6 Modal Bisnis Online di Internet

6 Modal Bisnis Online di Internet Pada jaman sekarang ini, untuk memperoleh pendapatan tidak hanya di dunia nyata saja, melainkan di dunia online juga bisa. Bahkan sudah banyak orang-orang yang sukses menekuni bisnis online. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meraup penghasilan di internet (Baca: Cara Mencari Uang di Internet). Dari berbagai cara tersebut tentu tidak mudah untuk diimplementasikan apabila anda tidak punya pengalaman, alias pemula.

Ada banyak orang yang gagal di bisnis online, karena berbagai alasan. Nah, apabila anda ingin terjun di bisnis online, anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya. Sehingga kelangsungan bisnis anda bisa berjalan serta bisa berlanjut sesuai dengan apa yang anda cita-citakan. Oleh karena itu, anda perlu memahami hal-hal apa saja yang perlu anda miliki dan anda kuasai sebelum terjuan di internet marketing.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah share tentang Tips dan Strategi Membangun Toko Online yang Sukses Tanpa Modal. Nah, dalam kesempatan yang penuh semangat ini saya akan menjelaskan tentang 6 modal yang perlu dipersiapkan sebelum terjun di bisnis online internet. Berikut adalah point-point penting yang perlu anda perhatikan.
6 Modal Bisnis Online di Internet
Image by networkedblogs.com

6 Modal Bisnis Online di Internet

1. Skill menulis dan membaca
Apabila anda punya blog/web dan ingin dimonetisasi, anda harus punya keterampilan menulis dan membaca. Aktivitas membaca bertujuan untuk menyerap berbagai informasi tentang bisnis online. Karena jarang sekali ada sekolah atau kursus bisnis online, sehingga mau tidak mau anda harus belajar secara mandiri. Skill menulis bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada para pemirsa blog/web tentang hal apa saja sesuai dengan minat dan bakat anda yang disajikan dalam blog.

2. Ketersediaan waktu
Apabila anda memutuskan untuk full time menjadi internet marketer, saya kira tidak ada masalah dengan alokasi waktu anda untuk berselancar di dunia maya. Namun, jika anda sebatas part time saja di bisnis online, anda perlu mengorganisasi waktu anda dengan efektif dan efisien. Mana yang ingin anda prioritaskan? Apakah pekerjaan offline ataukah pekerjaan online? Ini yang bisa menjawab hati kecil anda.

3. Tenaga
Sudah barang tentu apabila bekerja itu pasti mengeluarkan tenaga. Setiap hari hanya duduk berjam-jam dan hanya menatap komputer pasti akan membuat anda jenuh dan juga capek. Oleh karena itu, anda juga perlu mengatur jadwal internetan. Dan yang terpenting adalah jaga kesehatan anda.

4. Fikiran
Untuk terjuan di bisnis online, anda perlu berfikir. Berfikir bagaimana caranya merencanakan sesuatu dan mengerjakan sesuatu serta mengevaluasi sesuatu hal yang berkaitan dengan usaha anda. Disini anda harus cerdas dan pandai. Setiap anda akan melakukan sesuatu, pastikan anda sudah tahu manfaatnya dan juga sudah tahu segala konsekuensinya. Sehingga anda tidak akan menyesal dikemudian hari.

5. Keuangan
Saya kira tidak ada bisnis online tanpa modal, betul tidak? Kita ngeblog saja, misalnya, pasti sudah mengeluarkan keuangan kita, yakni untuk membeli koneksi internet, untuk beli cemilan, dan lain sebagainya. Lebih-lebih jika anda terjun di internet marketing. Anda perlu mempersiapkan keuangan anda dengan skala besar. Misalnya untuk menyewa webhosting, menggaji karyawan, dan lain sebagainya.

6. Sabar dan konsisten
Tidak ada internet marketer yang bisa langsung sukses dalam waktu dekat. Pasti orang tersebut sudah melalui proses panjang dan sangat melelahkan. Bahkan mungkin sudah mengalami kegagalan berkali-kali. Mereka bisa berhasil karena mereka sabar, konsisten dan patah semangat dalam menjalankan usahanya. Yang pada akhirnya bisa sukses di kemudian hari.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang 6 Modal Bisnis Online di Internet. Semoga dapat bermanfaat untuk anda sekalian yang ingin terjuan di internet marketing. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya di Blog Cara Ririn tentang Cara Mengelola Akun AdSense dengan Baik dan Benar. Mohon maaf apabila terdapat kekeliruan dalam hal substansi ataupun tata tulis. Terimakasih atas perhatiannya. Salam
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

44 komentar:

zigzoor said...

Wah-wah sudah mulai bisnis ya mbak.. semoga bisnisnya lancar ya mbak. salam pagi.

Unknown said...

bahkan kadang2 membutuhkan jam kerja lebih tinggi daripada karyawan yang bekerja diperusahaan,tapi dengan hasil yang memuaskan,kerja keras itu terasa setimpal

Anonymous said...

Berbisnis online juga harus punya mental yang cukup kuat mbk banyak yang gugur di tengah jalan

Budiyanto Simo said...

yg penting sabar dan tekun, .he he ^_^

Unknown said...

2 hal yang sampai sekarang belum bisa saya atasi untuk memulai bisnis online adalah ketersediaan waktu dan tenaga... hehee

fiu s said...

hahahahaha yang saya garis bawahi hanya pont tentang modal, emang bener bisnis online juga butuh modal walaupun bnyk yg menawarkan free register tapi kan butuh kuota internet juga buat terhubung dan bisa ngeblog .... sipz deh mmmbak saya kasih jempol 10 nih ,,,, ^_^

akang sam said...

alright, guys. saya menambahkan 1 lagi cari info, hehehe

Unknown said...

Mantap mbak, semoga makin sukses deh bisnisnya :)

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Ya betul banget mbak, apa yang disampaikan di atas.

So pasti kudu ulet dan enggak gampang menyerah karena bisnis online calon pembeli atau konsumen harus kenal kualitas kita (penjual/penawar jasa) barulah ia bisa beri kita pendapatan.

Jadi bisa dibilang personal brand diutamakan dibanding kualitas jasa dari produk kita.

Unknown said...

Yeaahh rin.. Semua pekerja'an pasti menggunakan tenaga..
Heheee tapi yang ngemil itu mungkin sebagian saja :-D sampingan...
Pagii rin

Senyum syukur said...

cara ke enam yang jarang orang miliki..

Unknown said...

Betul sekali mbak eka bukan cuma di dunia maya di dunia nyatapun kita harus sabar untuk bisa berkembang dan menjadi seperti yang kita harapakan
Apalagi dalam bisnis online kiat agar menjadi suksespun perlu banyak perjuangan

Masnady said...

poin terahir itu yang penting mbak.. tanpa pointrhir itu poin-poin sebelumya tidak akan sukses ya mbak.. karena saya sendiri salah satu orang yang kurang bersabar dalam menekuni bidang bisnis online mbak..hehe terimakasih atas penjelasannya ya mbak..?

Intan Sudibjo said...

wah-wah.. sempat-sempatnya ilustrasinya pake yang hot :p

ngomongin bisnis, saya juga lagi menjalani tapi gk tau arah tujuan nih hehe

Claresta said...

saya yg paling repot masalah keterbatasan waktu mbak, karena sibuk dgn urusan offline akhirnya ngeblognya bisa terjadi jam berapa saja jika menemukan waktu senggang, hehehe :)

selain itu keuangan juga bermasalah, sehingga koneksi internet pakai yg low speed sehingga saya sering terlambat balas komentar dan berkunjung balik, huhuhu :)

nice sharing ^^

Unknown said...

Kunjungan siang Mbak Ririn dengan sigap dan konsisten
Saya simak artikel tentang pengethuan bisnis online ini
Saya terus belajar dari Mbak Rin, untuk terus menimba pengetahuan
Tentang internet dan bisbis online terima kasih yah Mbak salam sukses :)

Unknown said...

bisnis online, ngalir aja kaya air, wkwkwkwk gk ngerti arah tujuan

HP Yitno said...

yang penting ada kemauan pasti bisa.

Kang Muroi said...

Waktu, tenaga dan kesabaran, mungkin point-point ini yang perlu perhatian khusus jika kita ingin sukses di bisnis online ini yah..trimakasih sharingnya

Anonymous said...

Semuanya jadi hal yang perlu dan diperhatikan terutama dalam menggeluti bisnis online di internet :)

Unknown said...

point no 2 itu bagi saya masih sulit utk di miliki mbak,, tapi saya coba berusaha utk bsa nyediain waktu walau hnya sbntar. Terimakasih sudah share ilmunya mbak,, saya mau nyimak lagi sambil mmpelajari :)

Unknown said...

kalau mau terjun ke bisnis online tentunya harus memenuhi 6 kriteria di atas yah mbak, makasih buat tipsnya sangat bermanfaat...
Btw fotonya mbak Ririn cantik juga yah kalau lagi pas ngeblog hehe....

rumah abu abu said...

sangat berat untuk mendapatkan bisnis online secara konsisten, butuh tenaga, fikiran, waktu, skill. dan satu lagi ikhlas untuk menjalaninya :)

Anonymous said...

Ini serius? :p

Admin said...

bisnis juga yg untung, kerja dgn kompeni, kompeni yg utung banyak

a said...

dah banyak bisnis online yg ane ikutin, tapi banyak yg scam,,
bikin pusing,,

buat teman2 jangan lupa berkunjung ke blog baru ane,,,,
yg follow saya followback
yg coment saya coment balik

http://cyberpaloh-community.blogspot.com

Anonymous said...

Setelah Kunjungan siang tadi kini Kunjungan Malam
Karena waktu siang sangat kurang konsisten maka ini
Malam saya belajar dengan maximal tentang cara Modal bisnis
Online di internet, mengikuti pelajaran di artikel Mbak Ririn ini
Terim a kasih Mbak Salam Hormat selalu :)

Unknown said...

Waduh saking semanget nya sampai lupa pakai id maaf deh Mbak hh
Tapi suer saya simak dengan seksama artikel Bisnis Online ini dengan
Hati yang bersih dan selalu Konsekwen hheh belajar agak keren dikit hhh :)

Anonymous said...

Modal bisnis online di internet yang tidak bisa di tawar-tawar lagi bagi para pelakuknya adalah mereka harus mau melalui setiap proses yang berjalan secara konsiten dan terus mengikuti perkembangan dan belajar tanpa akhir.

Salam,

Meutrap said...

Perlu saya terapkan point di atas semua kak,
karena dari semua point di atas banyak belum terpenuhi di saya kak.

Staff Administrator said...

6 kunci (kalo sy ndak salah itung :) ) yang sudah di jelaskan seperti di atas bisa buat menambah pengetahuan kita utk terjun di bisnis ini ya mbak :)

Unknown said...

bagaimana ya mbak caraanya melatih kesabaran dan konsistensi, susah juga..

hayardin said...

Jika ke 6 Modal di atas sudah terpenuhi saya rasa kita sudah modal yang cukup untuk menjadi Pebinsis Online dan Internet Marketer yang Handal. Namun ke 6 Modal di atas akan sia sia Tanpa Adanya ACTION untuk segera memulai Bisnis Online....terimakasih atas Artikelnya Mba Ririn...

Rz Bot said...

Untuk no 1 Skill menulis lagi belajar mbak Eka ^_^

Mizz Aiza said...

ternyata bussiness online juga memerlukan (membutuhkan) modal terutamanya masa dan juga wang..

Unknown said...

tips yang terakhir tentunya menjadi senjata pamungkas yah mbak, yaitu sabar dan konsisten :)

Unknown said...

sabar dan konsisten adalah point terakhir dan sekaligus yang paling berat menurut saya..

Unknown said...

INSYA ALLAH semua cukup :)

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

sabar dan konsisten itu yang paling sulit mbak, kebanyakan pengen cepat dan instan

Komarudin Tasdik said...

Saya coba untuk sabar dan konsisten deh, Mbak. Masih penasaran dengan uang blog :)

Unknown said...

waduh, saya malah konsisten ama gambar yang di atas mbak rin hehehehehe, kesabarab memang sangat di uji dalam berbisnis online ya mbak, terkadang banyak juga yang putus di tengah jalan karena sesuatu hal

Anonymous said...

Artikel yg bermanfaat...

Agus Supriyono said...

Skil Menulis yang menurut saya masih sulit mba ririn, menurut saya modal utama skil menulis

Syahrul Mubarok said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment