Kulit wajah berminyak? Bikin BT

Rata-rata kulit wajah orang Indonesia cenderung berminyak dan berjerawat. Hal ini karena letak Negara Indonesia di lalui garis katulistiwa (panas). Namun ada pula faktor lain yang membuat wajah seseorang berjerawat diantaranya adalah sebagai berikut. Baca juga ya Tips Menjaga Kesehatan Organ Mata

Pola makan
Pola makan yang tidak seimbang dan terlalu banyak makan makanan berlemak, dapat membuat kulit wajah menjadi berminyak. Hal ini karena lemak yang terdapat pada makanan kita akhinya keluar melalui pori-pori wajah karena berlebihan.
Penyebab Kulit Berminyak dan Berjerawat dan Cara Mengobatinya
Faktor keturunan
Faktor keturunan juga mempengaruhi kulit wajah kita jadi berminyak. Biasanya jika salah satu orang tua kita memiliki kulit wajah berminyak, maka anaknyapun akan demikian.

Hormon
Ketika seseorang memasuki masa pubertas, kecenderungan hormon yang diproduksi oleh tubuh kadang tidak seimbang dan salah satu halnya dapat memicu kulit wajah berminyak.

Lingkungan
Lingkungan yang berpolusi tinggi, letak daerah yang panas dan lingkungan yang tidak cocok untuk kulit wajah sesorang juga dapat  meyebabkan kulit sesorang menjadi berminyak.
Sebenarnya kulit orang yang berminyak itu justru baik untuk kesehatan wajah. Orang yang kulit wajahnya berminyak lebih cenderung awet muda karena kulit lebih elastis dan tetap lembab sehingga kulit wajah tidak gersang saat dalam keadaan panas. Namun hal yang membuat kita BT sebenarnya bukan pada minyak-nya melainkan polusi dan debu jalanan yang menempel dan membuat pori-pori kulit tersumbat sehingga kulit wajah tidak dapat bernafas dengan baik karena tersumbat, dan pada akhirnya menimbulkan jerawat jerawat. Jika jerawat pecah, alhasil meninggalkan noda di wajah.

Jadi inti poin-nya yang perlu kita hindari bukan minyaknya tapi debu yang menempel pada kulit wajah kita. Karena polusi sekarang menglobal dan tidak mungkin kita dapat menghindarinya, jadi usahakan untuk kita senantiasa menjaga kesehatan wajah kita.

Bersihkan wajah
Kalau ingin kulit wajah yang terhindar dari jarawat-jerawat, maka hal yang harus sering kita perhatikan adalah senantiasa rajin membersihkan wajah. Bisa dilakukan dengan mencuci muka menggunakan facial fom atau tonic pembersih wajah intinya adalah agar kotoran pada kulit wajah terangkat.
Jangan sentuh
Tangan adalah bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan apapun. Kuman dan bakteri banyak terdapat di telapak tangan, jadi jika kita terlalu sering menyentuh kulit wajah maka bakteri dan kuman pada telapak tangan berpindah ke kulit wajah dan menyebabkan kulit jadi berjerawat.

Handpone tidak baik bagi wajah.
Hal ini sangat sangat sangat paling sering sekali terjadi dan terlupakan. Handpone yang terlalu lama bersentuhan dengan pipi dan telinga merupakan penyuplai kuman dan bakteri terbnyak ke dua setelah tangan. Itu karena handpone tidaklah higenis kuman dan bakteri terdapat pada permukaan handpone apa lagi jika handpone yang di pengang oleh orang yang berbeda-beda.

Sekedar saran, sebaiknya jika ingin berbicara dalam waktu yang lama, gunakan headset atau Bluetooth headset selain bisa lebih yaman dan tidak repot, tingkat bahaya radiasi elektoniknya rendah. Jangan lupa baca juga Cara agar blog kita di sukai banyak orang
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

13 komentar:

Anonymous said...

Bener banget tuch seperti yang mbak jelaskan di atas. Apalagi kalau mau meeting, sedangkan kita baru saja dari lapangan dan berpanas-panas an. Tapi kalau di pikir lagi, justru keringat dan minyak yang menempel tersebutlah saya di gaji mbak. Pertamanya bete, tapi akhirnya jadi pede kalau mikir seperti itu hehe. Terima kasih atas informasinya ya mbak, di tunggu informasi menarik lainnya.

Mas Marnes said...

Banyak faktor yang mempengaruhinya ya mbak, tapi saya pernah baca kulit berminyak juga ada manfaatnya katanya, sebagai pelindung dari sinar ultra violet :)

fiu s said...

sy klo wajah berminyak klo pas kena debu yg berlebihan ... hehehe

jemaatplara said...

@Dory.. . haha bisa saja mas. terimakih sudah berkunjung ^^

@Marnes, iya benar mas!! salah satunya itu saya tidak sempat sebutkan itu ^_^ terimakih atas masukkannya.

@Fiu S. kok bisa begitu ya.? XD

Aldi Rahman said...

kulit berminyak memang bikin bt, tapi ternyata baik untuk kesehatan ya, baru tahu saya, keren informasinya, sangat menarik

Mang Lembu said...

padahal ngga usah BT, coba cari sisi positif dari keluarnya minyak di wajahnya, jika hal itu terjadi terus menerus dan berkesinambungan, kan...alangkah lebih bermanfaat jika kemudian di tampng...lumayan buat goreng telor ceplok...

kaburrrr...

Unknown said...

mungkin untuk saya tangan yang selalu memegan wajah yg tamfan ini :)

Staff Administrator said...

Betul juga ya mbak
handphone yg ndak kita sadarin sering nempel di bag muka..
Ternyata byk mengandung kuman2.... :)

Unknown said...

alhamdulillah kulit wajahku bebas minyak

Ahlun Nazar said...

Tapi tentah kenapa dari dulu sampai sekarang loh muka saya tidak pernah jerawatan mba :)

Ibrahim said...

Bete,..bete,..bete banget ya mbak, tapi saya akan coba tipsnya dan semoga berhasil untuk kulit saya ya :D

roby said...

Lukki Giveaway goes live!

  The exchange name Lukki matches the word "luck" for a reason. However, luck is important for profitable trading. The Lukki exchange logo is Maneki-neko. It is believed that the character of this Japanese cat carries the wealth and prosperity of its owner. Register on their exchange, you get your own personal mascot, who will accompany you on your crypto journey.

  Of course, Lukki's exchange isn't just about luck. They have created innovative products, which not only help make money, but also entertain.

  Lukki's main goal is your comfort. Lukki is designed so that you can start your trading channel with maximum comfort and all the necessary tools. Enjoy an intuitive interface and get in-depth experience in trading crypto assets. Trade on Lukki and see how easy it is, pleasant and clear trade. LOT is already registered with CoinMarketCap.

http://bit.ly/2Ss8SS1

SV said...

Dulu saya berminyak dan jerawatan waktu remaja. Sekarang malah kering dan bekas jerawatnya ganggu banget.

Post a Comment