebih gampang dan juga bisa memonitor alexa blog lainnya.

Nandar said...

Kalo aku sih sukanya cek alexa di cekpagerank.com sekalian ngecek pagerank...

Intan Sudibjo said...

Kang Ucup lebih keren lagi pake ekstensi hehehe :D patut ditiru

. said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

perlahan tapi pasti alexa blog yang saya kelola sedikti demi sedikit makin turun,turunnya lambat barangkali karena visitor kurang,maklum jarang BW hehehehe

lilis said...

Blogku jrg update nih jadi rangking alexanya n/a

Mizz Aiza said...

saya selalu buat cara pertama.. cara kedua belum saya cuba lagi.. rasanya lebih senang menggunakan cara kedua..

Anonymous said...

udah lama nggak perhatiin alexa lagi, makasih mbak Ririn buat tipsnya, jadi tahu sekarang cara ngecek rangking blog di alexa :)

Koplak999999 said...

alexa rank http://goblokq.blogspot.com masih 6 juta'an jadi malu aq :D

Koplak999999 said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Paling enak tuh pasang extension alexa toolbar mbak..jd setiap kita buka blog/website tinggal sorot mouse udah kelihatan rank alexanya...atau bisa juga webrank malah lebih komplit karena semua penilaian index, rank, dan foloow juga ditampilkan...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Marnes, kalau ranking alexa bagus, berarti tingkat lalu lintas blog tersebut tinggi mas. Jadi ranking ini perlu diperhatikan :)

Leony, nggak apa-apa mbak :)

Budi, lagi libur panjang ya mas toolbar nya hehe :D

Shizenku, iya thanks ya sudah follow blog saya. Saya juga sudah memfollow blog anda :)

Adjie, iya mungkin harus rajin lagi mas, biar stabil ranking alexa nya :)

Baskoro, emang ngintipnya gimana mas hehe :D

Mas Nady, iya betul itu mas. Kalau alexa nya ramping, jadi lebih semangat lagi ngeblog nya :)

Medan, iya betul itu mas. Jadi dengan memasang toolbar alexa di browser yang kita gunakan untuk ngeblog, bisa mengecilkan angka alexa :)

Indri, iya bagus itu mbak. Lanjutkan :)

Aben, hehehe mungkin harus rajin ngeblog mas, biar rank nya bisa langsing :)

Khairin, belajar sedikit demi sedikit mbak :)

Ainul, owh begitu ya. Bisa dicoba kayaknya yang seomastering itu mas :)

Manarul, alexa rank penting. google pagerank juga penting. Tapi semua itu kita kembalikan lagi pada masing-masing blogger. Karena setiap blogger mempunyai tujuan ngeblog yang tidak sama :)

Intan dan Hidayat, situs alexa dan toolbar alexa di update tiap hari mas. Kalau widget alexa yang dipasang di blog, itu di update 3 hari sekali. Jadi wajar kalau angka alexa nya berbeda :)

Karis, tetap semangat ya mas :)

Rahmat, iya boleh-boleh aja :)

Harum, silahkan mas :)

Mawan, thanks atas kunjungannya ya :)

Lutfi, yups seratus untuk mas lutfi :)

Abed Saragih, iya lumayan mudah mas :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Arie, sippp lanjutkan mas :)

Rizkyzone, mungkin browser anda perlu di install ulang dulu mas, baru kemudian install alexa :)

Albeit, anda bisa mengunjungi url ini sob http://www.alexa.com/siteowners/widgets

Hekos, iya tidak apa-apa mas. Happy blogging :) Thanks ya sudah ikut merespon pertanyaan saudara albeit :)

Meutrap, sippp bagus itu mas :)

Jenk Indah, iya nggak apa-apa mbak. Belajarnya pelan-pelan saja :)

Hasby, hehehe keep spirit mas :)

Senyum, mungkin yang sering berkunjung di blog anda adalah orang korea selatan mas :)

Kang Ucup, wah sepertinya menarik itu kang. Boleh dicoba kayaknya itu :)

Wewengkon, browser mozila dan browser google chrome bisa dipasang toolbar alexa kok mas :)

Dika, iya bener itu mas :)

Ditter, heheh thanks mas :)

Cilembu, iya tidak apa-apa pak. Keep spirit ngeblog nya :)

Yogi, iya mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua :)

Nurul Imam, wah selamat ya mas. ranking alexa nya bagus :)

Spectrevers, hehehe kalau cara lain saya kurang tahu mas :D

Adam Hussein, saya malah belum pernah mengunjungi situs itu mas hehe :D Untuk melangsingkan alexa, silahkan anda bisa baca artikel saya terdahulu yang berjudul Cara Merampingkan Alexa Silahkan gunakan widget kotak telusur untuk menemukan artikel tersebut di blog ini. Terkait dengan kontes SEo, sepertinya saya nggak bisa ikut mas :)

Bang Dayat, sepertinya menarik plugin tersebut mas :)

Nandar, wah boleh dicoba tuh kayaknya :)

Bunda Firza, iya mungkin harus sering-sering blogwalking bunda, supaya ranking alexa blog anda bisa bagus :)

Lilis, tetap semangat ya :)

Mizz Aiza, silahkan dicoba cara yang kedua mizz :)

Anthonie, iya sama-sama mas anthonie :)

Arys, mungkin perlu diet mas alexa nya hehe :)

Virlyz, wah terimakasih atas tambahannya mas :)

stonkids said...

hhehehe., saya sudah vacum di alexa mbaa.,
soalnya udah anjlok ranknya jadi males deh akhirnya.,
hhehe

Belajar said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kevin, iya nggak apa-apa mas, yang penting ngeblog nya tetap semangat ya :)

Produksi Kaos, terimakasih sudah singgah di blog saya ya :)

Reusam Endatu said...

Malu mbak klau cek Alexa .Karena terlalu gemuk mbak
apa lagi untuk saat ini tidak terlalu aktif di dunia blogger mbak
hehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe ada-ada aja mas reusam ini. Iya silahkan di cek aja mas, nggak usah malu-malu. Kan yang lihat anda sendiri hehe ^^

Post a Comment