Tips Mengatur Jadwal Ngeblog

Tips Mengatur Jadwal Ngeblog Aktivitas ngeblog merupakan sebuah hobby bagi sebagian kalangan. Ada juga yang merupakan kebutuhan hidup, bahkan ada juga yang merupakan sebuah pekerjaan. Apapun itu, pasti setiap orang, yang dalam hal ini para blogger, ingin sekali selalu aktif dan eksis ngeblog setiap harinya. Namun, sering kali kita terkendala oleh aktivitas-aktivitas dunia nyata yang bisa dibilang cukup padat dan tidak bisa ditinggalkan.

Untuk itu, kita perlu menyiasati agar aktivitas ngeblog bisa konsisten dan juga tidak mengalami pasang surut. Sehingga harapannya, jumlah trafik blog tidak turun, ranking alexa dan Google Pagerank bisa naik, dan jumlah follower blog bisa terus bertambah. Bagiamana caranya? Berikut saya jelaskan cara mengatur kegiatan ngeblog agar konsisten. Silahkan simak baik-baik ya.

Oh iya, jangan sampai ketinggalan posting yang relevan tentang Cara Mengelola Blog dengan Baik dan Benar.
Tips Mengatur Jadwal Ngeblog
Image by colourbox.com

Tips Mengatur Jadwal Ngeblog

1. Fokus Membuat Artikel 7 Buah
Anda bisa meluangkan waktu anda dalam satu hari khusus untuk membuat/menulis 7 buah artikel. Kapan saja boleh. Misal malam hari atau mungkin siang hari. Dalam satu minggu tersebut, silahkan ambil waktu 1 hari khusus untuk membuat 7 artikel. Artikel yang berjumlah 7 buah ini untuk satu minggu ke depan.

2. Setting Terjadwal 7 Artikel Secara Otomatis
Nah, apabila 7 buah artikel tersebut sudah anda buat, jangan langsung diterbitkan pada hari itu juga. Akan tetapi anda perlu melakukan setting schedule agar posting tersebut bisa diterbitkan secara terjadwal, yakni 1 hari 1 artikel yang diterbitkan di blog anda selama 1 minggu. Hal itu ternyata lebih baik hasilnya dan saya sendiri sudah merasakannya. Ngeblog jadi terasa ringan dan nyaman. Silahkan pelajari lebih kanjut tentang Cara Menjadwal Waktu Publikasi Artikel Postingan di Blogger.

3. Sisihkan Waktu 3 Jam untuk Blogwalking
Ketika anda sudah mempunyai stok 7 buah artikel yang siap diterbitkan setiap hari, anda hanya perlu fokus saja untuk blogwalking setiap hari. Tidak perlu banyak-banyak waktu yang anda gunakan untuk saling sapa dengan sahabat blogger, tapi cukup 3 jam untuk aktivitas blogwalking setiap harinya. Silahkan baca selengkapnya tentang Tips Melakukan Blogwalking agar aktivitas blogwalking anda berjalan dengan lancar dan bisa membuahkan hasil optimal.

Notes:
Silahkan lakukan langkah-langkah tersebut secara konsisten selama satu tahun. Anda akan mendapatkan hasilnya. Yakni trafik blog akan meningkat secara tajam, dan ranking alexa juga akan semakin ramping (Baca: Cara Merampingkan Alexa). Selain itu, blog anda juga berpotensi akan mendapatkan hadiah pagerank dari Google.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Tips Mengatur Jadwal Ngeblog. Setidaknya tips ini merupakan pengalaman pribadi dan saya share aja untuk anda. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Terimakasih banyak atas perhatiannya. Jangan lupa baca juga posting menarik lainnya di blog saya tentang Cara Mendesain Blog yang Baik dan Benar. Good luck and happy blogging.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

68 komentar:

Ucu nurodin said...

wahh sis bner tuh harus gtu biar bisa santay, dan ada wktu buat blogwalk ya sis,

Mas Marnes said...

Wah artikelnya bermanfaat nie dan patut dicontoh agar gak keteteran dalam blogwalking sehingga ngeblog pun terasa santai...makasi mbak udah share tips cara mengatur jadwal ngeblog yang bermanfaat ini :)

dita said...

kalau aku susah cari ide buat bikin artikel nya mba. hehe

Anonymous said...

Saya setuju mbk memang sangat sibuk bila harus membuat artikel setiaphari dan harus blogwalking setiap hari :D

Unknown said...

Selamat pagi Mbak Ririn Tips ini sangat bermanfaat untuk di baca
Walaupun sangat lumayan juga untuk di kerjakan yah Mbak pada
Oint no 2 Seting Terjadwal artikel otomatis sekaligus saya rasa bukan
Pekerjaan yang Mudah dan semua orang mampu melakukanya
termasuk saya. Karena untuk membuat artikel yang bermanfaat saya
Butuh waktu yang cukup lama. kecuali artikel yang asal-asalan.
Terima kasih telah memberi pandangan tentang waktu untuk ngeblog
Dan untuk lebihnya mungkin para Sahabat sendiri yang menyikapinya
Yah Mbak Rin.? Salam Hormat dan salam sukses.

Unknown said...

bener mbak,memang harus meluangkan satu hari aja untuk membuat artikel banyak sehingga blog tetep rame pengunjungnya,kalo saya membuat artikel banyak pada hari minggu saja

Rz Bot said...

dapat ilmu lagi nih,, dan saya baru tahu kalau postingan bisa di jadwalkan secara otomatis :)

Masnady said...

hehehe membuat satu artikel saja kadang bingung mau membahas apa mbak.. padahal blog saya gado gado yang notabene banyak banget tema yang bisa saya posting, namu kok ya masih susah ya mbak..

pantesan blog mbak ririn bisa update tiap hari, ternyata 7 artikel dalam satu hari ya mbak.. luar biasa deh mbak ririn ini. dan posting secara otomatis lagi.. di tinggal tidur blognya udah posting sendiri ya mbak.. hehehehe...

kalau untuk blogwalking sih saya belum bisa menyisihkan waktu mbak, karena saya pake hp ya bw nya bisa kapan saja dan di mana saja, kadang pas kerja dan lagi istirahat, ambil hp buka blog dan bw, kadang lagi nongrong di caffe (warung kopi) bisa sambil bw hehehehe...

Intan Sudibjo said...

memang jadwal ngeblog harus terjadwalkan supaya plan atau pekerjaan yang lain tidak terbengkalai. :)
nice tips , thanks

Unknown said...

Untuk yang ini masih susah mbak..la buat satu artikel saja saya masih susah kok perlu menguras pikiran....tapi lagi di upayakan nih

Indra Kusuma Sejati said...

Untuk mengatur wksatu bagi pemula mungkin tidak mudah mba, apalagi saya. Karena dalam hal membuat atikel saja nunggu waktu mood yang tepat, krena artikel itu kan bukan hanya sekedarnya saja. kalau sudah banyak artikel yang kta tuiskan memang palis mudah untuk mebuat artikel sambil mengoptimasi halaman dengan cara tips mengatur jadwal ngeblog seperti di atas tersebut.

Salam,

Afrid Fransisco said...

blogger memang hebat.., udah gratis, canggih dan bisa bikin jadwal lagi ya mba.

Unknown said...

Pagi rin...
Terima kasih atas share pengalaman pribadinyaaa...
Itu memang jadwal yang bagus..

Tapi aku belum bisa melakukannya rin hehee

Indra DP said...

thanks udah share mbak..
sangat bermanfaat bagi pemula separti aku..
ditunggu kunjungannya mbak.. :D

http://indradp-share.blogspot.com/

Unknown said...

wahhh keren juga nih mabk ilmu barunya hihi mantabbb dahhh :D
saya jadi tertarik nih kpengen coba hehe

Kang Ucup said...

kalau saya pol pol nya 1 artikel per hari. itupun kadang-kadang. karena untuk blogwalking saja memakan waktu hingga 8 jam-an :)

Anonymous said...

Yang susahnya mbak memikirkan apa yang harus mau diposting mbak,kalau sedang banyak diposting enak sekali tinggal mengatur jadwal publish postnya :)

Staff Administrator said...

Memang menulis dan berbagi lewat pengalaman sendiri lebih lengkap dan luas pemahamannya mbak Rin... :)
Sip deh coba sy terapkan..tips bagus ini..biar blognya rame kayak blognya mbak Rin :)

Mang Lembu said...

tips nya sangat jitu, cuman sehari bikin 7 artikel....hadeuh, ngga nyanggup sayah mah....bikin satu azh idenya sering mentok tembok....;o)

rumah abu abu said...

Tips yang bagus mba ririn, selama ini setiap mosting artiekel saya tidak terjadwal. setelah selesai menulis saya langsung ngepost. info yg bermanfaat :) Makasih sharingnya mba.. hehe

Unknown said...

Trik ini sangat cocok untuk sahabat2 yang super sibuk tapi tidak ingin meninggalkan blog kesayangan, mantap mba Ririn..

Dwi said...

waaah makasih mba artikelnya :) ini yg saya cari cari ;)

Unknown said...

saya lebih suka menulis dan mempublish secara live aja mbak. karena kalau nulis dan publish-nya dalam satu waktu, bisa autoshare lke G+ dengan disertai cuplikan paragraf awal, bagi saya ini lebih menarik. tapi bagi yang merasa waktu ngeblognya terbatas memang teknik mengatur jadwal publikasi ini sangat efektif.

Unknown said...

kalo saya sendiri sih wajib perhari 1 postingan, tapi itu kalo memang sempet ada dirumah kalo tidak ya sebisanya posting, hehe

Blog Kampret said...

Begini loh mbak ririn.
Saya sudah atur waktu misalkan 8 desember jam 06.00
tapi setelah tanggal 8 desember jam 06.00 tapi artikelnya tidak muncul?

tolong bantu siapa saja :'(

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Muhammad Luthfi Itu mungkin masalah nya pada pengaturan waktu di blogger. Silahkan atur waktu blogger dengan waktu jakarta Indonesia. Jangan gunakan waktu pasific :)

Mas Jack said...

mbak ririn mantap infonya. :D mau saya terapkan ah :D

Unknown said...

Info bermanfaat mbak, saya juga sering mengalami masalah dalam hal mengatur jadwal ngeblog,nanti saya praktekkan tips yang disarankan.

Claresta said...

kalau saya ngeblog hanya menggunakan sisa2 waktu luang aja mbak Eka, jadi gak ada jadwal wajib utk ngeblog :)
makanya update saya gak menentu, hehehe :D

Unknown said...

Harus di coba nih, kayaknya dengan cara ini bisa menghemat waktu buat nulis artikel setiap hari, tapi yang jadi masalah, cari ide untuk nulis langsung 7 artikel yang agaknya repot, tapi apa salahnya dicoba :D

Dwi said...

waaah bener juga yaa, kenapa aku ga kepikiran? hemm mungkin efek newbie -_-

Unknown said...

Tipsnya mantap nih mba,,,
kesibukan dunia nyata memang sangat padat sehingga membutuhkan strategi managemen waktu yg mantap juga untuk bisa membagi-bagi waktu... Terimakasi tipsnya....

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Saya juga sering kok mbak menyiasati dengan menjadwalkan postingan.

Malahan sekarang saya punya konsep judul postingan tergantung pilihan terbanyak. Tapi buat sebulan kedepan.

Coba aja ntar mbak lihat, dijaminnya judulnya mantap dari berbagai macam kategori bagi blogger lain pun mampir ya?

Admin said...

garus terjadwal memang benar.
FB juga harus terjadwal, hehehehe

baho-punya.blogspot.com said...

saya sepertinya tidak akan pernah habis2 berterima kasih kpd cara ririn karena setiap artikelnya yg saya baca sangat membantu saya dalam ngeblogg...
hehehehe.. salam blogger cara ririn.

Rafi muhammad said...

mantab sekali :D
manajemen waktu yang baik menentukan hasil akhir

happy blogwalking mbak hehe

Unknown said...

Wah,ternyata kita bisa menjadwalkan postingan secar otomatis juga ya mba
nice post,thanks infonya mba rin :D

Unknown said...

Betul dan memang harus begitu mbak agar tidak bosan-bosannya ngeblog. harus rutin.

hayardin said...

selamat malam Mba Ririn...kalau saya merasa kerepotan untuk membagi waktu mengurus website dengan mengurus blog Pribadi saya Mba... dulu waktu saya belum memiliki website juga selalu membuat postingan satu setiap hari seperti Mba Ririn...

Kang Muroi said...

Wah kalo saya ngeblog masih sesempetnya mba, tapi bisa dicoba tipsnya..

Azlan Strider said...

cadangan yang menarik..boleh cuba juga nanti..hehehe

Regards,
-Strider-

Mezi Aris Apronny said...

Kalau uda di stok sampai 7 artikel, jadi nanti besok-besoknya kita jadi gak perlu nulis lagi, tinggal posting aja perhari, dan kegiatan di offline bisa lebih fokus, wah makasih sob infonya, sangat bermanfaat :)

Hasan A.K said...

mbak mau tanya, mengatur jadwal seperti itu apa tidak apa2? soalnya kalau tidak apa2 saya mau praktekin biar bisa pas dengan kesibukan saya

Unknown said...

Blogwalking yang sering menjadi kendala gan :D tapi semangat dch mulai sekarang :D

Gupitan said...

Kalo sehari 7 artikel terus terang saya ngak sanggup. bisa bisa jari keriting he...
Tp saya setuju, ngeblog memang seharusnya teratur.

Arman said...

nice information mba..:)

Mizz Aiza said...

saya pernah praktikkannya ketika bercuti di kampung.. memang benar terasa ringan..

Meutrap said...

Akan saya terapkan tips di atas, semoga membantu saya.

Mas Andes said...

sipp cara seperti ini memang ampuh untuk meningkatkan potensi blog, saya dulu juga suka cara ini.. tapi sekarang udah ga bisa lagi hohoho..
sipp mbak saya setuju dengan tips di atas :)

Properti Niaga said...

Mantap Tipsnya Mbak Eka, tapi untuk konsisten dalam setahun, mikir juga tuh. Tapi bolehlah dicoba. Makasih

Unknown said...

terus kalau membalas komentar satu per satu apa perlu juga mbak, soalnya susah juga kalau untuk blogwalking sama membalas komentar apalagi kalau cuma punya waktu yang terbatas :)

prasojojoo said...

owowowowooo,, dicoba dehh,,,

Muhamad Wahyu said...

Disela kesibukan saya kuliah dengan tugas yang bertumpuk. Jadwal blog ini masih sangat berantakan. Untuk buat 7 artikel sepertinya ngga mampu x_x padahal itu yang penting.

Anonymous said...

nah ini sudah saya kalau postingan artikel dengan dijadwalkan sudah saya terapkan Master malahan saya buat 30 postingan, buat satu bulan, tapi yang repot tuh blogwalking, kayaknya gak cukup 3 jam kalau malam ngantuk kalau siang kerja, kalau siang buat blogwalking berarti kerjannya cuma 8 jam hehehe... kalau komentar bisa dijadwalkan ada tidak ya caranya xixixiix

Anonymous said...

Cara yang praktis buat yang tidak punya waktu terlalu banyak buat online, tetap eksis pakai pengaturan schedule hehehehe

Unknown said...

tipsnya sangat bermanfaat sekali mbak . . .izin nyimak lah . .

Anonymous said...

patut dicoba mbak ririn, mudah-mudah dgn cara dah tipsnya sy bisa bikin 7 artikel dalam 1 minggu... :)

Unknown said...

bagus mbak, saya sudah lakukan cara ini.. :D

Unknown said...

kalau saya nggak sanggup mbak nyiapin 7 artikel dalam 1 hari, 1 aja udah pusing hehe...

Komarudin Tasdik said...

Blogwalking 3 jam itu yang belum bisa. hiks..hikss

Makasih Mbak, blog dan tipsnya keren :)

Anonymous said...

Tips ampuh nih. Sudah terbukti pada blog cara-ririn yg keren dan hebat ini. Ranking alexanya tinggi banget, hehe....

Agus Supriyono said...

mantap bener mba pengaturan jadwalnya,

Rico Ade Mandana said...

yang bikin susahh itu, gimana caranya menentukan artikel apa yan gakan dibuat gitu mbak :(
apalagi jadwal untuk link building

Anonymous said...

bener juga ya mba..
makasih banget deh .. info nya sangat bermanfaat
saya udah jarang ngeblog lagi nih .. :D

R.M said...

hadir,,,,,,,,,achhhh

Bawang said...

wah bener juga thu..
tapi post saya di blog jarang yang kasi saran/komentar, kira2 kenapa ya?

Nurul Imam said...

Klo saya sih banyak artikel tapi mau publishnya ga punya kuota ::D

Rdk said...

mak jos mbak... sangat bermanfaat

Post a Comment