Cara Mengetahui Komentar Balasan Blogspot

Cara Mengetahui Komentar Balasan Blogspot Salah satu kekurangan platform Blogger adalah tidak adanya pemberitahuan/notifikasi komentar balasan di blog. Sehingga sering kali kita lupa telah berkomentar di blog mana saja, kapan saja, dan apakah komentar kita di jawab atau tidak, kita tidak tahu. Beda halnya seperti Facebook, Google+, dan lain sebagainya terdapat adanya notifikasi. Kalau di blogspot, sebenarnya juga ada, tapi harus di setting secara manual.

Nah, untuk mengetahui komentar balasan di blogspot ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Mudah-mudahan tutorial ini dapat menjawab apa yang menjadi pertanyaan teman saya beberapa waktu yang lalu yang menanyakan tentang masalah ini. Berikut adalah screenshoot percakapan kami melalui form komentar di blog ini.
Cara Mengetahui Komentar Balasan Blogspot
Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang Cara Berkomentar yang Baik dan Benar di Blog. Nah, dalam kesempatan yang berbahagia ini saya akan jelaskan tata cara mendapatkan notifikasi pemberitahuan bahwa komentar kita sudah dibalas atau belum oleh admin blog. Silahkan simak baik-baik ya.

Cara Mengetahui Komentar Balasan Blogspot

1. Pastikan bahwa anda sudah log in terlebih dahulu di akun Google, baik di Gmail, Blogger, Youtube dan lain sebagainya.

2. Silahkan kunjungi blog yang ingin anda beri komentar

3. Setelah anda berkomentar, silahkan klik tulisan Subscribe by Email di bawah form komentar.
cara mendapatkan notifikasi pemberitahuan bahwa komentar kita sudah dibalas atau belum oleh admin blog
4. Maka akan muncul tulisan seperti ini "Komentar tindak lanjut akan dikirim ke xxxx@gmail".
cara cek dan dapatkan respon komentar dari pemilik blog
Nanti, jika pemilik blog atau komentator lain memberi komentar pada postingan blog tersebut, maka anda akan selalu memperoleh notifikasi ke Email anda. Nah, apabila admin blog sudah menjawab pertanyaan dari anda, anda bisa berhenti menerima notifikasi. Caranya bagaimana? silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya.

5. Untuk berhenti mendapatkan pemberitahuan, silahkan klik tulisan Unsubscribe.
cara memperoleh pemberitahuan komentar balasan dari blogger admin
6. Maka akan muncul tulisan "Langganan Komentar via Email anda (di alamat xxx@gmail.com) telah dibatalkan untuk Entri ini".
trik dapatkan notifikasi email seputar jawaban komentar dari pemilik blogspot
Update
Karena pada tanggal 23 September 2013 form komentar Blogger berubah, maka tutorial diatas tidak berlaku lagi. Namun, untuk mengetahui komentar balasan blogger kini lebih mudah. Anda hanya perlu centang Notify Me di bawah kotak komentar. Tulisan Notify Me akan muncul setelah anda log in ke akun Google anda. Contohnya seperti screenshoot berikut ini.
Kotak Komentar Blogspot Baru Blogger
Udah getu aja caranya kok. Bagaimana? Caranya sangat mudah kan? Kini anda hanya perlu untuk mencobanya. Jangan lupa baca juga posting saya sebelumnya tentang Cara Pasang Widget Recent Comment Avatar di Blog. Demikian tutorial yang dapat saya sampaikan untuk anda mengenai Cara Mengetahui Komentar Balasan Blogspot. Semoga dapat bermanfaat. Thanks a lot for your attention.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

63 komentar:

Mas Marnes said...

Walaaah ternyatanya cukup mudah ya, cuma kadang saya gak terlalu engeh sama hal-hal beginian...emang saya sendiri kadang suka bingung sudah komentar di blog siapa aja, terkadang saya juga mengajukan pertanyaan terhadap suatu blog seseorang cuma kadang suka lupa mengunjunginya kembali...Apalagi kalo jaringan inet lagi lemot otomatis gak bisa pada saat itu juga mengunjungi blog tersebut...

Kalau begitu langsung coba terapkan nie diblog saya, thanks atas sharingnya :)

Anonymous said...

Pertamax nya di ambil mas marnes mulu :(

Selamat pagi teteh ririn ^^
Ternyata begitu mengetahui komentar balasan hehe, tapi sebelumnya saya sudah tau cara ini hehe. Izin menyimak dan membaca postingan lain yah :)

Blog Kampret said...

Oh iya satu lagi nih teteh ririn. Saya mau request kalau bisa memperbagus tampilan komentar di blog yah hehe :)

Dan terima kasih artikel cara mengetahui komentar balasan di blogspot ini. Semoga yang belum tau bisa melakukan tutorial ini ^^

lupanama said...

saya udah tau mbak,walaupun masih baru ,
tapi mngkin temen" yang lain ada yang belum tau , ,
salam kenal , ,

Blog Kampret said...

Oh iya mbak saya izin juga menggunakan ''(i) (ii) (iii) dst'' di blog saya yah

Siti Suarni said...

wah...Teh Ririn, Alexa-rangkingnya bagus banget! bagi tipsnya dong, gimana cara mendapat ranking alexa sebagus itu! :)

Unknown said...

Oh cara nya cukup mudah juga yah mba.. Jujur saya blm pernah mba melakukan cara di atas, bisa di coba nih, :-) trimakasih mba tutorialnya, sangat bermanfaat :-)

technopart said...

waduh ternyata ada cara seperti ya mbak, lumayan ini buat diterapin biar lebih canggih blog saya. hahaha

Mbak Iis said...

saya gak pernah memperhatikan mengenai koment, mksh sharenya mbak

Anonymous said...

Dengan mensubscribe jadi lebih tahu balasan komentar kita dibalas atau tidak mudah caranya ya mbak :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Marnes, iya untuk mengingatkan saja apabila kita berkomentar yang sifat nya memerlukan sebuah jawaban dari admin blog. Trik ini penting untuk dipraktekkan :)

Lutfi, wkwkwk kurang gasik mas komentar nya wkwkwk :D Iya memang tutorial ini sangat mudah. Tapi ternyata ada sahabat blogger yang bertanya, sehingga saya harus menjawab nya getu :) Terkait dengan tampilan komentar, saya mohon maaf mas soalnya saya nggak bisa dan nggak paham tentang HTML, kode CSS dll hehe :D Silahkan kalau menggunakan tanda (i), (ii), dll nggak ada larangan kok wkwkwk :D

Lupa, wkwkwkw iya mas, memang tutorial ini sangat gampang :D

Siti, anda bisa mempelajari artikel saya terdahulu yang berjudul Cara Merampingkan Alexa Silahkan gunakan widget kotak penelusuran untuk menemukan posting tersebut. Semoga bisa membantu ya :)

Warim, silahkan dicoba mas :)

Bayu, wkwkwk silahkan mas :)

Mbak Iis, iya sama-sama mbak :)

Infosaja, iya betul itu mas. Seratus untuk mas abed :)

Unknown said...

Waduh, kelihatan spele ternyata berharga.. saya malah jrang gunain 'Notify me' malah sering ngecek kembali ke blog yg saya komentari.. Makasih mbak uda ngingatin :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, kebetulan hal ini ditanyakan sama pemirsa blog saya. Sehingga saya posting saja getu hehe ^^

Unknown said...

Ini dia yg sering dilupakan sama teman-teman blogger. Main tinggal komen tapi tidak mau memanfaatkan fasilitas notifikasinya...nice share mbak

Deni Demian Renovtri said...

Mbak Wahyu Eka Prasetiyarini, sekali-kali dong posting tentang template blog paling SEO dan Responsif...mohon bagi-bagi pada newbie ini

Awam Store said...

.. wah ternyata simple banget ya mbak ririn cara mengetahui komentar balasan di blogspot, trik nya bisa di coba nih.........

Unknown said...

Wahhh Ternyata Caranya Simple Banegtt Yah Mbakkk Hhihi Jujur 100% Saya Baru Tahu Mbakkk :D

dan Emang Bener Sihhh Saking Banyaknya Komentar
Yang Di Publish Di Blogg Yang Kita Kunjungi Akhirnya Kita Lupa
Blogg mana Aja yang Sudah Kita Kasi KoMeNtar dan semoga dengan
adanya Tips dari Mbak ini dapat Memudahkan Para
Blogger Khususnya saya Untuk Mengetahui Komentar Mana Aja yang
Dibalas Oleh Pemiliknya hihi Makasii Yah Mbak Atas Ilmunya ^_^

Anonymous said...

wah artikelnya bermanfaat gan,,

Unknown said...

Saya sering melakukan hal ini mbk :)

Asep Haryono said...

Kalau saya sih setiap ada komentar masuk atas tulisan atau postingan sudah di set masuk ke email. Jadi tanpa harus membuka blog dan melihat kotak komennya, saya sudah bisa membacanya dalam notifikasi yang dikirim ke email inbox secara langsung. Namun kalau untuk membalas atau menjawab komen ya harus masuk ke dashboard atau blognya seperti biasa.

Anonymous said...

Simpel juga cara mengetahui apa komentar kita dibalas atau tidak rupanya caranya tinggal langganan artikel yang kita komentarkan ya mbak :)

Claresta said...

saya dulu pernah mencentang Notify me itu mbak, tapi akhirnya terlalu banyak notifikasi masuk di gmail yg akhirnya menjadi spam saja, hehehe :)
makasih sharingnya ^_^

Anonymous said...

Sangat simple cara yah Mbak Rin,? bahkan sring di lihat, tiap berkomentar
tapi nyaris jarang di perhatikan karena belum tau atau malas menggunakanya
Dan cara ini Mbak Rin di pergunakan untukberbagi. terima kasih yah Mbak?

Masnady said...

sip deh mbak... saya juga kadang kadang menggunakan ini kalau lagi ada pertanyaan yang saya ajukan.. jadi ketika ada balasan untuk komentar pertanyaan saya, saya bisa langsung mengetahuinya karena ada email masuk hehehe

Anonymous said...

Langsung terkirim ke email kalau pakai cara diatas ya mbak, tetapi sayang, saya tidak sering buka email.

Unknown said...

saya juga menggunakan (notify me) ke gmail untuk balasan selanjutnya mbak eka
tapi kemarin ada pembaruan dari gmail malah belum terupdate..jadi kalau ada balasan dari blog yang lain nggak tau
perlu setingan ulang

Ucu nurodin said...

biasanya pembritauan balesan komentar masuk ke email kan

Catatan Harian Irfan said...

Wah tampilannya jadi sama kaya di wp ada Notyfy nya
nice post

Anonymous said...

nice info kk
buat ane yang masih newbie

Nandar said...

baru tahu aku nih.. Kalo di wordpress biasanya lebih mudah ya..

Unknown said...

tetap aja mbak sering lupa, hehehehe, tips sederhana tapi bermanfaat :)

Meutrap said...

padahal saya sering melihat Notify me, tapi ga pernah mencoba mencentangnya,
padahal penting sekali untuk mencentangnya, apalagi kita lagi butuh jawaban tentang komentar yang kita berikan di sebuah blog.
sukses terus kak ya dengan iklannya!
heheh

Anonymous said...

Terimakasih mbak, jadi sedikit tahu mengenai seluk beluk blogger

blogger said...

lewat tok mbak,, lagi gak mut ngeblog.

Saling indonesia said...

Info baru mbak bisa untuk dicoba..emang kalau BB setiap ada comment di BBM, fb, atau twitter langsung on line..kalau di blog harus buka dasbor atau email..thx sekali infonya

Mizz Aiza said...

dengan form komentar yang baru ini lebih memudahkan kita untuk mengetahui jika komentar kita telah dibalas..

queenara putri said...

saya juga kadang begitu kalo pengin dapat notify balasan komentar saya..penempatan iklan GAnya ada yang berubah nich. :)

Anonymous said...

sering lihat sih tanda notify me cuma nggak begitu perhatian, ternyata maksudnya untuk mendapatkan email dari balasan komentar kita yah mbak, makasih :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hasby, thanks ya :)

Deni, wah saya nggak bisa buat template mas, mohon maaf ya hehe :)

Trik, silahkan mas trik :)

Ainul, baru tahu atau sudah tahu? hehehe :D :P

Trik Berbagi, terimakasih ya sudah singgah di blog saya :)

Rahmat, wah bagus kalau begitu mas rahmat :)

Asep, owh mungkin maksud pak asep sejenis Email Notifikasi Blogger. Kalau itu untuk admin blog pak hehe :D

Remaja, iya betul mas hehe :)

Indri, mungkin harus segara di non aktifkan mbak, biar nggak terlalu banyak notifikasinya :)

Karis, you're welcome mas karis :)

Mas Nady, wah mantap kalau begitu mas. Jadi mas nady udah paham ya hehe :D

Mestiqui, mungkin lebih sering buka dashboard blogger ya :)

Jenk Indah, owh begitu ya mbak. Saya malah nggak tahu kalau ada pembaharuan hmmm :)

Asgar, yupz seratus untuk mas asgar :)

Irfan, iya kurang lebih hampir sama mas :)

Sentimeters, saya kok nggak percaya dech kalau mas senti masih newbie hehe :D

Nandar, iya sama aja kok mas. Tinggal klik centang aja :)

Yobert, iya kalau bisa jangan dilupakan hehe :D

Meutrap, iya mas, doain ya supaya ada advertiser yang bersedia pasang iklan di blog saya hehe :D

Didi, iya sama-sama mas didi :)

Hekos, iya mas hekos, nyante aja lagi. Mungkin perlu refreshing kayaknya :)

Oyo, you're welcome mas oyo :)

Mizz Aiza, iya betul itu mizz. Seratus untuk mizz aiza hehe :)

Queenara, iya nich lagi sering-sering bongkar dan bersih-bersih rumah hehe :)

Anthonie, iya betul itu mas hehe :D

Indra Kusuma Sejati said...

Kalau harus diaktifkan pemeberitahuan melalui email, berarti kit harus rajin buka email ya Mba.

Salam,

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya nggak harus rajin mas, tapi ya sekali-kali Email nya dibuka untuk mengecek apakah ada notifikasi komentar balasan ataukah tidak :)

Revrine said...

iya bener mbak, penting banget untuk mengetahui komentar dari orang yang berkunjung.

Unknown said...

hahaa jujur saya Baru Tahu Mbakkk Beneran huu :P

Staff Administrator said...

Sipp deh sy jd tau skrng
Trims ya..

Unknown said...

ternyata mudah seklai ya mbak untuk mendapat pemberitahuan pada komentar jika telah di replai oleh sang admin, praktis dan sanget berguna ni mbak, makasih mbak atas share nya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Rain, iya mas. Dengan begitu maka kita akan mudah mengetahui respon komentar dari admin blog yang bersangkutan :)

Ainul, masak sih hehe :D

Budi, iya sama-sama mas bud :)

Arie, iya memang sangat mudah mas. Tapi memang jarang para blogger yang memanfaatkan fitur tersebut hehe :D

Anonymous said...

Kalau saya malas, mau dijawab ya syukur tidak dijawab juga tidak apa-apa yang penting niat saya berkunjung dan berkomentar :p :p :p ikerenki invasion in cara-ririn :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Luar biasa niat dan ketulusan mas ikerenki ini dalam blogwalking. Sukses ya blog nya :D

Anonymous said...

kalo saya pake trik BM mba trus agak lama buka lagi blognya ntah itu dibales ato tidak, soalnya kalo pake email kurang instan, ehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas, pakai trik bookmark juga bisa. Tapi ya saya kira lebih efektif pakain Email Notifikasi, biar tahu secepatnya dari blog yang sudah diberi komentar :)

Unknown said...

Seriuss Mbakkk :P Woooo
Kagak Percayaan Amat Siihh Wew Sii amat aja Kagak Gitu Gitu Amat :D

Anonymous said...

tapi cara mengetahui komentar balasan kalau di praktekan bisa penuh email kita ndak yah?, nanti malah ketuker email dari bloger sama email dari kekasih hehehe... tapi keren juga mbak master....

Reusam Endatu said...

blas via email y mbak ririn ????

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ainul, si amat siapa nya mas ainul wkwkwk :D

Mang Yono, iya mungkin bisa penuh master. Untuk itu, sebaiknya yang penting-penting saja yang di setting notify ini :)

Reusam, iya via email mas, tapi hanya notifikasinya saja kok yang dikirim ke email kita :)

Unknown said...

Heheee bagus dech pokoknyaaa!!! Tapi aku mau tanya kenapa blogku nggk bisa jawab komentar jika komentarnya tidak sekaliah d share di google+ hehee... Payah nie akuuu

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya soalnya blog nya mbak muya pakai nya Google+ Comment. Jadi nya ya ada kaitannya dengan jejaring sosial Google+. Nah, apabila mbak muya ingin pakai komentar blogspot dan ingin bisa ada tombol reply nya, silahkan aktifkan komentar blogspot dan kemudian silahkan pasang fitur thread comment :)

Unknown said...

Saling berbagi, berdiskusi, atau berbalas komentar tentang sesuatu hal memang amat menyenangkan sekali apalagi bila kita sudah akrab tentu akan lebih mempererat persaudaraan diantara para blogger. Blogger memberi kepada kita dua opsi setelah mengeposkan komentar. Beri tahu saya atau tidak. Terima kasih tutorialnya. Salam cemerlang!

Unknown said...

siii amat itu simpanan saya mbak haha:P

Sigli Cyber said...

smoga bisnis nya sukses ya.. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Herdoni, iya pak itu merupakan salah satu fitur blogger yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya dalam berkomentar dan balas komentar. Luar biasa pak statemen nya. Terimakasih banyak ya atas tambahannya :)

Ainl, wah bahaya mas punya simpanan si amat wkwkwk :D

Sigli, wah terimakasih banyak mas sigli atas support nya ya :)

Admin said...

bagusnya blogspo nih, saya suka

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas admin atas support nya ya :)

Unknown said...

sangat membantu atas triknya langsung saya praktekan

Post a Comment