Cara Setting Form Komentar Blogspot

Cara Setting Kotak Komentar Blogger Blogspot Form komentar merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan di dunia blogging. Pasalnya, dengan adanya form tersebut, itu dapat digunakan untuk sharing pengalaman, diskusi, tanya jawab, serta hal-hal menarik lainnya. Oleh karena itu mengapa form tersebut eksistensinya sangat penting bagi sebuah blog/web. Setiap platform web/blog mempunyai form komentar yang berbeda, misalnya di WordPress, Blogspot, atau mungkin selfhosting. Apalagi sekarang sudah banyak terdapat form komentar jejaring sosial, seperti Facebook Comments, Komentar Google Plus, dan masih banyak lagi.

Yang akan kita bahas kali ini adalah Blogger Comment, yakni bagaimana cara men-setting nya agar form komentar tersebut mudah digunakan serta bisa memuaskan para pemirsa blog yang ingin berkomentar.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah share tentang Cara Berkomentar yang Baik dan Benar di Blog. Nah, dalam kesempatan yang berbahagia ini saya akan menjelaskan tentang cara mengatur opsi form komentar blogspot. Silahkan perhatikan secara seksama.

Cara Setting Kotak Komentar Blogger Blogspot

1. Silahkan log in ke akun Blogger anda

2. Silahkan masuk ke Dashboard > pilih menu Setelan/Setting > pilih sub menu Post dan Komentar
Cara Setting Form Komentar Blogspot
3. Silahkan setting form komentar blog. Berikut adalah saran untuk mengatur form komentar dari saya.
Cara Mengatur Kotak Komentar Blogger
Keterangan:
Nomor 1 pilih tersemat untuk lokasi form komentar
Nomor 2 agar blog anda aman dan nyaman tanpa ada iklan, pilih Pengguna Terdaftar
Nomor 3 pilih Tidak Pernah untuk moderasi komentar. Berdasarkan pengalaman bahwa komentator cenderung lebih senang jika komentarnya bisa langsung muncul
Nomor 4 pilih Tidak untuk Verifikasi Kata/Captcha. Sebaiknya jangan diberi Captcha pada form komentar guna untuk memudahkan para komentator blog
Nomor 5 pilih Sembunyikan untuk Tautan Balik
Nomor 6 klik tulisan Tambahkan jika anda ingin memberi pesan kepada para komentator atau mungkin memberikan aturan terkait dengan Tata Cara Berkomentar di blog anda

Langkah selanjutnya silahkan klik tombol Simpan Setelan yang terdapat di pojok kanan atas

Berikut adalah screenshoot contoh form komentar standart di blog saya.
Contoh Tampilan Opsi Komentar Blogger Blogspot
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Setting Form Komentar Blogspot. Jangan lupa baca juga postingan menarik lainnya tentang Ciri-ciri Komentar Spam. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas atensinya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

68 komentar:

Mas Marnes said...

Happy weekend mbak Rin...
Penjelasannya cukup mendetail sekali mbak, sepertinya saya juga sudah menerapkannya pada blog saya sesuai dengan penjelasan di atas :)

Unknown said...

Hemm pagi rin..
Kalau punyaku beda yang nmr2 nggak pengguna terdaftar..
Langsung mau akuuu setting lagii niieh :-)

Dwi said...

pagiii mbakkk, postingannya sgt bermanfaat buat pemula kya saya ini

Unknown said...

Selamat pagi Mbak Ririn tutorial yang sangat berharga buat saya
Dan mungkin buat sobat yang memerlukan tips ini pengaturan
Pada kotak komentar sekarang ini sangatbervariasi yah Mbak
Tapi trik Mbak Rin ini yang paling bijak untuk Admin dan pengunjun
Terima kasih sudah memberi pelajaran yang berharga salam hormat Mbak. ?

Anonymous said...

Saya setuju mbk form komentar tidak pake capcta dan moderasi karna hal ini terkesan ribet :D

Intan Sudibjo said...

cocok nih pelajarannya buat Pemula seperti saya, terimakasih master :)

Ucu nurodin said...

wahh makasih infonya sis

Meutrap said...

Lumanyan mudah juga kak caranya,
langsung ke tahap percobaan ah.

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Betul bermanfaat mbak untuk memahami pentingnya settingan kolom komentar.
Dalam hal ini ustadz sih lebih memilih pengguna dengan akun google soalnya lebih jelas identitas pemberi komentarnya.

Sebelumnya menggunakan semua orang.

Makasih mbak ulasannya.

Rohis Facebook said...

tumben postinganx bukan seputar bisnis *smile
btw selamat berakhir pekan aja..!

Susi Susindra said...

Paling sering yg tidak diperhatikan pemilik blog adalah bagian verifikasi kata ya. Paling sebel kalo bw pake HP dan ada capcha-nya. :(

Anonymous said...

Setuju bangat mba.
Infonya menarik. Memang komentator itu lebih senang jika komentarnya bisa langsung muncul dan tanpa captcha..

Anonymous said...

Buruk dan Baiknya komentar di blog kita :D nice info

Anonymous said...

apa menurut anda BAIK DAN BURUK adanya komentar di blog kita ? berbagi pengalam :D

Adhy Suryadi said...

Setuju sekali pada pilihan nomor 3 dan 4, karena saya sendiri kurang senang kalau komentar udah pakai capcha pakai moderasi juga... @@,

reni said...

Kalau aku pilih moderasi komentar karena untuk memfilter spam yang masuk.

fida said...

blog baru mampir di blogger senior

Rz Bot said...

saya malah suka dari default blogger mbak ririn untuk masalah form komentar.. :D

Claresta said...

Saya juga suka memilih setelan hanya pengguna terdaftar mbak, agar anonimous gak bisa ikutan komen, hehehe :)
Makasih sharingnya yg sangat bermanfaat sekali buat nubie seperti saya :D

Azlan Strider said...

penjelasannya cukup jelas dan amat mudah untuk difahami...

Regards,
-Strider-

Unknown said...

kalo saya lebih suka mengaktifkan form name/url, soalnya saya diam-diam juga suka berburu backlink pake cara ini.. hehehe

Unknown said...

kalo saya setuju nomer 4,soalnya saya paling gak suka kalo ada kode capthanya

rumah abu abu said...

Form komentar memang salah satu bagian penting dalam sebuah blog, dengan adanya form komentar yang baik, mudah, dan bagus, kita bisa interaksi dengan pengunjung lebih nyaman :) Salam sukses

Anonymous said...

Saya juga setuju.

Indra Kusuma Sejati said...

Form komentar blogspot memang kalau di setting bisa secara manual ya Mba, tapi itu di perlukan dengan kepentingan bagi masng-masing kepentingan admin. dan tidak juga harus mengiyakan semua pendapat orang. Bagi saya yang terpenting kita bisa saling menghargai dalam membangun komunikasi di rana blogging.


Salam wisata

Djangkaru Bumi said...

lokasi komentar ini yang kadang lupa dibikin tersemat. Kalau tersemat kan jadi enak komentnya.

Unknown said...

wah saya gk nerapin open ID :D, seting duluh ah :)

lupanama said...

makasih infonya mbak . .
mudah dipahami , , :D

Unknown said...

makin mudah berkomen makin betah pengunjung blog tsb pastinya .. saya jadi keinget kalau blog saya belum sempat saya setting form komengnya ..

Hasan A.K said...

terimakasih mbak untuk tutor-nya, tapi saya ini mau yang simpel jadi saya gunakan default dari blogger saja (bukan mau yang simpel tapi memang gak ngerti)

Unknown said...

terima kasih,berkat mbak kolom komentar blog saya jadi tersemat,soalnya awalnya penuh

Unknown said...

Banyak tutorial dasar disini ya..artikelnya sangat membantu blogger yang baru ngebblog.

Unknown said...

Mkasih info nya gan.
udah saya coba diblog saya nih..
Coba deh di tes di blog saya.
Makasih ya udah share .
Fikrismea.blogspot.com

Unknown said...

Terima kasih mbak,artikelnya sangat bermanfaat :D

Unknown said...

saya juga kalau berkomentar menggunakan captcha rasanya malas banget, ribet dan lama, belum lagi kalau salah masukkin kodenya...
Makasih mbak Ririn, sangat jelas banget penjelasannya :)

fiu s said...

Paling males klo pas mau komentar ada verifikasinya,... heee

Kang Muroi said...

Caranya cukup simpel dan mudah yah, maksih buat sharingnya

Aditya Nugroho said...

Makasih atas infonya mbak kalau tempat saya tampilin semuanya. Biar entah itu blogger maupun visitor biasa biasa dapat dengan mudah koment di artikel saya. Misal ada yang nyepam, tinggal pasang saja javascript unutk menonaktifkan link2 spam, hehe.

Anonymous said...

Kunjungan malam mbak.
Artikelnya sangat membantu, caranya cukup simple dan mudah :)

Mezi Aris Apronny said...

Iya mbak, juga bisa mengakrabkan kita kepada pengunjung, dan pengunjung lebih betah di blog kita. Makasih mbak telah sharing, caranya sukup mudah :)

Staff Administrator said...

lebih enaknya lagi...kalau pengawal di kotak komentar..di suruh cuti aja ya mbak Rin...hehe :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Budi Os 19 maksudnya, pengawal apa ya mas? hmmm :)

Fazri said...

form komentarnya simple dan tidak membingungkan orang tentang masalah captcha

Anonymous said...

Kalau lihat tutorial dari Mbak makin mudah ini setting form komentarnya :)

Unknown said...

kok saya setingnya umum mbak wah harus diseting ulang nih...makasih ya mbak infonya busa langsung menuju dasbor nih

Unknown said...

Sudah tidak di ragukan lagi kalau form komentar itu sangat perlu di terapkan di blog agar pengunjung dapat mengomentari isi postingan kita.

kk ps said...

Yang no 2 saya pilih "semua orang"trimakasih !

Mas Andes said...

nah ini perlu diterapkan ya mbak biar yang komen di kenal identitasnya bukan anonymous..
sipp :)

Gupitan said...

Caranya memang mudah dan simpe, tp kalau ngak tau bisa keder.. Artikel ini akan bermanfaat nantinya buat para blogger.

Download Info Gratis said...

Bagus ini tutorialnya, walaupun saya pakai wordpress self hosted sih.

Anonymous said...

mantap gan :D ilmu baru lagi :)

Kang Ucup said...

setiap blogger wajib nih buat setting form komentarnya, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. misalnya dengan dimoderasi ya mbak. tapi kalau bisa jangan pake capcay, soalnya dapat menghambat blogwalking. apalagi kalau kode capcay-nya sulit :)

Mizz Aiza said...

masalah connection internet yang slow membuatkan saya setting form komentar di blog saya secara pop up window..

Properti Niaga said...

Kami masih menggunakan Moderasi komentar untuk Filter, dan juga untuk bisa langsung merespon commentnya Mbak Ririn.

Sukses terus ya Mbak Ririn

Ahlun Nazar said...

Terimakasih mbak ririn atas tutornya .. :)

Muhamad Wahyu said...

Nice post sis, memang verifikasi kode merepotkan jadi perlu di tiadakan hehe

Anonymous said...

Asyik ya, ada pilihan "tulisan tambahan". Jadi kita bisa ngasih pesan-pesan khusus untuk para pemirsa yg hendak berkomentar, hehe....

kakitravelkhairuddin.blogspot.com said...

Terima kasih di atas informasi yang berguna..

Unknown said...

ternyata mudah ya cara setting form komentar di blogspot setelah membaca tutor ini.. thx ya dah berbagi

Unknown said...

kalo saya sihh pake moderasi komentar mbak hehe alasannya karena moderasi komentar itu menurut saya sangat penting sekali mbak guna menyaring komentar spam + link hidup :D

Blog Kampret said...

Wah kangen sama mbak ririn nih :)
blog mbak ririn tambah rame banget yah. Blog saya jadi sepi dan koneksi saya mulai lemot +++++ UTS :'(

Kebetulan mbak ririn saya sudah tau cara setting form komentar blogspotnya hehe

Mas Jack said...

langsung saya terapkan tuh mbak .:D

Unknown said...

sudah saya praktekkan mbak makasih banyak buat tutorialnya, mantap :)

Anonymous said...

postingan ini sangat bermanfaat buat pemula seperti saya mbak Master, saya setuju dengan cara ini kadang ada blog yang pakai capcay ditambah komentar anad akan muncul setelah di jitak admin xixixi

7Top Ranking said...

artikel ini memang lama, namun sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak memahami bagaimana melakukan setting komentar. thanks for you my best freind

Anonymous said...

ternyata cara setting form komentar di blog blogspot sangat mudah ya mbak, dengan artikel mbak ini saya jadi tau cara setting form komentar di blog saya, niche info nya mbak. . . .

bajumuslimanakperempuan said...

jualbajumuslimanakperempuanlucu

bajumuslimanakperempuan said...

langsung di baca : jualbajumuslimanakperempuanlucu

Post a Comment