Cara Pasang Teks Area di Postingan Blog

Cara Pasang Teks Area di Postingan Blog Hi all, jumpa lagi dengan saya di Blog Cara Ririn. Bagaimana kabar anda sekalian? mudah-mudahan masih tetap eksis mengelola blog kesayangan anda masing-masing. Setelah beberapa waktu yang lalu saya menjelaskan tentang Cara Merapikan Kode Script dalam Postingan Blog. Dalam kesempatan yang berbahasia ini saya akan menjelaskan tentang cara menambahkan / memasukkan teks area di dalam artikel postingan blog.

What is Teks Area? Kenapa di dalam postingan blog perlu dipasang Teks Area? Teks area merupakan area yang berisi kata/script yang dibuat untuk mempermudah para pemirsa blog yang ingin copy paste kata/script tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan screenshoot berikut ini. Terlihat menarik kan? Oleh karena itu, jika postingan anda ingin disisipkan sebuah kode CSS atau lainnya, penggunaan teks area ini menjadi penting.
Cara Pasang Teks Area di Postingan Blog
Bagaimana cara membuat teks area dan bagaimana cara memasang nya di dalam postingan blog? Caranya sangat lah mudah. Anda hanya perlu memperhatikan langkah-langkah yang akan saya jelaskan berikut ini. Berikut adalah uraiannya.

Cara Pasang Teks Area di Postingan Blog

1. Silahkan copy seluruh script berikut ini

<form name="copy"><p align="center"><textarea style="WIDTH: 300px; HEIGHT: 144px" name="txt" rows="100" wrap="VIRTUAL" cols="55">simpan tulisan anda di sini, maka tulisan yang anda tulis akan muncul di sini dan siap di copy oleh para pengunjung</textarea></p><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Select All"> </div></form>

Keteragan:
Ganti kode warna biru dengan kode/kata yang anda inginkan

2. Untuk proses pemasangan di postingan blog, silahkan log in ke akun Blogger anda

3. Pilih buat Entri/Posting baru

4. Pada Entri, silahkan pilih menu HTML, dan kemudian paste kan seluruh script tadi. Untuk selanjutnya silahkan klik tombol Publikasikan.

Bagaimana? Caranya sangat mudahkan? Kini giliran anda yang mencobanya. Good luck ya :)

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuka anda tentang Cara Pasang Teks Area di Postingan Blog. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga postingan saya yang lain tentang Cara Memasukkan Kode HTML ke dalam Postingan Blog. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

54 komentar:

Claresta said...

kalau pakai teks area pembaca mudah sekali untuk membedakan mana skrip dan mana artikel ya mbak,,,, jadi tdk keliru asal copas, karena terkadang teks bukan skrip ikut tercopas, hehehe :)
makasih telah berbagi ^^

rumah abu abu said...

Sangat simpel mba ririn :)

Anonymous said...

Caranya cukup simpel dan mudah ternyata ya mbk...terimakasih

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Indri, iya betul itu mbak. Itung-itung untuk mempermudah pengunjung aja :)

Dadang dan Rafin Blog, thanks atas kunjungannya ya :)

Anonymous said...

Jadi lebih mudah untuk copy sebuah text ya mbak. Hehe

Anonymous said...

@mbak Indri iya supaya tidak keliru terkadang hampir mirip antara text dan javascript

Anonymous said...

@rafin memang kamu sudah mempraktekkannya?

Anonymous said...

Saya sudah pernah membuat teks area di blog saya mbak :D dan pengunjung pun mudah untuk mengcopy paste text yang ada dalam area :D hanya dalam 1 kali klik.

Unknown said...

Saya pernah save kode ini tapi nggak tau raib kemana, eh malah dapat lagi disini, ijin save ya mbak :). btw tumben nih bisa langsung balas komen mbak? Lagi libur kerja ya mbak

Unknown said...

Mungkin hal ini perlu diterapkan untuk blog saya ya mba Ririn....

Anonymous said...

gak bisa dicopy mbak ririn ... hehehe

Unknown said...

wah kalo ini disediain fitur select all ya mba tapi biasanya juga pas mouse lewat text area langsung ke blok sendiri, hehe

mudah nerapinnya mba

Unknown said...

saya simpan dulu ini mbak baru sembuh sakit kepala
makasih ya mbak sarannya tntang alexa saya betul memang kurang titik

Anonymous said...

makasih ya mbak ririn tutorialnya ^_^

Sigli Cyber said...

cukup mudah ya menggunakannya...
tpi ini sering dipakai oleg blogger yg suka share tutorial blogger ato kode2 gitu kan..
ane mah jrang make nya

hayardin said...

saya juga selalu menggunakan script di atas untuk membuat Teks Area di dalam beberapa postingan saya untuk membuat tutorial Blog Mba Ririn...bagus menggunakan teks Area karena postingan terlihat lebih rapi...

Unknown said...

Yaa rin bagus banget buat blogger" seperti kalian

Unknown said...

Terima kasiiih... banget mbak tutorialnya... :D
Membantu nih.. :)

Unknown said...

Waduuh !!! Mbak,, gimana cara save.nya?? gak bisa di copy nih mbak..??

Unknown said...

Ijin simak, Mbak Ririn artikelnya yang keren kebetulan
saya kurang faham dengan teks area, salam Hormat
Buat Mbak Admin, dan sobat blogging semu :)

Anonymous said...

Seperti biasa Mbak, dua kali atau lebih dalam satu postingan Mbak Rin
Dan ijin bookmark script teks areanya terima kasih Mbak Ririn

fiu s said...

kabar baik , semoga adminya juga baek dan sehat selalu ceria dan bhagia ....hehehehe http://choppie88.blogspot.com/2013/11/tips-tambah-bahasa-pada-windows7.html

Intan Sudibjo said...

teks area yang biasa saya buat lebih simple mba, gk pake tombol kopi nya, jadi biar ngerti sendiri haha :D

Fadly Rifai said...

Maaf master, scriptnya gak bisa dicopy. :)

Budiyanto Simo said...

bukannya lebih simpel pake blockquote ya mbak,..

Unknown said...

@Fadly Rifai, emang klik kanannya udah di gembok ma mbak Ririn katanya banyak rampok hehehehe, caranya pake CTRL+C aja sob tapi sebelumnya mbak Ririn harus taruh kodenya dalam teks area dulu :D

AbdurahmanBW said...

ooooo...alhamdulillah ya

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Ya bagus mbak jadi mudah disalinnya kalau tanpa proteksi dalam blognya.
Tapi kalau blog yang diproteksi tentunya bakal susah disalinnya mbak.

Makasih mbak caranya.

Oya mampir ya ada tulisan terbaru yang butuh dikomentari. ^.^

Makasih.

Anonymous said...

Wah, keren juga teks area ini. Fungsional. Dan cara bikinnya juga cukup mudah :)

wongcrewchild said...

cocok bnget buat naruh script, blog tutor pasti bnyak butuh

Anonymous said...

kalau teks area ini cocoknya buat script html yah mbak Ririn, kalau buat blog saya kayaknya sih nggak perlu ya... makasih infonya mbak :)

Unknown said...

ternyata cukup mudah ya mbak

Unknown said...

Solusi buat blog Niche Tutorial blogging yang gk bisa di klik kanan.. :D

Rz Bot said...

Apalagi di padukan dengan CSS dan JQuery pasti akan terlihat menarik... :D

Anonymous said...

Ini sangat cocok diterapkan pada blog yang bernice tutorial kode atau script khusus blogspot mbak karena memang teks area biasa disediakan untuk kode-kode tutorialnya.

Unknown said...

Caranya Sangatt Simple Sekali Yah Mbakkk Jujur Saya Baru tahu Mbakk :D

Anonymous said...

Terimakasih buat tutornya, lumayan nambah ilmu

Admin said...

bagus infonya mbakk..

Unknown said...

jadi kelihatan lebih singkat tampilan postnya mbak..

Nurul Imam said...

Abis postingan ini, langsung saya bikin postingan bikin text editor online ahhh :D

Anonymous said...

Datang lagi saya Mbak Rin, untuk menuntaskan belajar tentang teks
Area ini, karena sangat berguna buat postingan di blog saya terima kasih :)

Ucu nurodin said...

wahh siap saya coba scriptnya sis,

Mizz Aiza said...

kelihatan simple caranya.. terima kasih sharing tutorialnya..

Unknown said...

sip, tak coba jika diperlukan

Lirik lagu said...

mantap gan :D jgn lupa mampir ke

Andrekocak Blog

dear anies said...

terima kasih kerana berkongsi

Blog Kampret said...

Hmm saya belum berkomentar nih hehe :) bagus banget nih mbak namun tidak dapat di copas atau di CTRL+U hehe :)
blog cara ririn ini makin sukses banget yah ^_^

Unknown said...

tutorialnya keren juga mbak kapan-kapan saya coba, ijin belajar yah di sini hehe...

artiirhamna said...

Kalau pakai text area itu enak, tinggal klik select all, cocok buat blog yang biasa posting script gitu.. :D

Mas Marnes said...

Wah kayaknya saya belum menggunakan teks area deh soalnya gak tau cara pasang teks areanya hehehe...makasi ya mbak atas tutorialnya, nanti bisa saya praktekan nie :)

Anonymous said...

Ternyata membuat teks area di blog sangat mudah ya mbak, trik ýang sudah mbak jelaskan di atas simple dan mudah dimengerti oleh blogger pemula seperti saya ini, niche infonya mbak, Terimakasih sudah share. . . .

Unknown said...

Mesty di coba niyh . . . . .Yhanks mbak ririn

Unknown said...

pakai Quote juga bisa

Gio pamot said...

PamotZone

Post a Comment