Tips Sebelum Membuat Blog

Tips Sebelum Membuat Blog Kenapa anda ingin membuat sebuah blog? Apa tujuan anda membuat blog? Itu harus anda jawab dan perlu anda pikirkan secara matang sebelum anda memutuskan untuk membuat sebuah blog. Membuat sebuah blog memang bukanlah hal yang sulit, tapi yang sulit adalah bagaimana anda mengelola blog dengan baik agar blog anda bisa ramai pengunjung dan memberikan hasil yang optimal.

Tips ini saya buat sebagai panduan dasar bagi anda yang ingin terjun ke dunia blogging. Mungkin motivasi anda beragam, ada yang hanya merupakan tugas sekolah untuk membuat blog, ada yang hanya ikut-ikutan teman, atau mungkin ada yang ingin benar-benar mencari penghasilan lewat blog atau Bisnis Online.

Apapun motivasi anda hendaknya disesuaikan dengan kondisi anda saat ini. Bagaimana skill menulis anda? bagaimana keadaan finansial anda? bagaimana waktu anda? semuanya perlu anda pikirkan terlebih dauhulu. Berikut saya jelaskan point-point penting yang harus anda pahami ketika ingin membuat sebuah blog.
Tips Sebelum Membuat Blog
Image by www.mazlimin.blogspot.com

Tips Sebelum Membuat Blog

1. Tentukan topik/niche blog
Hal pertama yang harus anda perhatiakan adalah preferensi niche. What is niche? niche adalah tema atau topik sebuah blog yang membahas hal-hal spesifik. Ketika anda memilih niche tentang game, berarti yang dibahas dalam blog anda tentang game saja, misalnya game petualangan, game teka-teki, game, olahraga, game tembak-tembakan, dan lain sebagainya.

Apakah niche blog itu penting? tentu saja penting. Karena dengan adanya niche, blog anda bisa jelas kemana arah dan tujuannya. Baca lebih lanjut tentang Tips Memilih Niche Blog. Bagaimana dengan multi konten? saya kira tidak masalah. Karena anda masih tahap belajar nge-blog. Tapi perlu dicatat bahwa blog berbeda dengan social media. Dalam blog, kita sharing pengetahuan dan informasi kepada publik, sedangkan social media itu sharing curhat, foto dan lain sebagainya.

Ada 2 pilihan dalam memilih niche atau tidak. Bila anda ingin mempunyai pengunjung banyak/ramai, pilih blog gado-gado atau blog yang berisis konten campuran. Bila anda ingin mempunyai pengunjung setia, maka pilih blog niche yang spesifik. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Perbedaan Blog Niche dengan Blog Gado-gado.

2. Tentukan url dan nama blog
Point penting berikutnya adalah dalam hal menentukan alamat/url blog dan nama blog yang akan anda buat. Nama blog dengan url hendaknya sama, atau minimal mendekati sama. Buatlah url dan nama blog anda yang unik namun mudah diingat. Unik disini maksudnya adalah url blog beda atau lain daripada yang lain. Tujuannya apa? supaya blog anda mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya.

Contoh url dan nama blog yang unik adalah http://cara-ririn.blogspot.com dan nama blognya adalah Cara Ririn. Contoh tersebut adalah contoh yang baik yakni antara url dan nama blog itu relevan dan unik. Nama blog tersebut mudah ditemukan oleh mesin pencari karena memang unik dan beda dengan blog lain. Selain itu, hendaknya dalam memilih url itu harus pendek. Jangan terlalu panjang. Tujuannya agar mudah diingat oleh anda dan orang lain.

Untuk membantu pemahaman anda dalam memilih url dan nama blog, silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Memilih Judul dan Url Blog yang Baik dan Benar.

3. Tentukan target pemirsa blog
Anda juga perlu memperhatikan pemirsa blog anda. Kira-kira siapa saja yang akan mengunjungi blog saya? apakah orang Indonesia saja ataukah seluruh dunia? apakah semua umur bisa melihat dan membaca tulisan saya? Itu perlu anda pertimbangkan.

Bahasa yang anda gunakan sangat menentukan calon pemirsa blog anda. Misalnya anda membuat blog Berbahasa Indonesia. Bisa dipastikan pemirsa blog anda hanya terbatas pada masyarakat Indonesia, Malaysia, dan Singapore. Namun, jika anda membuat blog Berbahasa Inggris, maka blog anda bisa diakses oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia.

Selain faktor Bahasa, yang tak kalah penting adalah konten blog anda. Jika konten blog anda tentang Tutorial Blogging, maka kebanyakan pemirsa blog anda adalah sesama pengelola blog. Itu jumlahnya sangat sedikit, meskipun semua umur bisa mengunjungi blog anda.

Bila konten blog anda tentang pendidikan, maka pemirsa blog anda adalah siswa, guru, praktisi pendidikan, dan pemerhati pendidikan. Berarti semua umur bisa mengunjungi blog anda. Anda tinggal milih yang mana?

4. Pilih platform yang gratis
Sebagai latihan untuk blogging, sebaiknya anda menggunakan blog berplatform yang gratis. Misalnya dari Blogger atau WordPres. Selain mudah untuk dipelajari, juga anda tidak mempunyai tanggungan untuk membayar biaya sewa web hosting.

Belum tahu cara membuat blog? Silahkan pelajari selengkapnya tentang tata Cara Membuat Blog di Blogger dan Blog Gratis WordPress. Namun, sebelumnya anda harus sudah mempunyai akun E-mail. Bisa dari Daftar Gmail ataupun Buat Akun Yahoo!.

5. Desain blog anda sebagus mungkin
Supaya blog anda terlihat menarik, anda perlu mendesainnya dengan baik. Tujuannya agar anda dan pemirsa blog anda tidak bosan mengunjungi blog anda. Ini membutuhkan skill estetika anda bagaimana membuat performa blog terlihat indah agar sedap apabila dipandang oleh mata.

Biasanya yang sangat mempengarhui performa blog adalah template yang dipasang. Template bawaan Blogger mungkin sangat terlihat sederhana sekali. Oleh karena itu, saya menyarankan anda menggunakan template custom atau template buatan orang lain yang bisa di download secara gratis. Mungkin anda bisa mendownload template koleksi saya disini.

Pasang widget di blog anda secukupnya saja. Prioritaskan widget yang penting-penting saja, agar loading blog anda tidak berat. Silahkan baca postingan saya tentang Cara Mendesain Blog yang Baik dan Benar.

6. Perbanyak baca tutorial blogging
Anda diharapkan banyak membaca berbagai tutorial tentang blogging. Sehingga anda bisa tahu tentang seluk-beluk dunia blogging. Anda bisa tahu tentang peristilahan blogging yang akrab di gunakan. Anda bisa tahu tentang Apa itu SEO, Doffollow Blog, dan lain sebagainya.

Lebih-lebih jika blog anda ingin dimonetisasi, anda harus sangat rajin untuk mempelajari tentang bisnis online di internet. Sehingga anda tidak asal-asalan dalam mempraktekkannya. Apa yang anda lakukan bisa ter-ukur, akurat, dan penuh pertimbangan.

7. Perbanyak membaca informasi yang relevan dengan konten blog anda
Anda diharapkan banyak membaca berbagai referensi sebagai bahan untuk menulis di blog anda. Dengan banyak membaca, maka anda akan memperoleh segudang informasi dan pengetahuan yang men-support dalam pembuatan artikel.

Ini penting untuk diimplementasikan agar anda tidak membiasakan diri untuk melakukan tindakan copy-paste artikel blog orang lain.

8. Latihan menulis secara kontinyu
Sejelek apapun tulisan anda, bila itu hasil karya sendiri, itu lebih baik ketimbang tulisan hasil plagiasi. Oleh karena itu, diharapkan sejak awal anda harus sering-sering berlatih menulis. Mungkin tulisan anda belum bisa baik, karen baru kali pertama menulis. Namun, apabila proses latihan dilakukan secara terus-menerus, maka lama-kelamaan tulisan anda bisa bagus.

Keriteria tulisan yang bagus itu seperti apa? adalah tulisan original yang bisa dibaca dan dipahami oleh orang lain. Itu adalah tulisan yang bagus. Mungkin anda bisa membaca artikel saya tentang Tips Sebelum Menulis Artikel.

9. Tulis artikel yang berguna bagi orang lain
Tulisan yang berguna bagi orang lain adalah tulisan yang banyak dicari. Kriteria tulisan yang berguna untuk orang lain adalah tentang Informasi Penting, Pemecahan Masalah, Tata Cara (Tutorial), dan masih banyak lagi. Bagaimana dengan tulisan tentang Curhat? Bisa dipastikan tulisan tersebut tidak akan dibaca oleh orang lain. Saya jamin pasti tidak ada yang baca, karena tulisan tersebut tidak berguna untuk orang lain.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Tips Sebelum Membuat Blog. Semoga tips sederhana ini dapat memberikan pemahaman kepada anda sekalian yang ingin terjun di dunia Blogging. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

6 komentar:

Hariyanto Wijoyo said...

waktu dan financial sepertinya yang harus dipikirkan, kalau skill bisa terasah apabila rajin menulis kerap dilakukan, dan yang terakhir menjadikan postingan bisa bermanfaat bagi orang lain itu memang sangat luarbiasa....trimakasih sudah berbagi tips yang menarik ini sobat....keep happy blogging always..salam :-)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Benar pak, untuk beraktivitas blogging memang butuh waktu tersendiri, juga perlu biaya untuk koneksi internet. Apabila niat kita setengah-setengah maka kita tidak bisa berhasil :)

Bagus Hermawan said...

Mengonsep blog sebelum membuat memang sangat penting, biar nanti lebih enak jalannya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Betul itu mas, dengan begitu maka arah dan tujuan dari membangung blog menjadi ter-arah dan terstruktur. Thanks ya sudah menambahkan :)

Unknown said...

saya pernah membuat blog tanpa tujuan, akhirnya gak keurus blog nya.. :)

Mbak saya punya masalah tentang Copas, mungkin mbak bisa bantu saya. masalah nya sudah saya buat di Postingan terbaru..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Ya begitulah konsekuensinya apabila tidak jelas dan tanpa pemikiran yang matang sebelum membuat blog. Oleh karena itu, persiapan itu penting :)

Iya nanti saya coba lihat apa masalahnya :)
Thanks ya sudah berkunjung kesini :)

Post a Comment