Cara Membuat Blog Menjadi Dofollow Blog

Cara Membuat Blog Menjadi Dofollow Blog Apakah anda suka jika blog anda menjadi Dofollow? Jika suka, anda perlu men-setting nya pada Edit Template di blog anda. Karena blog dofollow itu tidak datang dengan sendirinya. Melainkan harus di setting terlebih dahulu.

Blog saya secara kebetulan dan tidak di sengaja di setting menjadi dofollow blog. Karena ada teman yang memberikan saran hendaknya link pada komentator apabila di klik maka bisa mucul di tab baru. Dari situ saya meng-iya kan saran beliau dengan cara edit template pada kode comment. Nah, ternyata hal yang saya lakukan tersebut menjadikan blog saya dofollow.

Namun, kini saya kembalikan lagi ke nofollow, karena alasan banyak nya komentar yang hanya basa-basi saja yang mengharapkan backlink.
Cara Membuat Blog Menjadi Dofollow Blog
Image by alltechbuzz.net
Nah, apakah anda masih tertarik untuk menjadikan blog anda dofollow? Jangan ragu-ragu. Karena ternyata apabila blog anda di setting seperti itu, maka blog anda ramai pengunjung dan banyak komentar yang masuk. Tentu ada kepuasan tersendiri bila blog kita ramai. Betul tidak? hehehe :D

Untuk membuat blog menjadi dofollow blog tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengikuti tutorial yang akan saya jelaskan berikut ini. Silahkan simak baik-baik ya.

Cara Membuat Blog Menjadi Dofollow Blog

1. Pertama-tama silahkan log in akun Blogger anda

2. Masuk ke Dashboard, dan pilih menu Template

3. Pada menu template, silahkan klik tombol Edit Template

4. Silahkan cari kode berikut ini. Untuk memudahkan pencarian, silahkan tekan Control + F.

<a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow'><data:comment.author/></a>

Keterangan:
Ganti kode rel='nofollow'> dengan kode target='_blank'>

5. Langkah selanjutnya adalah klik tombol Save

Selamat!! Kini blog anda menjadi Dofollow Blog.

Silahkan di cek apakah blog anda sudah berhasil dofollow apa belum? Anda bisa mengeceknya dengan cara memasang Add on pada browser (Baca: Cara Mengetahui Blog Dofollow atau Nofollow). Berikut adalah screenshoot contoh blog dofollow yang ditandai dengan warna biru pada link komentator.
Contoh Blog Dofollow, Cara Mengubah Blog Nofollow menjadi Dofollow
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Membuat Blog Menjadi Dofollow Blog. Jangan lupa baca juga postingan saya tentang Cara Mendapatkan Backlink dengan Mudah. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

54 komentar:

Mas Marnes said...

Selamat pagi dan selamat beraktifitas mbak Ririn...Kembali hadir lagi disini setelah 3 hari 3 malam menghilang dari hiruk pikuknya dunia maya hehehe :D

Wah pagi-pagi saya dah dapat ilmu baru lagi nie, sebagai seorang pemula di dunia blogging jujur saja saya gak ngerti apa yang dimaksud dofollow dan nofollow? Tapi berkat postingan ini setidaknya sekarang mulai tau apa itu blog dofollow dan apa manfaat yang bisa saya dapat manakala saya mensetting blog saya menjadi blog dofollow. Terimakasih yang sebesar-besarnya udah share artikel ini yang menurut saya bermanfaat banget buat saya :)

Adhy Suryadi said...

Betul mbak Ririn dengan blog dofollow dapat dipastikan akan mendapat banyak komentar, namun sayang kadang banyak juga komentar asal2an yang hanya untuk mendapat backlink saja. Dan ini akan berdampak sangat buruk juga jika ternyata link komentarnya mati, dan Google sangat tidak menyukai hal tersebut.

M. Alex Joenaedi said...

walah mantep banget ni artikel, terimaksih banyak sudah berbagi triknya

Bang day said...

saya baru tau seperti ini, soalnya sebelumnya teknik yang dipakai buat blog dofollow bukan seperti ini. Menambah wawasan baru buat saya.

Unknown said...

saya berkali2 mencoba nya tapi kok g bisa ya ?:)

Ucu nurodin said...

saya masih bingung mau pilh yang mana dofollow apa nofollow ya

Anonymous said...

kode target='_blank' fungsinya membuat link menjadi terbuka di tab baru,
kalo mau bikin dofollow ya tinggal hapus aja semua kode rel='nofollow' yg ada di edit html, .. ^_^

Unknown said...

@asgar: Kalau saya lebih suka dofollow tpi saya edit kok blm jadi2...ya :D

dear anies said...

ilmu baharu bagi sy ni...terima kasih ririn

Intan Sudibjo said...

saya gk tau itu template yang saya pake dofollow apa nggk hahah..
kayanya nofollow deh :)

Claresta said...

saya dulu punya blog dofollow dan diserbu komentar spam, akhirnya kapok mbak, hehehe...

btw blog yg pernah dirubah dofollow lalu dikembalikan lagi ke nofollow, maka spam detectornya akan rusak. Hasilnya, komentar beneran bisa masuk ke folder spam. Jadi mau tdk mau hrs mengaktifkan capcha jika pernah dirubah dofollow dulunya, hehehe :)

Unknown said...

oh, ternyata cara nya mudah juga yah mba.. :-)

Anonymous said...

Ternyata menjadikan blog menjadi dofollow lumayan mudah ya mbak :), dan blog dofollow seperti yang mbak Ririn bilang diatas, bahwa blog dofollow memang lebih ramai diserbu pada form komentar, tetapi banyak juga yang hanya komentar asal-asalan dan alhasil hasilnya pun Spam :)

Meutrap said...

Saya coba dulu ya kak, kebanyakan tips yang kakak share setelah saya praktekkan semuanya berhasil, semoga yang satu ini berhasil juga.

Unknown said...

apa gak beresiko didepak google mbak ya,maaf ni masih niwbie

Anonymous said...

Blog dofollow blog yang paling banyak disukai para blogger terutama untuk mencari backlink,tapi kita tahu blog dofollow tersebut benar-benar menghasilkan backlink berkualitas atau tidak,memang banyak yang mencari blog dofollow untuk mencari backlink tapi tidak mencari yang berkualitas dan akhirnya malah senjata makan tuan.Mudahan blog mbak ini tetap bagus dan berkualitas kalau ada komentar yang kurang bermutu mungkin perlu ditindak tegas agar blog dofollow mbak tetap baik dan bermutu baik dari segi konten atau isinya.

blogger said...

1.banyak komentar tapi merugikan.. = dofollow
2.sedikit komentar tapi berbobot. = nofollow

saya pilih yang ke - 2 mbak,, selain tidak merugikan blog, kita juga tidak capek - capek membalas komentar mereka.
itu kalau saya.

Anonymous said...

tapi master kalo kita berkomentar di blog nofollow apakah juga akan mendapatkan backlink. thx. :)

zigzoor said...

oh jadi caranya begitu toh, barau tahu saya, makasih sudah berbagi info.

Unknown said...

Saya blognya nofollow Mbak, karena pernah saya coba
Pakai template dan blog saya menjadi dofollow akhirnya
Kena, dan masuk sanbook, jadi sekarang nyamanan Nofollow deh?

Unknown said...

Bagi newbie harus belajar nih mbak eka
sebabnya saya juga tau pakai yang apa,coba saya cek lewat link di atas

Anonymous said...

jadi bedanya dofollow sama nofollow itu kalo klik link itu buka newtab kalo dofollow kalo nofollow langsung loading ditab itu sndiri, apakah begitu mba'?

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Saya juga lebih nyaman dg blog nofollow soalnya kalau dofollow semakin banyak spamnya.

Tapi mbak atas ulasannya.

Mbak sendiri suka nofollow apa dofollow?

Anonymous said...

kunjungan perdana ,nyimak dulu mbak

Unknown said...

Mbak mau tanya nih, yang kode target="blank" itu diganti atau di tambah ya...??? soalnya template saya itu udah ada, jadi bingung mbak hehehehe

technopart said...

nice info buat newbie kayak saya mbak

Blog Kampret said...

Hmm tapi teteh ririn kalau di jadikan blog dofollow itu jelek di search engine atau apalah saya pernah membacanya di suatu blog.

Blog dofollow itu menjadi terkenal katanya ....
Tapi bagusan nofollow karena baik di mata google hehe saya tidak mengerti tentang search engine begituan pusing ^^

Unknown said...

Blog saya nofollow saja mbk :D

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Marnes, iya silahkan dicoba mas marnes hehe :D

Adhy, sebuah pilihan yang sulit ya mas. Jadi alangkah baik nya perlu dipikirkan terlebih dahulu apabila kita ingin beralih ke blog dofollow :)

Alex, iya sama-sama mas alex :)

Bang Dayat, iya mungkin tutorial nya versi nya beda-beda mas hehe :D

Kang Zeer, kok nggak bisa ya kang? aneh dech. Kemarin saya coba kok bisa. Mungkin template kang zeer yang tidak cocok mungkin :) atau mungkin berbeda :) Silahkan di cek di menggunakan adds on mozila firefox untuk memastikan apakah sudah berhasil apa belum :)

Asgar, pilih blog saya aja mas hehe ^^

Shizenku, wah terimakasih banyak master atas koreksinya. Luar biasa. Maklum saya masih pemula soalnya hehe ^^

Kang Zeer, mungkin kang zeer tadi belum baca do'a ya, sehingga nggak berhasil dech hehe ^^

Khairin, you're welcome mbak khairin ^^

Intan, iya nofollow mas blog anda, saya sudah cek tadi wkwkwk :D

Indri, owh begitu ya mbak, saya malah baru tahu. Terimakasih banyak mbak indri atas tambahan informasinya. Ini sangat bermanfaat untuk kita semua :)

Warim, iya sangat mudah mas. Hanya perlu 1 menit untuk edit template :)

Mestiqui, iya betul mas. Ini salah satu trik yang bisa dicoba oleh blogger baru apabila blog nya ingin banyak komentar, jadi ngeblog nya bisa semangat getu hehe ^^

Meutrap, good luck ya mas :)

Albeit, iya lumayan ada resiko nya mas. Jadi ya dipikir-pikir lagi dech sebelum membuat blog anda menjadi dofollow blog :)

Infosaja, wah blog saya sudah saya ubah ke nofollow mas hehe :D Dulu sih udah pernah dofollow, tapi tak ubah ke nofollow lagi, soalnya cukup berisiko getu :)

Hekos, luar biasa tambahan dari master hekos ini. Memang benar yang anda sampaikan tersebut. Lebih baik, blog itu natural saja ya mas, supaya aman dan nyaman hehe kayak rumah saja ^^

Fadly, ingsaallah bisa mendapatkan backlink master. Jadi blog dofollow atau nofollow itu tidak masalah untuk diberi komentar, asalkan konten nya berkualitas. Saya sependapat dengan komentar mas Abed Saragih :)

Azie, iya sama-sama :)

Saud, pengalaman yang sangat menarik ya mas. Ini bisa dijadikan pelajaran yang berharga untuk kita semua :)

Jenk Indah, pelan-pelan mbak belajar nya ya hehe ^^

Awhnymous, tidak selamanya begitu mas. Blog dofollow itu adalah blog yang apabila kita nitip link di blog tersebut, maka blog kita akan ikut dengan blog tersebut. Ya, kurang lebih nya seperti itu mas hehe ^^

Adam, kalau saya suka nofollow aja mas, soalnya nggak berisiko hhee ^^

Sentimeters, silahkan disimak baik-baik. Jangan sambil melamun ya ^^

Yobert, kalau sudah ada kode TARGET BLANK di template blog anda, berarti jangan di tambah kode TARGET BLANK lagi mas. Tapi, anda cukup menghapus kode REL NOFOLLOW :)

Bayu, thanks :)

Lutfi, iya betul itu mas. Seratus untuk mas lutfi hehe ^^

Rahmat, wah bagus kalau begitu mas hehe ^^

Claresta said...

Kenapa blog ini gak dirubah nofollow aja mbak, biar dapat pahala karena banyak bersodaqoh backlink, hehehe :)

Btw kenapa iklan yg 160x600 dipostingan di hilangkan mbak,,, padahal itu lebih efektif loh berdasarkan pengalaman saya tempoe doeloe, hmmm ^_^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Blog ini sudah saya ubah ke nofollow lagi kok mbak hehe :D

Iya mbak saya lepas lagi iklannya, soalnya terlalu sempit postingannya. Kasihan pengunjung nanti malah nggak nyaman di blog saya hehe :D
Iya memang benar bahwa ukuran iklan tersebut sangat efektif sekali mbak. Baru 1 hari pasang iklan ukuran itu, langsung dapat penghasilan banyak kemarin hehe :D

Reusam Endatu said...

Mbvak ririn itu semua pengunjung blog kita tau ngak klau blog kita memang tidak di follow oleh para komentator

Deni Demian Renovtri said...

Wah saya lagi mikirin neh jika blog saya dofollow..maka siap-siap saja nrima komen-komen ngawur...tapi ramai pngunjungnya, serba salah...mau nyari blog kaya Mbak Wahyu eka ini. nofollow tapi rame. tips nya bagi dong bos

Revrine said...

Sampai sekarang saya gak tau blog saya do follow pa no follow,.. . .ntar tak cek ah .. . :D
bagus artikelnya, ..smpe gugup yang mau komentar. takut salah ngomong, ..heheheehe

Bos Online's said...

kalau blog saya sudah do follow mudah mudahan ramai blog saya hehehe

Anonymous said...

Blog saya udah lama saya dofollow kan sob dan udah banyak pengalaman yg saya dapatkan semenjak blog saya dofollowkan. Kalau saya sih untuk mengantisipasi komentar2 yg kesannya cuman mau numpang promosi, saya hilangkan saja pilihan komentar dengan name/url trus saya modrasi pula. Kalau selama seminggu itu banyak komentar2 yg udah masuk di blog saya maka akhir pekan biasanya saya sempatkan untuk cek2 broken link pada blog saya.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Reusam, saya nggak paham mas sama pertanyaan anda hehe :D maaf ea nggak bisa jawa, soalnya ra mudeng :D

Deni, kasih tau nggak ya? hehehe :D Anda bisa blogwalking dan saling follow dulu antar sesama blogger. Setelah itu, anda rutin berkomentar di blog sahabat. Nanti lama kelamaan blog anda pasti ramai pengunjung dan banyak komentar :)

Rain Vall, nggak perlu gugup mas. Nyante aja kali wkwkwk :D

Pagi, semoga saja begitu mas amin :)

Agung Talaga, iya mas saya sudah tahu blog anda dofollow sejak lama, soalnya blog anda masuk list daftar blog dofollow indonesia hehe :D Pengalaman yang sangat menarik ya mas. Iya memang seperti itulah kesan-kesan blog menjadi dofollow. Saya juga dulu pernah nyoba. Akhir nya nggak betah punya blog dofollow. Dan saya ubah lagi ke nofollow. Supaya aman dan nyaman getu hehe ^^

Anonymous said...

Nambah ilmu lagi nih mbak, jadi tahu sekarang apa manfaat blog dofollow dan kekurangannya, sip mbak makasih :)

Anonymous said...

wah nggak Paham aku apa itu do follow, smangat mbak:.

Tp pasti bermanfaat untuk banyak orang, yang menekuni blogger. :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Anthonie, iya mas sama-sama ya. Kita sama-sama belajar mas soalnya saya juga masih pemula hehe ^^

SD Negeri, iya semoga saja bisa bermanfaat untuk para blogger ya mas :)

Unknown said...

Wahhh Malah saya Belom Tahu Mbak Blogg saya Udah Doffolow Atau Blom hehe
Dari Pada saya Bingung Blogg saya Udah Doffolow / Blom Saya Izin Praktekan Ilmunya yah Mbakkk :D Biar Blogg Saya Jadi DoFollow

Mizz Aiza said...

saya tidak pasti sama ada blog saya do follow atau no follow.. bagaimana cara untuk check nya?

Mizz Aiza said...

saya telah melihat artikel bertajuk cara mengetahui blog dofollow atau nofollow.. contoh diberi untuk browser firefox.. bagaimana untuk check jika saya menggunakan browser chrome?

Awam Store said...

ternyata menjadikan blog ke dofollow mudah banget, dengan trik yang mbak ririn tulis di atas, ternyata cuma edit html blog saja, tapi saya masih bingung untuk menjadikan blog ke dofollow atau nofollow saja, boleh di coba ke dofollow deh, kalau asyik lanjutkan, nggak asyik tinggalkan, hehehe, thanks mbak udah share cara membuat blog menjadi dofollow, nambah pengetahuan nih jadinya. . . . .

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ainul, iya silahkan dicoba mas :)

Mizz Aiza, iya mizz kebetulan pada tutorial tersebut hanya untuk browser mozila firefox saja. Nanti kapan-kapan akan saya publish artikel tentang Google Chrome. Thanks ya sudah mengingatkan :)

Trik, kalau menurut saya sih mending nofollow saja, soalnya lebih aman dan nyaman getu :)

Anonymous said...

Thanks Yah trus gimana nih cara agar menjadi do follow. apa keuntungannya dibanding blog no follow?

Unknown said...

memakai meta juga lebih praktis mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ahli, kan di artikel diatas sudah dijelaskan terkait dengan bagaimana cara mengganti blog menjadi dofollow dan juga apa kelebihan dari blog dofollow. Kalau anda sudah baca, pasti sudah paham. Kini giliran anda yang mencoba nya :)

Arie, owh begitu ya mas. Saya malah baru tahu nich hehe. Thanks ya atas tambahannya :)

Unknown said...

mending No Follow aja, dari ada kebanjiran komentar spam. :P

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas hehehe :D Selain itu juga lebih nyaman dan aman kalau nofollow. Kalau dofollow penuh dengan berbagai resiko ;)

Anonymous said...

enak dofollow apa nofollow mbak??

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mending blog nofollow saja mas. Lebih aman dan nyaman :)

Unknown said...

Nuhun pisan mba, ilmu saya nambah lagi :)
ini blog saya http://tukarinfo.biz kalo dari template wordpress, gimana caranya supaya do follow?

Post a Comment