Cara Mengaktifkan dan Verifikasi OpenID Blogger

Cara Mengaktifkan dan Verifikasi OpenID Blogger Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang Cara Verifikasi Akun Google AdSense, dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara aktivasi fitur OpenID blogspot blogger. Pertanyannya, Apa itu OpenID? dan kenapa fitur ini kalau ingin di gunakan harus diaktifkan terlebih dahulu?

OpenID dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai Pengguna Terbuka. Fitur ini terdapat dalam Blogger yang dapat digunakan untuk berkomentar di blog berplatform Blogspot. Atau mungkin di platform lain juga ada, saya kurang tahu persis.

Apabila anda ingin berkomentar di blog, ada banyak pilihan komentator sebagai (i) Anonymous, (ii) Name/Url, (iii) OpenID, (iv) AIM, (v) TypePad, (vi) WordPress, (vii) LiveJournal, dan (viii) Google Account. Jika anda berkomentar dengan menggunakan Google Account, maka link komentator akan mengarah ke akun Google anda, misal Profil Google+ atau mungkin Profil Blogger. Namun, jika anda berkomentar sebagai OpenID, maka link komentator akan mengarah ke Homepage Blog anda. Sehingga blog anda bisa memperoleh backlink gratis dari hasil komentar anda. Bagaimana? Menarik kan? hehehe :)
Cara Mengaktifkan dan Verifikasi OpenID Blogger
Namun, sebelum anda menggunakan OpenID untuk berkomentar, terlebih dahulu anda perlu mengaktifkannya. Bagaimana caranya? Berikut saya jelaskan tentang cara aktivasi fitur OpenID blogspot blogger. Silahkan perhatikan secara seksama.

Cara Mengaktifkan dan Verifikasi OpenID Blogger

1. Sign in ke Akun Blogger

2. Masuk ke Dashboard > pilih menu Template > pilih Edit Template

3. Silahkan cari kode <head> dengan cara tekan Ctrl + F, maka akan muncul kotak pencarian. Masukkan kode <head> pada kotak pencarian dan kemudian tekan Enter.

4. Setelah kode <head> sudah ketemu, silahkan letakkan kode berikut ini tepat di bawah kode <head>

<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='http://cara-ririn.blogspot.com/' rel ='openid.delegate'/>

Keterangan:
Ganti kode http://cara-ririn.blogspot.com/ dengan url blog anda

5. Klik Save dan lihat hasilnya.

Untuk memastikan apakah sudah berhasil atau belum, silahkan uji coba menggunakan OpenID untuk berkomentar di blog ini atau di blog anda sendiri. Jika berhasil, maka tampilan komentar akan seperti screenshoot berikut ini.
Contoh Komentar dengan Menggunakan OpenID Blogger
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mengaktifkan dan Verifikasi OpenID Blogger. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya di blog ini tentang Macam-macam Komentar Spam dan Dampaknya. Semoga dapat bermanfaat. Kalau ada salah-salah kata, saya mohon maaf ya. Thanks for visit and comment in this post.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

69 komentar:

Ucu nurodin said...

pertamax bukan ni, kalo d wp bisa ga ya komentar pake banyak akun kayak blogger

Kang Ucup said...

artikel ini bisa menjadi jawaban bagi mereka yang masih bingung karena belum bisa berkomentar menggunakan OpenID. habis membaca artikel ini pasti bilang " ternyata mudah ya " :)

Intan Sudibjo said...

padahal sebelumnya, pake open id tanpa verifikasi pun bisa, tapi sekarang-sekarang mungkin banyak yang menggunakan jadi perlu verifikasi :)

Unknown said...

Kebetulan mbk punya saya tadi gx bisa di gunakan entah kenapa tapi pemberitahuannya kredeensial open id tidak dapat di verifikasi

Anonymous said...

mbak saya mau nanya.
saya kan ambil foto dari http://megamitensei.wikia.com untuk dijadikan posting.
& saya menembatkan foto tersebut di artikel saya disertai sumber di bawah fotonya. Pertanyaan saya Apakah ini legal ? & tidak melanggar hukum ?

Sopala Multapa said...

Mantapzzzz trik'y .. lanjutkannnn

Anonymous said...

klo pstingan sebelumnya ttg komntar menggunakan openID sekarang verifikasi .... tapi seinget saya blog yg yg saya punya sudah belum yah di verifikasi ....hehe

Anonymous said...

Kalau saya tiggal pakai tuh Mba, sudah bawaannya kali, jadi tidak perlu mengaktifkan dan menverifikasi openid.

Salam,

Admin+ said...

Ijin nyimak non info yg sangat bermanfaat...mf buru" sedang dlm perjalanan salam

Unknown said...

Ntar di coba, mau ganti template dulu nih mbak :)

Unknown said...

kok scripnya gak bisa dicopy mbak

wongcrewchild said...

ya neh lagi bnyak yg pake, trims

Anonymous said...

Wah saya sudah bisa nih mbak ririn hehehe :)
mau nanya nih kenapa mbak ririn tumben-tumebanan komentar pake open ID yah? biasanya pake google hehe

Anonymous said...

Terima kasih ya mbak ririn :) saya sekarang sudah bisa awalnya gagal terus hehehe :)

Dwi said...

openID udah bahaya kak, udah mengandung spam. mending pake google+ ajalah, lebih aman ;) hehee

Unknown said...

mantap :)

Unknown said...

Langsung Praktekan :D

Unknown said...

pantesan saya tidak bisa ya mbak la belum di verifikasi jadinya gagal
tapi makasih mbak tak coba pelajari

Anonymous said...

sangat detail sekali tutorial cara mengaktifkan open id .
ijin tes with openid

Anonymous said...

Untuk komentar dengan openid memang sangat perlu ya mbak karena open id alternatif jika url/name tidak tersedia,terima kasih ini mbak untuk yang belum bisa verifikasi pakai open id mudahan dengan tutorial dari Mbak jadi bisa ya Mbak.

Anonymous said...

dari koment2 diatas ada yg bilang pakai open id sdh bahaya karena dianggap spam ma google...bnr ga tuh mba???

DaftarCaraMembuat said...

klo pakai open id dijamin dpt backlink trs kalau pakai profil google+ ttp dpt backlink ga mba??klo ttp dpt backlink berarti sama aja donk mba????

Unknown said...

waduhh.. apa yg salah nih yah ?? kok gagal terus nih nyoban openIDnya ? :(

Aldino Sya said...

hehee.. untung ada backup... pdahal baru di hapusss...

Mas Marnes said...

Wah sangat membantu sekali nie mbak tutorial tentang cara mengaktifkan dan verifikasi OpenID coz sebelumnya saya belum tahu cara berkomentar dengan OpenID suka error gitu, tapi sekarang sih udah bisa berkomentar dengan OpenID. Makasi ya udah share tutorialnya :)

Anonymous said...

langsung dicoba ya mbak ririn . . .

Guru TIK said...

kalo kredensial OpneId gmna mba cara mengatasinya

Nandar said...

Saya dulu pernah daftar Openid tapi sekarang lupa lagi loginnya nih..

Unknown said...

Saya komentar pakai ini saja ya mbak ririn

rumah abu abu said...

Kunjungan siang dari Goresan Kecilku, semoga blog cara - ririn terus eksis di dunia perblogan dan selalu memberikan artikel - artikel yang bermanfaat untuk orang lain :) Salam sukses

Bagas said...

saya pake template mas sugeng dan sudah secara otomatis sudah di pasangin kode openID oleh mas sugeng :D

Anonymous said...

keren mbak ririn

Properti Niaga said...

Nyoba caranya ya Mbak Eka, makasih nih share Ilmunya

Mas Jack said...

ini yang lagi saya butuh kan mbak, soalnya dari kemarin kemarin saya coba pake openid untuk berkomentar di blog blog namun muncull untuk di verivikasi, dan kini nemu dengan sendirinya tutoriale :) matur nuwun mbak :)

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Kata mbak ga suka orang yang ngomel dengan openID malah diaktifkan ama mbak.

Padahal bisa menjadi sarang spam loh mbak.

Kalau ustadz sih memilih akan google aja di blog soalnya masih dapet backlink juga sekalipun tak menuju blog kita terlebih dahulu.

Makasih mbak ulasannya, jangan lupa Mengenal Personal Branding dibaca dan download buku pdf-nya soalnya ustadz susah payah merampungkannya hehe.

Anonymous said...

testing ah............... my Open ID

Anonymous said...

logonya openID gak bisa dirubah ya??

Unknown said...

Selamat sore jelang malam Mbak Ririn hadir kembali saya Mbak
Diartikel yang sangat membantu buat saya dan blog saya yang masih
Belum sehebat blog Mbak Ririni ini. sangat penting dengan Open ID ini
Yah Mbak Blog saya bisa lebih di kenal dan secara langsung bisa dapet
Backlink yang bermanfaat secara alami terima kasih Mbak Ririn :))

Anonymous said...

Sekalaian nyoba karya nya Mbak Rin saya pakai
ID Saya yah Mbak moga berhasil. soalae kemarin
Open ID Saya error pool Mbak. maaf teks nama Mbak
Di atas ada yang lebih maaf gak sengaja Mbak

Mezi Aris Apronny said...

Artikel ini sangat bermanfaat sekali dalam dunia blogger, terimaksih mbak telah sharing. :)

Staff Administrator said...

Ternyata caranya cukup sederhana ya mbak Rin..terima,ksh ya
Oh ya..
Tapi kenapa ya mbak terkadang...kalo menggunakan open Id ini...nama si pengguna ndak ada link nya . Utk di llik...di saat masuk pemberitahuannya di inbox email.. :)

Anonymous said...

Test.. :)

Gupitan said...

Terimakasih mbak tipsnya, sudah berhasil :)

Unknown said...

makin keren2 aja tipsnya mbak :D

Tiara said...

Open ID itu apa yah Kakak?

Anonymous said...

waah pantas saja saya sering eror comentnya klw menggunakan open ID ternyata karena belum saya verifikasi, :D
thanxs cara-ririn sudah berbagi info

Anonymous said...

saya cuba komen guna open id.. :D

Mizz Aiza said...

tapi tiada avatar yang muncul ya jika comment menggunakan open id?

Anonymous said...

kalau yang gagal berarti harus ganti template ya.. hihihi sedih banget..
saya tes kembali pakai open ID

Unknown said...

Beberapa waktu yang lalu saya sempat memakai cara seperti ini tapi gagal, tapi waktu saya hilangin malah bisa, apa karena pengaruh nama domain juga ya mbak Rin...???

Unknown said...

Nice post
(y)

Update Campuran said...

langsung praktek, tp kok ga bisa ya :(

Anonymous said...

berguna buat yang pake blogger..
cuman saya pake WP pak.
hihihii :D

Anonymous said...

Ga bisa di copy mba broww.. :D

Unknown said...

kenapa yah meskipun sudah verifikasi dan mengaktifkan open Id saat berkomentar kadang bisa kadang nggak bisa, nggak tahu kenapa...

prasojojoo said...

hueee hueee huueeeee,,, blognya mbak ririn emang jossss,,, kadang susah juga lewat hp,,,,,,

vlog media news said...

Siip deh cara aktipkan Open ID nya ntar ta cobanya nya gan..

Fahrizal Mukhdar said...

Open id. Memang buat berkomentar jadinya lebih praktis dan nggak membuat pengunjung kita dua atau tiga kali melalui halaman lain menuju home page kita ... hehe...

Anonymous said...

Saya sudah pasang cara ini di blog saya mbak :D

Unknown said...

Lho punyaku dulu tanpa di vertifikasi sudah bisa komentar pakai open id rin..
Tapi nggak tau kalau sekarang.. Aku nggak pernah nyoba lagi
Aku lebih suka berkomentar pakai profil google.

paridah said...

info yg sangat bagus...terima kasih berkongsi...

Anonymous said...

Aku dah aktif :D hihi

Anonymous said...

tapi katanya banyak ditibulkan spam dari komentar yang pakai OpenId... begitu master... ( mungkin masih mitos)

tapi saya penasaran aha mau tes open id saya eheheh

Unknown said...

terimakasih informasinya...artikelnya banyak memberikan pengetahuan yang bermanfaat

Awam Store said...

mbak saĆ½a belum Verifikasi OpenID di blog saya, tapi kok sudah bisa berkomentar menggunakan OpenID? Mohon pencerahannya, Terimakasih, , ,

dear anies said...

terima kasih kerana berkongsi...

Anonymous said...

info yang bermanfaat.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

#satu untuk semuanya, sepertinya openID anda error atau bermasalah, karena link tidak menuju ke url blog anda, melainkan menuju ke url situs lain. Silahkana bisa diperbaiki lagi, agar tujuan anda cari backlink tidak sia-sia :)

Anonymous said...

Hehehe...jadinya saya malu sendiri.
Banyak terima kasih atas tanggapan dan informasinya.
Betul sekali, ternyata Open ID yang kemarin ada yang error.

Post a Comment