Cara Menjadi Guest Blogger

Cara Menjadi Guest Blogger Apakah anda seorang blogger? Apakah anda dan blog anda ingin terkenal? Apakah anda ingin mendapatkan backlink gratis dan berkualitas? Jika jawabannya ia, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi penulis tamu di blog/web orang lain. Hal ini diyakini oleh banyak kalangan sarat akan manfaat. Tidak hanya anda saja (guest blogger), melainkan juga bermanfaat untuk blog yang menyediakan fasilitas guest blogger.

Saya sendiri kebetulan pernah menjadi guest blogger di blog sahabat. Memang benar bahwa ada banyak manfaat yang bisa saya peroleh setelah menjadi penulis tamu di blog tersebut. Tentu saya sangat berterimakasih kepada admin blog tersebut atas kesediannya sudah menerbitkan artikel saya.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas tentang Cara Menambah Jumlah Follower Blog Anda dengan Cepat. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menjadi penulis tamu di blog lain. Berikut adalah point-point penting yang harus anda perhatikan.
Cara Menjadi Guest Blogger, cara menjadi penulis tamu di blog lain
Image by mykitchencapers.com

Cara Menjadi Guest Blogger

1. Anda harus Percaya Diri (PD)
Pertama-tama anda harus percaya diri. Kenapa sikap PD ini penting? Hal tersebut dikarenakan sikap PD akan meningkatkan daya kreativitas dan keinginan yang tinggi akan suatu hal. Sehingga anda bisa menyingkirkan rasa ragu-ragu dan malu-malu kucing untuk melakukan sesuatu. Jika anda percaya diri, maka anda punya keyakinan yang kuat bahwa anda pasti bisa.

Terlebih lagi jika anda ingin menjadi penulis tamu. Diharapkan anda tidak perlu takut dan cemas kalau tulisan anda akan ditolak. Anda perlu menanamkan sikap optimisme yang tinggi bahwa tulisan yang anda kirimkan pasti diterima. Kalaupun gagal, anda bisa menjadikan kegagalan tersebut sebagai pelajaran berharga untuk anda. Dan anda bisa memperbaikinya dikemudian hari.

2. Cari Blog Besar yang Menyediakan Fasilitas Guest Blogger
Langkah selanjutnya adalah mencari blog besar, mempunyai trafik tinggi, dan juga punya pengunjung loyal. Selain itu, pastikan bahwa blog tersebut menyediakan fasilitas Guest Blogger/Penulis Tamu. Karena ada juga blog besar yang tidak ada fasilitas tersebut.

Di Indonesia sendiri, ada banyak blog besar yang menyediakan fasilitas tersebut. Antara lain di Blog Rizkyzone.com, Blogguebo.com, Isnuansa.com, dan masih banyak lagi. Anda tinggal pilih blog mana yang anda suka.

3. Baca dan Pahami Syarat dan Ketentuan untuk Menjadi Penulis Tamu
Sebelum anda mengirimkan artikel ke blog tersebut, diharapkan anda membaca syarat dan ketentuan menjadi guest blogger. Tentu saja antara blog yang satu dengan yang lainnya mempunyai syarat dan ketentuan yang tidak sama. Oleh karena itu, pastikan anda paham terlebih dahulu. Baru kemudian anda bisa membuat kerangka dasar kira-kira topik artikel apa yang ingin anda tulis pada blog tersebut.

4. Tulis Artikel Original sesuai dengan Syarat dan Ketentuan
Silahkan anda menulis artikel original yang belum pernah diterbitkan di media manapun baik di web/blog atau di media cetak sekalipun. Tentu saja, topik artikel yang anda tulis harus sesuai dengan syarat yang ditetapkan oleh penyedia guest blogger. Tulis artikel sederhana dan mudah dipahami serta fresh dan original. Tidak usah banyak-banyak, tapi artikel anda cukup 2 lembar kertas kuarto pada Microsoft Word.

5. Kirimkan Artikel Anda dan Sertakan Url Blog Anda
Setelah anda selesai membuat artikel, silahkan kirimkan artikel anda di blog target. Bisa melalui Email ataupun formulir online. Jangan lupa untuk menyertakan link url blog anda dan juga nama anda. Setelah itu, anda hanya perlu berdo'a semoga artikel yang anda kirim bisa dimuat di blog target.

Bagaimana? Caranya sangat mudah kan? Apakah anda tertarik menjadi Guest Blogger? Jika iya, tidak ada salahnya jika mencobanya. Semoga berhasil ya!! :)

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Menjadi Guest Blogger. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya di blog Cara Ririn tentang Cara Menambah Lingkaran Google Plus dengan Cepat. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

12 komentar:

Supriadi saragih said...

blognya... udah dibalekin...si tante google ya sob.... :)

Djangkaru Bumi said...

Percaya diri ini yang belum aku punya. masih malu dengan tata bahasa dan cara penyampaian yang susah untuk dicerna. Kadang jika aku membaca ulang artikel diri sendiri saja tertawa malu.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

SUPRIADI SARAGIH, alhamdulillah sudah mas

Djangkaru Bumi, thanks sudah share pengalaman

Dhicomp said...

Wah, boleh juga ni dicoba ilmunya Mbak. Mudah-mudahan kami bisa. Terimakasih

Indra Kusuma Sejati said...

Memang enak ya kalau bisa menjadi guest blogger di beberapa blog yang telah memiliki cukup nama besar di dunia blogging.

Salam

Anonymous said...

Mba silahkan untuk daftar di 200dollarptc cara2'y udah saya posting di blog
http://najiahmad.blogspot.com

Unknown said...

sepertinya boleh dicaba ya mbak, karena aku suka menulis, tapi tentunya masih pengalaman baru. seperti mbak wahyu kan sudah pernah berkunjung ke blog aku, kiranya postingan aku enak dibaca atau tidak menurut mbak? mbak wahyu jujur aja, tidak masalah apa2 jika menyebutnya jele, karena aku masih pengalaman baru, tentu saran mbak sangat berarti buat aku.

Unknown said...

nulis masih belajar + pengetahuan masih minim, gak pede ah...
oiya... aku salah kamar gak ya... ko blog yang ini namanya bukan dicintai sih tapi dicuekin... hik.. cuek aja aah...

Unknown said...

wah boleh juga nih dicoba menjadi guest blogger, makasih buat tipsnya mbak :)

Unknown said...

Very good sharing!

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

All, minimal untuk unjuk kebolehan dengan mengirim artikel di blog/web lain apakah artikel kita bagus atau nggak :)

Aldi Rahman said...

saya pernah menjadi guest blogger, meskipun hanya sekali, hehe..

Post a Comment