Belajar dari Pengalaman Pengguna Internet / Internet User

Belajar dari Pengalaman Pengguna Internet / Internet User Pengelola blog yang notabene pemberi informasi harus mempunyai sikap peka dan kritis terhadap segala hal. Tidak hanya peka terhadap konten yang disajikan, melainkan juga peka terhadap apa yang diharapkan oleh pengguna internet, yang dalam hal ini adalah pengunjung blog.

Sudah menjadi suatu keharusan bagi admin blog bersikap legawa terhadap apa yang disampaikan oleh pemirsa blog. Pengunjung yang notabene pencari informasi, pasti mengharapkan apa yang dicarinya bisa diperoleh dengan mudah dan cepat. Misalnya saja mereka menggunakan search engine untuk menemukan informasi tersebut.

Pengunjung bisa berasal dari search engine dan juga bisa berasal dari sahabat blogger sendiri. Selain itu juga bisa berasal dari social media. Bagaimana kesan mereka ketika berkunjung di blog kita? Apakah bisa puas ataukah tidak? Apakah mereka menemukan apa yang mereka cari? Dan apakah blog kita nyaman untuk dikunjungi? Oleh karena itu, perlu kiranya kita mengevaluasi diri agar blog kita bisa lebih baik dari sebelumnya.

Setelah beberapa waktu yang lalu saya share tentang Ciri-ciri Blog yang Disukai Pengunjung. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang belajar dari pengalaman pengunjung blog yang berkunjung ke blog web kita. Berikut adalah uraiannya.
Belajar dari Pengalaman Pengguna Internet / Internet User
Image by techi.com

Belajar dari Pengalaman Pengguna Internet / Internet User

1. Kualitas konten yang disajikan
Ini terkait dengan informasi yang dicari oleh pengunjung. Apakah konten blog kita bisa menyelesaikan persoalan yang dihadapi pengunjung. Mereka berharap, dengan meminta bantuan search engine Google bisa menjawab permasalahan yang dialaminya. Dalam hal ini adalah informasi yang sesuai dengan yang dicarinya.

Hal tersebut dikarenakan, tidak semua postingan blog yang ditampilkan di halaman pertama Google, itu sesuai dengan apa yang mereka cari. Kadang ada blog yang hanya berisi rentetan keyword saja. Bahkan ada juga blog yang berupa Auto Generated Content (AGC). Sehingga, mereka bukan menemukan informasi yang dicarinya, malahan dibuat bingung oleh blog-blog tersebut.

2. Performa blog
Tampilan blog memang bersifat relatif, tergantung siapa yang menilainya. Mungkin menurut pendapat kita (admin blog), tampilan tersebut sudah sangat amat bagus. Tapi ternyata menurut orang lain sama sekali tidak bagus. Oleh karena itu, sebaiknya performa blog di desain sederhana saja. Yang paling penting adalah navigasi lengkap dan widget-widget penting juga lengkap. Silahakn pelajari lebih lanjut tentang Cara Mendesain Blog yang Baik dan Benar.

3. Widget dan iklan
Saya pernah bertanya kepada teman saya. Kebetulan ia tidak punya blog. Tapi ia sering baca-baca artikel di blog/web. Dia mengatakan bahwa dia tidak pernah memperhatikan hal lain di blog yang ia kunjungi selain hanya konten saja. Oleh karena itu, kita harus memprioritaskan konten dari pada widget dan iklan blog, mengingat eksistensinya sangat penting bagi pemirsa blog.

4. Kecepatan respon dari admin blog
Respon admin sangat penting untuk diperhatikan. Pemirsa blog terkadang atau bahkan sering melontarkan sebuah pertanyaan terkait dengan posting/artikel yang ia baca. Mereka berharap bisa memperoleh jawaban atas permasalahan yang mereka alami. Oleh karena itu, diharapkan kita quick respon terhadap pertanyaan pengunjung. Dari situlah mereka akan dihargai dan masalah yang dialaminya bisa terselesaikan. Dengan begitu ada kesan tersendiri bagi pengunjung blog. Bahkan bisa jadi mereka akan visit back di blog kita. Jangan dikira menjawab komentar itu tidak penting. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Mengapa Komentar Blog itu Penting?

5. Loading blog
Kenyamanan pengunjung ketika bisa menemukan informasi dengan cepat dan tepat. Kecepatan disini berupa lama tidaknya loading blog. Ketika loading blog berat, maka mereka akan segera meninggalkan blog kita sebelum halaman blog terbuka. Begitu juga sebaliknya. Apabila mereka bisa mengakses blog tanpa menunggu lama, mereka akan betah singgah di blog kita. Berapa kecepatan loading blog anda? Jika belum tahu, silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Belajar dari Pengalaman Pengguna Internet / Internet User. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga postingan menarik lainnya tentang Ciri-ciri Blog yang Disukai Google. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Terimakasih atas atensinya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

3 komentar:

baho-punya.blogspot.com said...

point - point di atas memang sangat di perlukan bagi orang yang menajdi admin sebuah blogg termasuk saya, thanks mbak sudah berbagi wawasan :)

Unknown said...

Very good sharing, we should learn from user experience.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

ferdon naibaho, iya sama-sama

Smartan Dad, ok ok you're welcome ;)

Post a Comment