Kontes SEO - antara Keuntungan, Kerugian dan Resikonya

Kontes SEO - antara Keuntungan, Kerugian dan Resikonya Hi all, jumpa lagi dengan saya di Blog Cara Ririn. Kali ini saya tidak akan membahas tentang tips ataupun tutorial blogspot, melainkan akan membahas tentang hasil review saya terkait dengan kontes SEO. What is Kontes SEO? Adalah salah satu lomba yang diselenggarakan oleh pihak tertentu (perusahaan, individu, penyedia layanan jasa, dll) untuk memperkenalkan, memasarkan, dan membuat nama baik produknya kepada masyarakat netizen.

Kontes ini sudah lama dilakukan oleh berbagai pihak, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Pihak penyelenggara sudah mempersiapkan hadiah kepada para pemenang lomba. Semua orang bisa berpartisipasi pada lomba ini. Nah, biasanya para blogger dan webmaster yang ikut.

Caranya sangat sederhana. Anda hanya perlu cari informasi tentang kontes SEO, baca deadline nya, dan pahami ketentuannya, baru kemudian menulis artikel review di blog anda masing-masing. Setelah itu baru daftar. Nah, apabila anda beruntung, maka anda akan memperoleh hadiah dari pihak penyelenggara kontes. Berminat?
Kontes SEO - antara Keuntungan, Kerugian dan Resikonya
Image by uptodat3.blogspot.com
Mungkin sebagian dari anda sudah pernah ikut kontes SEO, dan mungkin sudah pernah menang. Mungkin ada juga yang belum pernah ikut, atau mungkin nggak mau ikut sama sekali. Semuanya syah-syah saja. Karena interest antara kita tidak sama. Bagi anda yang belum pernah ikut kontes SEO, tidak ada salahnya untuk mencoba nya. Tapi, anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

Keuntungan Mengikuti Kontes SEO

1. Menang dan dapat hadiah
Siapa sih yang nggak suka kalau dapat hadiah? Saya kira semuanya suka. Saya pun demikian. Apalagi hadiah dari kontes SEO. Pasti sangat besar dan biasanya hingga mencapai jutaan rupiah. Namun, untuk bisa menang dalam kontes ini tidak mudah. Postingan blog anda harus berada di halaman pertama Google, dan minimal menempati urutan ke 10. Tentu hal itu bukan hal mudah, karena peserta kontes biasanya jumlahnya puluhan, bahkan sampai ratusan.

2. Uji kemampuan skill SEO
Anda bisa uji kemampuan seberapa besar sih skill SEO anda. Disini yang ikut kontes beranekaragam. Ada yang masih blogger pemula, ada yang sudah master, dan bahkan ada juga yang langganan ikut kontes SEO. Mereka semua berlomba-lomba untuk memenangkan kontes ini. Semua jurus dan teknik SEO dikeluarkan semua, baik itu secara offpage maupun onpage. Kalau anda belum bisa menang, mungkin ilmu seo anda masih rendah, atau mungkin bisa juga belum beruntung. Sehingga anda perlu balajar lagi tentang SEO dan mencoba nya lagi pada kesempatan kontes SEO yang akan datang.

3. Punya pengalaman
Setelah anda ikut kontes SEO, anda akan dapat ilmu banyak. Ilmu yang paling berharga dan tiada duanya adalah pengalaman, karena pengalaman adalah guru yang terbaik. Minimal anda paham tentang apa itu SEO? bagaimana melakukannya? dan manfaatnya untuk apa?

Kerugian Mengikuti Kontes SEO

1. Jadi penulis artikel review gratis
Pernah mendengar bisnis online PTR atau Paid To Review? Itu lho cara dapat duit dari menulis artikel review produk. Ketika anda menulis artikel review PTR, anda akan menyisipkan link ke situs tertentu dan dalam artikel tersebut membahas tentang kelebihan dari produk tertentu. Anda akan dibayar dengan bayaran yang bervariasi pada program PTR tersebut setiap artikel yang anda tulis di blog. Bahkan bisa mencapai 100 ribu rupiah ($ 10 USD) per artikel.

Kalau anda ikut kontes SEO, anda juga diwaibkan menulis artikel review dengan topik tertentu yang sudah di tetapkan oleh pihak penyelenggara kontes. Bedanya dengan PTR adalah artikel anda tidak akan dibayar kalau kalah kontes SEO. Kalau menang, lain lagi ceritanya. Tapi kalau PTR, pasti dibayar artikelnya.

2. Pasang banner iklan gratis
Biasanya peserta kontes diwajibkan memasang banner situs pihak penyelenggara kontes di blog masing-masing. Kalau trafik blog anda rendah sih tidak masalah. Tapi kalau trafik blog anda tinggi, anda rugi besar, karena banner tersebut dipasang secara gratis di blog anda. Padahal, apabila space di blog anda di sewakan oleh advertiser, maka anda akan mendapatkan uang. Baca Cara Mendapatkan Advertiser di Blog Anda.

3. Melakukan spam dimana-mana
Untuk mendapatkan posisi yang bagus di SERP Google, anda pasti melakukan optimasi SEO secara offpage. Banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya submit artikel ke social bookmark, melakukan ping, berkomentar di blog lain, dan lain sebagainya. Kalau optimasi nya secara wajar sih tidak masalah. Yang jadi masalah adalah melakukan spam dimana-mana. Anda mungkin tidak rugi, tapi blog lain yang diberi komentar spam yang akan rugi besar.

4. Rugi waktu, tenaga, dan fikiran
Kalau dipikir-pikir anda akan rugi waktu, tenaga, dan fikiran apabila ikut kontes SEO. Kok bisa? Iya soalnya anda mengadu nasib yang belum jelas hasilnya. Bagaimana jika pihak penyelenggara kontes kabur? Bagaimana kalau anda kalah? Tentu faktor keberuntungan yang sangat berperan dalam hal ini.

5. Topik artikel cepat out of date
Biasanya rentang waktu kontes SEO bisa berbulan-bulan. Ketika masa kontes tersebut dilaksanakan, keyword tersebut banyak dicari orang, terutama yang sama-sama ikut kontes. Nah, kalau kontesnya sudah berakhir maka sudah tidak ada lagi orang yang mencari informasi terkait dengan topik atau kyword tersebut. Baca lebih lanjut tentang Penyebab Artikel / Postingan Blog Hilang dari SERP Google.

Resiko Mengikuti Kontes SEO

1. Siap kalah
Yang namanya lomba, pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Ketika anda memutuskan untuk ikut lomba, anda harus siap menerima hasilnya baik itu kalah ataupun menang. Kalau kalah, siap-siap gigit jari, alias anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Mungkin anda belum beruntung.

2. Blog berisiko dihapus pihak Blogger
Hati-hati dalam melakukan optimasi SEO pada blog anda. Jangan sampai anda melakukan over optimasi. Karena hal itu menyebabkan blog anda berisiko di hapus pihak Blogger. Baca selengkapnya Penyebab Blog di Hapus Pihak Blogger.


Demikian review sederhana dari saya tentang Kontes SEO - antara Keuntungan, Kerugian dan Resikonya. Semoga dapat bermanfaat. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya. Oh iya, jangan lupa baca juga Cara Cek Blog yang di Banned Google dan Google AdSense. Thanks a lot.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

50 komentar:

Anonymous said...

pertamax...
belum pernah ikut kontes SEO nech mbak ririn
terima kasih info nya

Mas Marnes said...

Mengikuti kontes SEO ternyata ada untung dan ruginya juga ya mbak, saya mah belum pernah ikutan yang namanya kontes SEO. Terimakasih mbak Rin udah sharing infonya :)

Dwi said...

kontes seo ada ruginya juga yaak, hemm makasih mbak udh berbagi

Unknown said...

biasanya yg ngikuti kontes seo jarang memikirkan kerugiannya,,, karna biasanya mereka lebih mencari pengalaman dan sekedar uji kemampuan hehe

Ucu nurodin said...

wah itu mah jatahnya webmaster aja hadiahnya

Mizz Aiza said...

banyak sekali contest SEO yang dianjurkan sekarang.. namun saya belum bersedia untuk mengikutinya.. risiko blog dihapus itu sungguh menakutkan saya.. perlu berhati-hati menulis kata kunci untuk artikel ya..

Anonymous said...

Kerugian mengiku kontes SEO itu memang merugikan dan menyebalkan. Saya juga pernah megikuti kontes pertama artikel saya rangking 1 setelah beberapa hari kemudian menjadi turun.

Saya terus mencari backlink agar naik lagi ehh ternyata sia-sia dan menguntungkan ke pembuat kontes dan benar kata mbak ririn blognya juga beresiko di hapus karena byk mengulang kata/spamming :(

Terima kasih master tutorialnya :)

Unknown said...

kalo saya milih gak ikutan, karna takut kebened adsense saya

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

Saya kurang jago main SEO...

Guru TIK said...

wah resikonya berat ya mbak kalo kalah

Anonymous said...

jadi lebih baik ikut atau tidak master? ^_^

rumah abu abu said...

Kayaknya perbandingan antara keuntungan dan kerugian persentasinya lebih besar kerugian, :(

Mezi Aris Apronny said...

Ternyata ada untung dan ruginya ya mbak..
Bener juga, jika over optimasi dan banyak melakukan spam, akan beresiko dihapus pihak blogger. :)

Unknown said...

bener mbak ririn, dihapus blogger.. itulah yang bikin suram ... hehe ... sangking semangatnya inyong pernah ngalamin ... ngeri ah ..

Anonymous said...

Kalau saya Mbak tidak pernah ikut kontes SEO mbak lebih baik biasa-biasa saja karena lebih jadi blogger yang biasa dan biasa saja :)

Ahlun Nazar said...

Benar mbak, makanya mulai dari sekarang saya tidak menikuti lomba seo lagi :)

Elfrida Chania said...

Jadi mikir dua kali ya untuk ikut kontes SEO hehe

Unknown said...

Kayaknya lebih banyak ruginya nih kalau ikut kontes SEO ya, say juga baru tahu tuh kalau ruginya teryata lebih banyak :(

Anonymous said...

Hehe saya malas mengikuti kontes seo, hehehe, tapi ada keinginan juga karena mampu mengasah skill.

Anonymous said...

thanks gan infonya, bermanfaat buat saya yang masih newbie

Anonymous said...

boleh juga ikut... buat nambah - nambah ilmu juga toh neng ririn ...heee

Djangkaru Bumi said...

pada umumnya blog yang ikut kontes SEO akan kena tendangan oleh google. Yang namanya blog gratis pasti ada batas yang harus ditaati.

Unknown said...

belum pernah ikut kontes SEO sob,baru tau nih klo banyak ruginya.. hmm,gak mau ikut klo gtu hehe

Properti Niaga said...

Ada yang beginian juga ya, kontes, terus dapat hadiah. tapi resikonya cukup besar juga.

Makasih info menariknya Mbak

Unknown said...

info yang menarik, (y)

Claresta said...

Saya dari dulu belum pernah pingin ikutan kontes seo sist, karena khawatir seperti kasusnya tmn2 saya dulu, jika akan menang pasti ada saja orang yg ganggu dengan segala cara agar postingan kita jatuh dan kalah :P

Bahkan jika hadiahnya besar, link blog kita ditebar pakai oleh seseorang menggunakan auto spammer agar blog kita terkena sandbox google, tujuannya agar blog kita hilang dari serp :P

Tapi paling tidak dapat pengalaman ya mbak, hehehe :D

Unknown said...

kerugiannya lebih berbahaya dari pada keuntungannya mbak haha :D

Indra Kusuma Sejati said...

Untuk mengasah kemampuan dan mecari pengalaman sambil menegtahui tenatnag SEO mungkin hal ini bisa di lakukan, namun biasanya link banner setelah pengumuman segera di cabut dan di bersihkan kembali. Karena resikonya akan fatal terhadap keberadaan hasil kreatifitas artikel yan telah kita susun dan buat di dalam web blog.

Salam,

Anonymous said...

belum pernah ikut kontes seo :)

Unknown said...

Mengikuti kontes seo ternyata cukup banyak resikonya ya,untung saya gx pernah ikut...

Unknown said...

Trimakasih pemberitauannya jadi bisa mikir untuk ikut apa enggak....kalau di tendang mbah google kan ya sayang banget

Anonymous said...

bener banget itu mbak, saya juga pernah merasakannya.. newbie ikutan kontes seo mustahil menang, klo punya ilmu tenaga dalam mungkin bisa menang kali yak :D (just kidding)

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

saya lebih memilih ngga ikut kontes seo mbak,, untuk yang kontes blog saja sekarang udah malas2an, heheh

Kang Ucup said...

lebih banyak kerugiannya dong mbak. tapi untuk mendapatkan sebuah pengalaman, segala resiko harus dihadapi. kalau tidak mau ambil resiko ya tidak dapat pengalaman, sedangkan pengalaman adalah guru yang terbaik :)

Anonymous said...

Wah baru tahu,ada rugi ikut kontes SEO juga ya mbak,nice share thanks infonya mbak rin :)

Unknown said...

Lebih besar ruginya daripada keuntunganya rin...
Apa lagi kalau aku yang ikut lomba SEO..
Sudah pasti kalah

Unknown said...

Saya malah belum pernah sama sekali mbak... ngikutan nyimak aja ya..

Adam Sains said...

Kalau menurut saya sih memang benar banyak diuntungkan pemberi kontes.
Tapi blogger juga bisa berlatih kepekaan google serp-nya.

Ustadz juga mau membuat kontes blog review blog saya yang hadiahnya berupa buku karya sendiri. Dan kupon konsultasi gratis. ^.^

Mas Andes said...

wah ngeri juga ya resikonya kalo ikutan kontes seo blognya bisa di hapus google, takut ah gak mau ikut2an seperti itu. terimakasih mbak pencerahannya :)

Blog Santai said...

Bagus untuk test SEO skils ririn!!!...

Admin+ said...

mantaf non postingnya,,,di lanjut dh selamat malam

Anonymous said...

wah ternyata ada resikonya juga ya ikutan kontes SEO serem banget sampai bisa dihapus sama si mbah gugel, jd mikir2 klo mau ikutan...

Unknown said...

ternyata banyakan ruginya yah mbak dari pada untungnya, saya belum pernah nyoba ikut kontes seo ini mbak, makasih infonya.

Unknown said...

lebih banyak ruginya ternyata.. :D saya ikut Kontes SEO cuma sekali...memenangkan kontes SEO itu gak gampang, saya kira hanya menulis artikel saja, ternyata artikel tersebut harus berada di posisi 1.. :(

Intan Sudibjo said...

sampai sekarang saya kurang tertarik dengan yang namanya Kontes SEO :D

Unknown said...

@Mas intan : sama donk kayak saya hahayy

Adytiya Hari said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

saya blm pernah ikutan kontes seperti ini..jika ingin ikutan inilah wktu yg tepat untuk menguji kemampuan SEO kita.

Unknown said...

dari pada entar enggak beruntung dan rugi mendingan cari amannya aja deh nggak ikut kontes-kontesan hehe...

Anonymous said...

Belum pernah ikut kontest SEO. katanya bisa bahaya buat blog, hehe.

Post a Comment