Kerugian Pasang Iklan Banner Afiliasi di Blog

Kerugian Pasang Iklan Banner Afiliasi di Blog Beberapa bulan terakhir ini saya sering di hubungi oleh orang yang menawarkan sesuatu. Mulai dari tawaran menjadi penulis media massa online, kerjasama bisnis afiliasi, jadi publisher PPC, dan masih banyak lagi. Tapi yang paling banyak adalah tawaran kerjasama bisnis afiliasi.

Seperti kita ketahui bersama bahwa program afiliasi merupakan bisnis yang memperdayakan orang untuk memasarkan produk mereka agar terjual. Ibarat kita adalah sales. Bentuk pemasaran tersebut bisa melalui blog, email, social media, dan masih banyak lagi. Apabila produk mereka laku terjual dari referensi kita, maka kita akan dapat komisi beberapa persen dari harga produk yang terjual tersebut. Nah, bila saldo akun sudah mencapai batas minimal payout, maka kita akan dibayar oleh pihak penyelenggar program afiliasi.
Dampak Negatif dan Kerugian Pasang Iklan Banner Afiliasi di Blog
Image by charlottesiems.com
Kelihatannya sih sangat mudah, tapi prakteknya yang sangat sulit. Bahkan  bisa mencapai berbulan-bulan baru dapat bayaran apabila kita belum mempunyai pengalaman di bisnis ini. Saya kebetulan tidak begitu tertarik dengan bisnis ini. Karena alasan ketidakpastian. Masih mending ikutan bisnis PPC.

Apabila anda pelaku binis afiliasi atau yang biasa disebut dengan afiliate atau mungkin anda baru ikutan program afiliasi, anda perlu mempetimbangkan beberapa hal jika pasang banner afiliasi di blog anda. Karena ada berbagai dampak negatif dan kerugian yang akan anda peroleh. Antara lain sebagai berikut.

Kerugian Pasang Iklan Banner Afiliasi di Blog

1. Mereka dapat Backlink Gratis
Biasanya banner afiliasi bersifat dofollow. Mereka, pihak penyedia afiliasi, akan mendapatkan backlink gratis dan berkualitas dari blog anda apabila anda pasang banner nya di blog. Hal ini tentu saja sangat merugikan jika blog anda mempunyai pagerank tinggi dan punya trafik yang tinggi.

2. Pasang Iklan Banner Gratis
Sama seperti point diatas bahwa mereka bisa pasang iklan banner gratis di blog anda. Jika blog anda sepi pengunjung, itu tidak masalah jika memasang banner mereka. Namun, hal itu berbanding terbalik jika blog anda ramai pengunjung ribuan per hari. Anda akan rugi besar kalau sebagian space di isi oleh iklan gratis. Oleh karena itu, lebih baik pasnag iklan mandiri atau mungkin iklan ppc yang mana keduanya lebih menguntungkan.

3. Loading Blog Jadi Berat
Script banner afiliasi bisa juga memperberat loading blog jika anda memasang nya di blog secara berlebihan. Selain itu, url banner ini tersimpan di hosting situs mereka. Jadi, jika melakukan load banner, maka situs mereka juga akan ter-load juga yang pada gilirannya bisa membuat loading blog menjadi berat.

4. Hasil yang Tak Pasti
Jika penghasilan iklan PPC bisa 1 bulan cair, mungkin bisnis afiliasi bisa berbulan-bulan, dan bahkan bisa juga bertahun-tahun lho. Karena penghasilan binis afiliasi ini hanya dihitung jika ada aktivitas transaksi saja. Jika tidak ada, maka anda tidak akan dapat bayaran. Padahal, pengunjung yang meng-klik iklan banner di blog, itu belum tentu membeli produk mereka. Mungkin hanya melihat-lihat situs nya saja.

5. Lama Menunggu Bayaran
Seperti yang dijelaskan pada point diatas, bahwa bisnis ini merupakan bisnis jangka panjang. Jadi, anda tidak bisa memperoleh hasilnya dalam waktu dekat, malainkan perlu menunggu waktu yang lama. Anda akan dibayar jika saldo akun anda sudah mencapai batas minimal payout.

6. Terikat Sebuah Aturan
Nama nya juga sales pada sebuah perusahaan, pasti terikat dengan berbagai aturan di dalam nya. sehingga anda harus mengikuti aturan main yang ditetapkan oleh pihak penyedia afiliasi. Jadi, anda tidak bebas.

7. Sistem Bagi Hasil
Pada bisnis afiliasi ini sistem yang diberlakukan adalah sistem bagi hasil. Jadi produk yang laku terjual, anda akan mendapatkan komisi beberapa persen dari harga produk tertentu. Sehingga hal itu kurang menguntungkan bagi anda selaku pemasar produk. Lebih baik jual produk sendiri, dan anda akan mendapatkan hasil seutuhnya.

Demikian informasi sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Kerugian Pasang Iklan Banner Afiliasi di Blog. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan terimakasih atas perhatiannya. Jangan lupa baca juga Situs Penyedia Program Afiliasi. Terimakasih atas atensinya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

65 komentar:

Dwi said...

pertamax dlu ah, baru baca artkel :D

Anonymous said...

bener juga yah .... sy bru kepikiran poin2 yang disebutkan diatas .... hmmmmmm

Intan Sudibjo said...

maka karena alasan seperti di atas, saya sudah gk tertarik lagi dengan namanya program afiliasi :D haha

Unknown said...

tapi itu tergantung keyword blog kita mbak, kalo keyword blog tentang humor kan gak cocok dikasi affiliate kesehatan, jadi muncullah pengunjung yang gak tertarget pada pasar affiliate kita, tapi kalo blog bertema kesehatan itu baru cocok sama affiliate obet herbal, jadi pendapatan dari affiliate kita lebih maksimal, itu cuma pemikiran saya

Claresta said...

wah, baru tahu saya kalo bisnis afiliasi serem seperti itu mbak :D mendingan jualan produk kita sendiri aja bisa bebas dan dapat keuntungan seutuhnya ya :)
makasih telah berbagi pengalaman ^_^

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Boleh juga hasil pemikirannya, kalau dilihat dari hasil analisa sendiri memang bisnis affiliasi sangat marak sekarang apalagi dengan embel-embel mesin uang otomatis. Tanpa harus punya website sendiri atau hal lain yang dipermudah. Padahal konsepnya sama MLM sehingga proses pencairan pendapatan bakal tertunda kalau belum mencapai target tertentu. Bukan di dunia maya aj sebetulnya dalam dunia keseharianpun bisnis semacam ini ada dimana-mana.

Tapi kesimpulan yang bisa diakui secara penjualan produk sendiri lebih efektif. Karena identitas kita sebagai pelaku bisnis onlinepun dapat diakui.

Oya, mbak, nanti siang postingan yang mbak pesan bakal ditayangkan. ^.^

Unknown said...

mereka enak.. naikin brand awarness .. kita banyak ruginya ya.. hahha

Unknown said...

Begitu ya mbak saya malah baru tau....trimakasih mbak infonya
berarti nggak menguntungkan di kita ya...

Ucu nurodin said...

wah baru tau kalo banner ada yang bersifat dofollow

Unknown said...

Jadi namabah tau saya nih Mbak dengan artikel ini
Makasih deh Mbak Ririn atas ilmu yang bermanfaat ini
Selamat beraktivitas. terima kasih dan salam hormat selalu :-d

Aldi Rahman said...

Terima kasih infonya mbak. Ternyata kerugian pasang iklan banner afiliasi banyak juga ya :)

Arif said...

ane pilih yang PPC aja mbak.

Unknown said...

Belum kepikiran pasang iklan :)

Blog Kampret said...

Belum berminat untuk memasang iklan apapun mbak hehe :) blog saya belum terkenal dan visitor saya belum ribuan baru 700-san perhari. Jadi saya mau membuat terkenal blog dan banyak PV nya hehe

Unknown said...

dari bnyak nya kerugian yg disbutkan,, mmbuat saya semakin tidak tertarik utk mngikuti bisnis itu..

Gunawan said...

Saya pernah mengikuti beberapa program affiliasi tapi baru satu layanan yang benar2 mendatangkan hasil untuk saya dan blog saya juga. Menurut saya bisnis affiliasi masih lebih aman dijalankan ketimbang program PPC meskipun saya masih menjalani program PPC saat ini untuk blog saya tapi bagi yg sementara ngikut program PPC tidak akan lepas dari rawannya banned pada akun tsb tapi kalau program affiliasi, kayaknya jauh mimpiku untuk dikenakannya banned.

Dari beberapa poin yang udah dijelasin di atas, poin ke empat yg sering saya alami ketika mulai memasang banner affiliasi yg saya ikuti pada blog saya malahan kadang server penyimpanan banner tsb bermasalah dan untuk mengatasi hal itu, banner-nya saya upload ulang di akun Google Picasa saya untuk sedikit mempercepat waktu request http banner tsb. Itu sih pengalaman yg saya dapatkan selama mengikuti program affiliasi.. ^_^

Adhy Suryadi said...

Beberapa waktu yang lalu saya pasang beberapa banner affiliasi, saya kasih rel=nofollow, bannernya saya kompes lagi dan upload di blog sendiri. Tapi itu dia, nungu hasilnya lama banget hehehe... :D sekarang enggak dipasang lagi.

Unknown said...

Menurut saya juga merugikan mbk soalnya walau banyak pengujung yang klik namun tidak membeli produk afliate tersebut kita tidak akan mendapat bayaran...

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Guru TIK said...

banyak klik tapi gk ada yang daftar, sama saja bohong. sistemnya cari-cari orang buat gabung

Unknown said...

wahh , ,izin nyimak aja dulu buat refrensi . .soalnya masih belum pantes dapat promosi . .heehe

Anonymous said...

Benar sekali mbak maka dari itu saya tidak pernah masang iklan afiliasi tersebut karena butuh pengunjung yang berjibun untuk mendapatkan komisi dari iklan tersebut.

Mas Marnes said...

Bisnis affiliasi tidak semudah yang kita bayangkan butuh waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasi dari pemasangan banner affiliasi tersebut sama halnya dengan PPC. Selain kita terikat aturan yang mereka buat juga beresiko memberatkan loading blog kita. Terimakasi atas info dan pencerahannya :)

Unknown said...

Selamat siang Mbak Ririn waktu pagi saya bacanya kurang
Khusu karena buru-buru ketempat kerja sekarag agak nyantai
Harus 4 X Baca atau jika perlu bolak balik terus agar saya
Benar-benar memahami tentang Iklan dan Banner makasih Mbak Rin :-d

Anonymous said...

Mendingan pakai adsense :D

Adam Sains said...

Mbak datang kembali buat ngasih tahu artikel pesanan sudah ditayangkan, silahkan dibaca dan boleh juga download buku PDFnya.

Makasih atas kerjasamanya mbak.

Anonymous said...

jadi sperti itu yaa kerja affiliasi, klw begini buruan delete nih baner affiliasi
thanks mbak eka. :D

Anonymous said...

Setelah saya nanti dapat kesempatan pasang Banner dan Iklan ini
Akan saya pertimbangkan dengan masak al hasil dari artikelnya
Mbak Ririn ini Makasih sekalai Mbak atas info dan berbaginya salam

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

Oke maaf mbak, kalau begitu komen ulang perlu dilakukan. ^.^

Nanti mas ustadz pake akun google kalau begitu, ^.^

lupanama said...

makasih mbak info nya , , ,
blog saya masih sepi jadi belum pernah pasang iklan , ,
bisa buat bekal nnti . . :D:D

Elfrida Chania said...

Malah saya kurang begitu tahu tentang afilasi itu. Setelah baca jadi lebih tahu kerugian-kerugiannya hehe :D

Unknown said...

memang betul juga yah mbak banyak kerugiannya kalau pasang iklan banner affiliasi di blog kita diantaranya loading jadi tambah berat, makasih infonya :)

Admin said...

ada pengalaman baru nih hehehe..

Mezi Aris Apronny said...

Ternyata banyak ruginya juga ya mbak.

Budy Thobil said...

padahal saya baru saja daftar di salah satu penyedia iklan afiliasi...... T.T

Muhamad Wahyu said...

Saya belum ngerti apa-apa tentang iklan karena blogger awal atau pemula hihi. Artikelnya bagus mudah dipahami sis ^^

Fazri said...

wah kalau buat cari penghasilan bisa rugi bandar ya. sama aja kaya pasang iklan gratis.. tapi kalau buat penghias blog sih wajar..

Anonymous said...

wahhh bisa belajar nih ama neng ririn tentang pengiklanan
bisa ajarin gak neng?
pemula nih,,
hehehehehe

dedetea66 said...

ini pengetan baru buat saya yang awam dalam periklanan,baiklah mbak terimakasiuntuk infonya,,,,,

Staff Administrator said...

Kebetulan sy belum pernah tertarik mbak Rin..:)
Dan ternyata benar adanya...lebih byk merugikan dari pd keuntungannya yg di tawarkan
Trima ksh mbak..sdh share and ngingetin kita2... :)

Unknown said...

Selamat malam rin..
Maaf telat.. Yeah terima kasih atas sharenya..
Info berguna banget agar kita lebih berhati hati dan berfikir lagi untuk hal itu

Unknown said...

banyak juga ya ruginya,klo saya lebih suka pakai ppc dan iklan mandiri sob..lebih menguntungkan

Anonymous said...

ternyata masang iklan afiliasi ada ruginya juga :( segera dihapus

rumah abu abu said...

Waduuhh.. saya yang mencoba untuk mengajukan pasang iklan saja masih belum bisa. tetapi dengan adanya artikel ini saya menjadi lebih tahu, kita harus berfikir terlebih dahulu tentang kerugian pemasangan iklan, khusunya tentang iklan banner :) Salam sukses

Arif Abdurahman said...

Banyak ruginya ternyata.

Mizz Aiza said...

ternyata banyak juga kerugiannya memasang iklan banner afiliasi di blog.. lebih baik memasang iklan ppc jika begitu..

Unknown said...

info yang bagus Nice :)

Unknown said...

Saya dulu Sempat mengikuti banyak afiliasi tapi jujur itu tidak efektif sama sekali,,sebulan dua bulan belum ada juga laku dari referensi saya,,Sekarang saya lebih tidak memilih untuk ikut afiliasi lagi,,

Mungkin Bisa saja kita dapat hasil,,tapi perlu extra Promo yang berlebihan,,sementara blog saya waktu itu bisa dibilang sepi pengunjung,,meskipun Banyak belum tentu si pengunjung berminat!!

Blog Santai said...

Thanks ririn...infonya bagus..loading blog kita juga sudah agak berat sekarang kerana beberapa banner iklan yang terpasang...

Anonymous said...

wah wah ilmu baru lagi buat ane nih gan :D

Nurul Imam said...

Jadi malu klo tau blog ini blog sukses :D

Mas Jack said...

waahh, ternyataa :D
untung ae aku belum masang apa apa mbak, :D matur nuwun ingkang katah mbak :D

wongcrewchild said...

sementara nggak pasang dua-duanya masih idealis #sementara :)
info bermanfaat, nanti jika sdah berminat bisa tepat nentuin pilihan, trims mba

Aldino Sya said...

wah...Kak Rin.., marah2 nih..hehehhe
gara2 ..apa tdi y..Kak.. Rin.. !!! (mang jago ngejelasin)

Barusan.. ane dapt tawaran pasang Banner,, tp ane tolak... sama dgn penjelasan di ats.,,

Tau gak..Kak Rin..Gambar bannerny..?

Kantong kresek warna hitam... klo di tiup angin.. postingan ane gak keliatan.. ehehhehhe..

SUKSES SELALU BUAT ADMIN. N PENGUNJUNG BLOG INI.

Anonymous said...

saya malah gk/belum pernah ikutan yang beginian mbak..

Putra said...

Blog saya ga ada iklannya Mbak Rin heheee

Kang Ucup said...

kalau banner lazada sudah dikasih rel nofollow mbak,
saya juga dua buah banner affiliasi dan keduanya berukuran agak besar, memang membuat loading halaman sedikit agak lama, tapi bannernya sesuai tema jadi saya suka :)

Mus Jono said...

banyak juga kerugian pasang barner afiliasi di blog, jadi tambah ga tertarik saia akan program afiliasi gini

Unknown said...

udah dari dulu saya udah gk suka nih yang beginian, gk tau kenapa :(

Properti Niaga said...

Banyak ruginya dibanding hasilnya ya Mbak Eka?

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

untungnya saya agak bersiasat mbak, walau ikut program afiliasi, namun bannernya ngga ada di sidebar tuh, malahan bikin artikel biasa, dan sudah menghasilkan

Unknown said...

makasih sudah memberi penjelasan mengenai kerugian memasang iklan banner affiliasi mbak, sangat bermanfaat untuk menambah wawasan :)

Anonymous said...

betul,
juga terkadang tidak valid tuh htmlnya klo dicek validator :D

Unknown said...

Dulu saya mengikuti beberapa afiliasi namun sekarang masih tinggal satu yang saya pertahankan. Setelah membaca artikel ini saya harus berpikir ulang untuk mengikuti atau melepas afiliasi tersebut. Beberapa faktor seperti : mereka dapat backlink gratis, loading blog jadi berat, hasil yang tidak pasti, lama menunggu bayaran, terikat sebuah aturan, dan sistem bagi hasil menjadi pertimbangan. Terima kasih sharingnya yang amat bermanfaat. Sukses selalu. Salam cemerlang!

Anonymous said...

iklan afiliasiitu kalau di klik gak dapat bayaran ya kecuali kalau ada yang beli produknya... hadeuuuh kalau pasang di blog saya pasti seumur - umur gak ada yang beli heeheh

Post a Comment