Belajar Menjadi Seorang Blogger

Belajar Menjadi Seorang Blogger Membuat blog di Blogger atau WordPress memang sangat mudah. Tidak lebih dari 5 menit blog sudah jadi. Namun, apakah itu sudah bisa disebut sebagai seorang Blogger? Tentu saja sudah, tapi belum bisa memperoleh predikat Blogger sejati.

Teman-teman saya kebetulan banyak yang sudah punya blog, tapi hanya sekedar ikut-ikutan teman. Setelah itu nggak tahu nasib nya gimana dengan blog yang sudah mereka buat.

Untuk itu, sebelum anda memutuskan menjadi seorang blogger, anda perlu bertanya kepada hati kecil anda. Apa motivasi saya membuat blog? Apa cita-cita yang saya harapkan? Dan bagaimana cara mengorganisasi waktu untuk ngeblog? Semua pertanyaan tersebut hendaknya dijawab jauh-jauh hari sebelum anda membuat blog.
Belajar Menjadi Seorang Blogger
Image by thio-pras.blogspot.com
Beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas tentang Manfaat Blogging. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tips belajar menjadi seorang blogger profesional. Berikut merupakan point-point penting yang harus anda perhatikan ketika ingin menjadi seorang blogger.

Belajar Menjadi Seorang Blogger

1. Punya Skill Menulis dan Membaca
Kedua skill ini memang sangat berkaitan satu sama lain. Adalah sangat langka orang yang suka menulis, tapi tidak suka membaca. Begitu juga sebaliknya. Seorang blogger diharapkan mempunyai kedua skill tersebut. Pasalnya, kita disediakan space yang besar di blog untuk diisi dengan tulisan-tulisan kita. Selain itu, skill membaca juga sangat penting untuk menggali informasi dan menambah kosa kata baru di memori otak kita.

2. Bisa Mengorganisasi Waktu dengan Baik
Diharapkan seorang blogger bisa mengatur waktunya dengan baik. Baik untuk membuat artikel, blogwalking, dan juga untuk aktivitas di dunia nyata. Terlebih lagi jika anda adalah part time blogger. Anda harus pandai-pandai mengelola waktu anda. Sehingga, harapannya blog anda bisa selalu hidup dan berlangsung lama.

3. Sabar dan Konsisten
Point ini memang sangat sulit untuk diimplementasikan. Pasalnya, kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari, minggu besok, atau mungkin tahun depan. Selain itu, kita juga sering terkendala oleh hal teknis yang tidak terpikirkan sebelumnya. Misalnya saja koneksi internet lambat, tidak ada koneksi internet, listrik mati, laptop rusak, dan lain sebagainya. Untuk itu, diharapkan kita sabar dan jangan patah semangat. Dengan begitu, ngeblog bisa terasa indah.

4. Mau Belajar Serius
Sebagian besar orang umumnya ngeblog belajar secara otodidak. Dalam artian, belajar secara mandiri. Meskipun akhir-akhir ini ada beberapa kursus ngeblog, SEO dan internet marketing, tapi jumlahnya masih relatif sedikit. Untuk itu, jika anda ingin pandai, hendaknya anda mau belajar secara serius agar anda bisa tahu tentang seluk beluk blogging.

5. Suka Menjalin Persahabatan
Perlu anda ketahui bersama bahwa blogger juga termasuk media sosial. Kita bisa menggunakan blog untuk sharing informasi yang menarik kepada siapa saja. Selain itu, kita juga bisa berinteraksi dengan orang lain tanpa mengenal usia, tempat, dan waktu.

Demikian informasi sederhana yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Belajar Menjadi Seorang Blogger. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jangan lupa baca juga posting menarik lainnya di blog saya tentang Manfaat Blogger Follower. Terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

74 komentar:

Unknown said...

bagaimana cara membagi waktu dengan baik mbak ririn? saya masih bingung cara membagi itu

Mizz Aiza said...

sangat bersetuju dengan point-point di atas.. namun kadang kala saya sering kekeringan idea untuk menulis entry baru..

Asep Haryono said...

Dari bulan bulan lalu saya sudah kesengsem sama fitur fitur canggih kontrol panel WORDPRESS. Sepertinya kontrol panel dan Dashboard Wordpress lebih canggih dari dashboard BLoGspot. Semoga saya ada waktu terluang untuk mempelajari kontrol panel dan dashboard WORDPRESS ini. Ada sih saya punya 1 blog di paltform WORDPRESS tapi masih lugu. Tampilan masih apa adanya. Belum ada waktu untuk mempelahari dashboard Wordpress

Unknown said...

benar banget mba, teman saya juga begitu.. Pengen membuat blog, tpi stelah jadi dan bru posting 2 artikel sudah malas, :-)

Revrine said...

Pengen rajin blogging, tapi memang smua pasti bermasalah dengan waktu.
pengen rajin sbenernya,.. . .blog msih terbilang baru, ... .tapi ide yang pas utk blog juga jarang nemu. jadi lebih kepada ngeblog suka-suka ..gak fokus tentang satu hal.

seneng bisa join terus di blog ini.. . ..

Ucu nurodin said...

stuju bgt sis,yang menjadi msalah dlam dunia blog adalah dlm membuat konten dan tentunya kontent yang menarik buat visitor

Anonymous said...

Jadi blogger itu perlu waktu dan tenaga serta pikiran biasanya ini disebut fokus,kalau saya mbak blogger itu sudah saya rasakan sejak tahun-tahun lalu sebelumnya banyak manfaat seperti mendapat informasi pengetahuan terutama sesuai dengan kesukaan saya tentang informasi komputer dan internet selain itu mendapat ilmu pengetahuan juga menambah kearaban sesama teman dan bahkan sudah ada menjadi sahabat sejati blogger baikd dari BLOGSPOT dan WORDPRESS.Kekurangannya terkadang informasi yang didapat dari internet sekarang banyak mengada-adanya mbak (HOAX) justru mengganggu pemikiran dan merusak daya serap ilmu teknologi sekarang.

Maaf ya Mbak jadi curhat.Soalnya kalau banyak nanti bisa jadi postingan di blog Mbak ini.Terus berbagi ya Mbak :)

Unknown said...

Untuk menjadi blogger memang butuh pengorbanan yang cukup besar gan :D

Anonymous said...

2 hari gx blog walking lagi sibuk ngedit template, baru selesai hari ini, .
tepatnya 2 hari atau 3 hari ya, lupa gwe ... ^_^
btw blog q respon loadingnya tambah cepet atau sama aja mbak, ? .
sekarang udah valid css3 , .

Aliev Alvarez said...

Gue Masih Punya ambisi jadi Blogger terkenal . . .tapi masih belum punya sumber Daya yang cukup . .khususnya Perangkat

Anonymous said...

Point Yang terkahir itu yg keren mbak "Suka menjalin persahabatan" salah satunya lewat blogwalking kyk gini ya kan hehehe...

Unknown said...

Blog walking emang bagus, tapi belum tentu kita dapat kunjungan balik lho, point pentingnya ya kembali lagi kemasalah waktu, kalau bisa bagi waktu kemungkinan ada kunjungan balik, tapi kalau nggak punya waktu ya.....

yang penting semangat aja :)

Unknown said...

iyaaappp aku setuju sama semua point di atas ..

hmm tapi kalo aku pribadi emng lebih suka blogwalkingnya,,.
cz bisa nambah temen n nambah info yang sblmnya kita ga tau . hehhe

Unknown said...

Bagi saya membuat blog adalah sebuah hoby untuk mengisi waktu senggang, dari ngeblog saya bisa belajar bagaimana berinteraksi dan berbagi..

prasojojoo said...

trimss ya mabk ririn,, yang masih kurang nih gimana ya caranya biar blog dikunjungi banyak orang,, hufft.. Aku udah kampanye dimana2 tapi tetep aja sama hasilnya hahahahaa.. Apa musti nongkrong didepan PC terus..??

akang sam said...

nice share sob

Jery Yanuarlan said...

dan kalau sudah jadi hoby pastinya semuanya bisa teratasi dengan sendirinya ya mbak ririn :)

Claresta said...

Menjadi seorang blogger ternyata harus terus belajar ya mbak, tdk asal jadi blogger aja tetapi harus bisa menjalin persahabatan dan sebagainya :)
makasih sharingnya mbak Ririn ^_^

Unknown said...

poin di atas emag wajib mbak untuk di miliki setiap blogger sejati, tetapi pada poin 1 dan 3 ini yang susah di jalani seperti yang saya alami sekarang ini

Anonymous said...

Pertama kali buat blog sih pinginnya cuma ingin tahu aja, ternyata ngeblog asik juga, apalagi ngeblog bisa menghasilkan uang, wahh rasanya senang sekali bisa mendapatkan uang sendiri, dan Alhamdulillah masih ngeblog sampai sekarang, dan semoga bisa belajar lebih dalam tentang blogger :) sip mbak artikel T.O.P

Unknown said...

yang paling sulit menurutku sabar dan konsisten,soalnya q paling gak suka menunggu

Anonymous said...

saat belajar untuk menjadi blogger,waktu adalah yang terpaling susah untuk di tata,soalnya sebagai seorang ibu rumah tangga waktu buat blogging sangat terbatas sekali,baru buka laptop si kecil sudah datang mengganggu,paling kalau blogging kalau suasana lagi sepi,biasa bapaknya anak2 mengajak anak2 keluar rumah baru bisa online hehehehe

Blog Kampret said...

Terima kasih nih, harusnya saya pertamax waktu jam 7 pagi, tapi sayang HP saya lowbet hehe.

Oh begini toh caranya menjadi blogger sejati ^^ makasih yah :)

Unknown said...

Saya setuju dengan semua point diatas mbak memang seorang blogger harus punya itu semua
Saya juga sependapat sama mas manural..awalnya saya penasaran gimana sih dunia blog ternyata banyak caranya juga dan mungkin juga virusnya mbak eka nular nih...

Unknown said...

Mbakk Saya Juga Sama Nih Ama Mas Sarofudin Saya Masi Bingung dalam Ngatur waktu Dengan Baik :D

Hariyanto Wijoyo said...

bagi saya yang penting ada niat dan kemauan...segera nyalakan komputer dan buat blog anda...itulah langkah awal untuk menjadi blogger...selanjutnya terserah kepada anda.....
btw-jangan lupa ikutan GA ku ya... di http://hariyantowijoyo.blogspot.com/2013/10/masuk-neraka-siapa-takut.html salam :-)

blogger said...

saya membuat blog untuk menyimpan trik yang sudah saya kuasai, dan tentunya bila itu bermanfaat buat saya pasti akan bermanfaat juga untuk orang lain.!
selain itu saya ingin mencari teman dan mencari ilmu hehehe..

Unknown said...

tetapkan satu titik aras dalam berblog.. tanyakan pada diri kenapa mahu berblog.. jangan sia-siakan sisa waktu yang berbaki ^___^

Makasih ya mba karena udah berbagi.. dengan membaca, sedikit demi sedikit bisa menambahkan ilmu...

Unknown said...

Sangat setuju sekali dengan semua point artkel MbaK Rin ini,
Memang seharusnya, kita harus memahami lebih dulu seperti
contoh nya, pda artikel Mbak Rin jika kita ingin menjadi blogging
Yang sukses, sangat membantu artikelnya buat semua Sobat
Terima kasih Mbak Rin?

hayardin said...

selamat malam Mba Ririn, Kalau mau Jujur ya Mba, Dulu saya sama sekali tidak bisa dan tidak suka yang namanya Menulis, tapi setelah berjabat tangan dengan dunia Blogging saya menjadi Hobby menulis dan Hingga saat ini saya sudah menciptakan 5 Buah Ebook... Owgh iya Tolong di buka Emailnya ya Mba, tadi saya sudah mengirimkan sebuah Email...terimakasih

Anonymous said...

Tampilan Posting nya kelihatan Lebih Rapi dan
Lebih menawan, dan sedap di pandang mata yah Mbak?
Setelah iklan Adsense yang ada di awal postingan
Mbak Rin, sukses yah Mbak?

Unknown said...

ngatur waktunya yang susah.. :(, kalau sabar masih bisa diatasi

Meitri Setiyo said...

awalnya juga males dulu ngeblog, apaan tu blogger, gitu dulu,,, pas mulai ngeblog eh lama2 males lg, bingung mw nulis apa, nyampain apa di blog. tapi setelah sering2 main ke blog yg lain dn liat sana liat sini baca itu dn ini jadi dapat kemistrinya apa lg kalo udah berkunjung ke blog2 yang sperti blog mbak ririn ini, smakin manteb buat ngeblog karna bisa terus termotivasi,,, sip dah,, setuju dengan semua point di atas,, terimakasih mbak,,

Unknown said...

kesabaran dan konsistensi itu yang belum saya miliki :3

Anonymous said...

Terimakasih atas sharenya, nampaknya mulai ngikut blog sebelah ya hahaha. :D

Suwardi said...

Setelah membaca blog ini baru tahu kalau saya itu ternyata bukan blogger sejati tapi sedikit maniak tutorial coding mulai dari HTML & CSS tapi belum coba yang PHP..

Unknown said...

bnyk manfaat yg didapat jika kita ngeblog,sy malah tertarik sama gambar cewek diatas hehe..

Anonymous said...

yupp betul sekali tipsnya.. kalo mengikuti langkah2 di atas banyak kemungkinan untuk sukses menjadi blogger..

Anonymous said...

kalo saya sih masih targetin cari uang lewat blogger, hehe
tapidisamping itu juga cari teman didumay

Anonymous said...

makasih infonya saya mau coba , gimana yg baik saya coba Kang ..

dunia maya said...

belum ada pada diri saya point" di atas

Masnady said...

yah modal saya cuma suka menjalin persahabatan saja mbak, nggak punya sekill apa apa hehehe.. ya tapi cukuplah untuk menjadi blogger, yang belum bisa di sebut sejati.. hehehe lawong postingnya saja tidak konsisaten.. hehehe..

kalau saya boleh nanya, cara ririn ini adalah blog mbak eka yang keberapa..??

Anonymous said...

poin sabar dan konsisten .. itu yang terpenting ... ^_^ dan juga menyajikan konten bermutu .. itu kuncinya .. benar kan teman teman ....

Anonymous said...

wah saya harus belajar banyak nih supaya bisa menjadi seorang blogger sejati, karena sepertinya saya masih banyak yang kurang dari beberapa point di atas :)

Anonymous said...

kalau cara membagi waktu harus pakai rumus ya master... kalau sayah cuma ikut - ikutan saja jadi bloger, awalnya cuma ingin tulisan sayah nongol di internet, dan sekarang dah terlaksana malahan ada yang masuk page one.. tapi kag sedikit juga artikel sayah yang di copas... ( dihapus ndak yah ini cmen sayah hehehe)

Anonymous said...

sabar dan konsisten itulah yang paling sulit. ^^

Mas Marnes said...

Pendapat saya untuk artikel ini kurang lebih sama dengan mangyono, awalnya cuma sekedar ikut-ikutan aja pengen tau trus setelah saya ikutan beberapa BO terlintas dipikiran saya gimana caranya agar BO yang saya ikuti bisa dipromosikan ke banyak orang. Nah salah satunya ya lewat blog inilah yang bisa dijadikan alat untuk mempromosikan BO yang saya ikuti ke khalayak umum :)

Hasriyani muting said...

Menulis adalah hobbi saya. Berbagi sesama dan manfaat itu cita-cita dasar saya. Kemudian harapan kedepan mengikuti perkembangan informatika, tentu saya ingin bisa sukses. ( In-sha ALLAH )

Tentang blog, saya baru saja mengetahuinya lewat seorang teman. Semula ia mengarahkan saya se satu media yang bisa menuangkan karya dan dihargai. Kemudian terbuka komunikasi dunia blogger. Saya sangat tertarik dan teman saya itu membantu.

Untuk tetap fokus pada pilihan, apa yang Anda bagikan di atas sesuai dengan pikiran saya. Kemudian saya akan berpikir untuk satu kemajuan yang lebih baik lagi. Mengingat aktifitas saya sebagai ibu rumahan, waktu adalah menajement yang baik untuk dikelolah.

salam blogger.

Unknown said...

Ulasan yang amat menarik tentang 'Belajar Menjadi Seorang Blogger'. Kunci penting yang hendaknya dihayati dan dimiliki oleh calon Blogger dan Blogger sejati. Kunci yang menuntun kita untuk meraih nilai plus dari dunia maya. Kini dunia maya menjadi media untuk berbagi dan mengekspresikan diri dengan lebih produktif dan mendunia. Terima kasih motivasi dan pencerahannya. Salam cemerlang!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Sarofudin, iya memang agak sulit mas untuk membagi waktu untuk ngeblog. Nanti kapan-kapan akan saya buatkan tips untuk mengorganisasi waktu yang baik untuk ngeblog :)

Mizz Aiza, iya bener banget itu mizz. Ide menulis memang sangat sulit untuk selalu diperoleh :)

Asep, iya nanti kalau ada waktu, bisa dipelajari blog wordpress nya pak :)

Warim, mungkin butuh sebuah motivasi ya mas biar ngeblog nya jadi semangat :)

Rain Vall, yang penting dinikmati aja blog nya mas. Dan juga semangat, pasti suatu saat nanti akan indah pada waktunya :)

Asgar, iya betul itu mas. Itulah masalahnya. Ide menulis artikel tidak selalu datang setiap hari :)

Infosaja, sebuah pengalaman ngeblog yang lumayan lama ya mas. Saya malah baru pemula nich hehe :D Terimakasih banyak ya mas sudah mau berbagi pengalaman dan cerita yang menarik dan bisa juga dijadikan pelajaran yang berharga untuk kita semua agar bisa semangat ngeblog nya ya :)

Rahmat, yups seratus untuk mas rahmat :)

Shizenku, wah jadi penasaran saya sama blog nya mas shizenku ini. Nanti akan saya lihat blog nya :)

Nursetia, keep spirit ya mas :)

Veni, iya mas. Blogwalking bisa menjalin persaudaraan yang baik antar sesama blogger. Sehingga ngeblog tidak membosankan :)

Yobert, wah thanks mas atas tambahannya ya :)

Iin, harus dilestarikan itu mbak, biar dapat teman dan ilmu yang banyak hehe :D

Adjie, sipp lanjutkan mas :)

Prasojo, iya mungkin ngeblog nya harus lebih rajin lagi mas biar blog anda bisa ramai pengunjung ribuan per hari :)

Akang Budi, thanks :)

Wewengkon, iya mas, memang kalau hobby pasti sangat menyenangkan dech hehe :)

Indri, iya sama-sama mbak indri :)

Wawan, harus sabar dan semangat ya mas. Good luck dan sukses untuk mas wawan :)

Manarul, thanks mas manarul atas apresiasinya :)

Albeit, iya harus sabar mas hehe :D

Bunda, wah pengalaman yang sangat menarik bunda. Tetap semangat ya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Lutfi, hehehe ada-ada aja mas lutfi ini :D

Jenk Indah, wah saya punya virus apa nich mbak kok bisa nular getu wkwkwk :D

Ainul, iya kalau bisa ya di atur waktu nya biar ngeblog nya enak :)

Hariyanto, wkwkwk ide bagus itu pak. Lanjutkan GA nya ya. Saya ikut support lewat do'a saja :)

Hekos, luar biasa motivasi dan tujuan ngeblog mas hekos ini. Saya sampai dibuatnya kagum dan nggak bisa tidur wkwkwk :D :P Dilarang GR lho :D

Aben, wah bagus banget kata-kata mas aben ini. Thanks mas aben sudah singgah di blog saya ^^

Saud, iya sama-sama mas karis :)

Hayardin, wah hebat ya mas hayardin bisa membuat ebook. Sukses ya untuk bisnis online nya :)

Karis, hehe udah saya ubah lagi mas, soalnya malah jadi berantakan hehe :D

Daniel, iya kalau bisa ya jangan dibikin susah mas, tapi dibuat enjoy saja :)

Meitri, pengalaman yang sangat menarik mas. Ngeblog memang indah kalau kita bisa menjalani nya dengan senang hati :)

Elsawati, kok ekspresinya kayak getu mbak hehe :D

Ikerenki, wkwkwk sudah saya rombak lagi mas. Soalnya template terlalu sempit, sehingga tampilan blog jadi berantakan wkwkwk :D

Mardianus, wah luar biasa ya bisa paham tentang skrip dan HTML. Kalau saya mah nggak paham mas hehe :D

Harum, wkwkwk itu gambar/foto ngambil dari Google mas wkwkwk :D

Potretpedia, semoga saja bisa begitu mas :)

Awhnymous, semoga cita-citanya tercapai ya mas. Sukses ya buat blog nya :)

Asep, iya silahkan :)

Maya, iya kita sama-sama belajar mbak :)

Mas Nady, wah bagus itu mas. Lanjutkan hehehe :) Terkait dengan blog ini, saya lupa mas. Dulu saya sudah membuat blog banyak banget, tapi nggak pada ke urus, akhirnya pada ngganggur dech hehe :D

Note, iya benar itu mas :)

Anthonie, iya sebaiknya kita sama-sama belajar mas :)

Mang Yono, tetap semangat ya master. Good luck buat blog nya :)

Fadly, iya betul itu master :)

Marnes, luar biasa motivasi mas marnes ini. Semoga sukses ya mas bisnis online nya :)

Hasri Yani, thanks ya sudah sharing pengalaman :)

Herdoni, iya betul pak. Saya sepakat dengan pendapat pak herdoni ini. Luar biasa :)

dear anies said...

sejujurnya sy menulis blog sebab terpengaruh dengan SIL (sister in-law) sy... mula2 agak kaku penulisannya tetapi lama2 sudah mahir ;-)


poit2 yg ririn kemukakan tu mmg bertepatan!

Meutrap said...

point-point di atas perlu saya tingkatkan lagi supaya saya maksimal menjadi seorang blogger, karena hampir dari semua point-point di atas saya memiliki kekurangan.
terima kasih artikelnya kak.

blogger said...

hahaha.. dasar admin eka bisa aja ni candanya..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Khairin, wah pengalaman yang menarik ya mbak. Dari ikut-ikutan teman, dan pada akhirnya malah bisa bagus untuk ngeblog. Luar biasa. Sukses ya untuk mbak khairin ^^

Meutrap, iya mas sama-sama. Silahkan dicoba hehe ^^

Hekos, wkwkwk :D :P

Reusam Endatu said...

Terkadang ada prinsip di hati seseorang klau tidak maen blog tidak enak badan
Kdang-kadang ada juga orang berprinsip maen blogger itu membosankan,Karena memang mereka tidak tau ke untungan di maen blog itu sendri
Btw. Blog mbak ririn knpa di komentar tidak bisa di Replay y
Kalau saya rasa lebih rapi mbak
Maaf lari dari topik mbak
cuma kasih saran saja mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Dulu pernah pasang thread comment atau tombol reply di blog ini. Sudah berhasil sih, tapi nggak berfungsi, soalnya link reply nya mati hmmmm :) Akhir nya saya lepas lagi dech hikz ^^

Anonymous said...

blogger memang sangat bermanfaat krn dgn menulis kita dapat menghilangkan streesss

Dan jika kita mengikuti Blogger yg berisi ilmu pengetahuan, walaupun beberapa persen pasti akan ada yg tertinggal.. :D

Anonymous said...

request >langsung menuju ke komentar<<

Kalau berkenan

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Nggak paham saya pak mas guru sama komentar anda hehehe :D

Unknown said...

Kunjungan Dini hari Mbak Ririn, dengan di Awali
Tetap dengan niat belajar dan berusaha menjadi
Pemblogger yang baik dan berbagi.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks mas karis atas kunjungannya ya :)

Munajat said...

Memang waktu sangat berpengaruh utk kelansungan blog, ketika kita punya ide menulis sebuah artikel kadang terbentur dengan waktu, akhirnya kita lupa tentang artikel yang akan kita buat...

Unknown said...

Terima kasih atas inspirasinya mbak.Saya jadi lebih semangat untuk memperbaiki blog saya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Munajat, iya betul itu mas, memang sulit untuk mengorganisasi waktu kita. Yang penting kita berusaha dulu ya :)

Febyan, iya sama-sama mas :)

Unknown said...

ikut belajar mbak ririn, syapa tau bisa jadi blogger ngetop seperti mbak ririn

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Wkwkwkwk saya belum ngetop mas, alias masih unyu-unyu di dunia blogging hehe :D

Reusam Endatu said...

hehehehe pdahal lebih bagus y mbak klau berfungsi dengan normal tombol replay@
ngak susah klau nyari komentar kita mbak
hehehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas. Tapi mau gimana lagi, soalany memang nggak bisa hehe :D Lebih baik dinikmati dan disyukuri saja yang sekarang :)

Unknown said...

Benar sekali Mbak Eka, mengingat banyaknya yang Comment di sini sebaiknya diaktifkan saja fungsi Reply.

Buat kami sendiri point yang no.2 paling sulit. Yang penting semangat terus aja.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya bener juga mas. Tapi dulu sudah pasang tombol reply, tapi malah nggak berfungsi hmmm :)

Point nomor dua itu memang sangat sulit karena kita harus bisa membagi waktu dengan baik. Saya sendiri sampai sekarang belum bisa melakukan hal itu dengan baik hehe :D

Infoseru said...

yang terpenting dari semua itu punya kemauan yang keras untuk blogger

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas. Seratus dech untuk mas info seru hehehe :D

Aldi Rahman said...

Keren tipsnya, sangat menarik :)

Post a Comment