Faktor-faktor yang mempengaruhi sakit perut






Pada pembahasan kali ini saya mau berbagi mengenai apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perut kita menjadi sakit. Sakit perut merupakan hal yang lumrah bagi semua orang. Namun jagan anggap remeh penyakit perut yang terjadi, sebaiknya kenali dulu apa gejalanya karena kita harus waspada jika hal tersebut menjadi serius. “Secara umum” faktor penyebabnya seperti salah makan, telat makan, kekenyangan, dan lain sebagainya. Berikut merupakan beberapa faktor diantaranya :

Bakteri
Terdapat banyak bakteri di sekitar kita dan tidak terhitung jumlahnya. Jadi jika saat kita akan makan tangan kita kotor atau makanan tidak higenis, hal tersebut amat sangat berpengaruh bagi kesehatan perut kita. Sehingga tubuh berusaha membuang bakteri berbahaya untuk menghindari infeksi. Itulah sebab, mengapa kadang-kadang seseorang mengalami muntah atau mulas-mulas setelah manakan.

Asam lambung meningkat
Hal ini desebabkan karena seseorang telat makan dan menyebabkan asam lambung neingkat sehinga perut tersa sakit hal ini disebut mag (penyakit mag).

Penyumbatan pembuluh darah
Penyebabnya ialah karena ada pengendapan lemak yang terbentuk pada dinding dalam pembuluh darah (arteri) menyebabkan penyempitan saluran.
Setelah makan, saluran usus memerlukan suplai darah lebih banyak.
Saat terjadi penyumbatan, sehingga kebutuhan suplai darah menjadi tidak terpenuhi.
Hal ini dikenal sebagai “chronic mesenteric insufficiency” dan menyebabkan rasa sakit di perut.

Stress
Ketika pikirang sedang stress, pola makan jadi tidak terkendali. Ada yang cenderung makan banyak dan ada pula yang jadi tidak nafsu makan. Saat memilih makanan, orang yang di bebani pikiran tersebut cenderung mengikuti kemauan lidah. Padahal terkadang kemauan lidah dan kebutuhan perut terkadang berbeda. Hal tersebutlah yang menjadi faktor perut sakit.

Sembelit
Ketika seseorang terlalu banyak memakan makanan yang berlemak, dan sedikit makan makanan yang berserat seperti sayur sayuran dan buah buah, maka hal ini terjadi seseorang susah untuk buang air besar.
Dengan sering minum air putih, kita dapat mengurangi tingkat sembelit.


Saran

  • Makan makan yang sehat dan higenis, karena bakteri yang tidak terlihat, siap merusak tubuh kita jumlahnya banyak dan tidak terlihat.
  • Hindari tidur setelah makan karena selain bayak resikonya, hal ini tidak patut di lakukan dan dapat menimbulkan obesitas.
  • Makanlah secukupnya dan jangan berlebihan. Karena sesungguhnya makan cukup lebih baik daripada makan berlebihan.





Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

17 komentar:

Aldi Rahman said...

informasinya sangat bermanfaat sekali, ternyata faktor-faktor yang membuat sakit perut ada banyak, kalau saya mungkin karena stress, makan saya jadi banyak deh :)

Kang Ucup said...

waktu datang bulan juga ya mbak :)

Unknown said...

wah setress jg berpengaruh ya hehe

Ibrahim said...

Baru saja saya sehat dari sakit perut mbak, saat ditanya ama dokter, katanya saya kena infeksi usus, bahaya ya heehee

Mas Donda said...

Buat yang suka makan pedes sering dan banyakin minum air putih...waspada usus buntu tidak boleh juga dianggap remeh..hehehe

Ahlun Nazar said...

Kalau makan-makanan yang pedes, pasti paginya perut saya langsung sakit deh mba ... :(

Unknown said...

hari pertama menstruasi biasanya perut saya suka bermasalah :))

Unknown said...

kalau saya biasanya karena faktor lapar mbak hehehehe

Masnady said...

saya sama dengan komentar di atas.. biasanya sakit perut karena lapar hehehehe

Mas Marnes said...

wah ternyata stress juga bisa mempengaruhi sakit perut ya mbak, karna stress trersebut membuat seseorang jadi gak teratur pola makannya :)

Radja Blangkon said...

kalau aku biasanya karena stres yang lebih mendominan.

Unknown said...

stress juga ikut berpengaruh tho. Baru tahu je

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

VIMAX Pills Asli Obat pembesar & panjang penis Pin BB : 2AC 44 BCA Call / sms: 0856 0795 4414 : http://agenobat69.com/

queenara putri said...

banyak juga faktor peneyebabnya..saya juga baru tahu kalo stress bisa membuat sakit perut.

Unknown said...

biasanya perut saya kalau pagi-pagi sarapan sama nasi uduk suka mules juga

roby said...

Lukki Giveaway tayang langsung!

  Nama pertukaran Lukki sesuai dengan kata "Keberuntungan" karena suatu alasan. Penting, beruntung penting untuk perdagangan yang menguntungkan. Logo transit Lukki adalah Maneki-neko. Dipercayai sebagai karakter Kucing Jepang ini membawa kekayaan dan kemakmuran pemiliknya. Mendaftar pada perjalanan mereka, Anda mendapatkan maskot pribadi Anda sendiri, yang akan menemani Anda dalam perjalanan crypto Anda.

  Tentu saja, transit Lukki bukan hanya tentang Keberuntungan. Mereka telah menciptakan produk inovatif, yang tidak hanya membantu menghasilkan uang, tetapi juga mendukung.

  Tujuan utama Lukki adalah kenyamanan Anda. Lukki dirancang agar Anda dapat memulai perdagangan Anda dengan yang terbaik dan semua yang diperlukan. Nikmati antarmuka terintegrasi dan dapatkan pengalaman dalam perdagangan aset crypto. Berdaganglah di Lukki dan lihatlah mudahnya, perdagangan yang menyenangkan dan jelas. LOT sudah terdaftar di CoinMarketCap.

Post a Comment