Darimana Datangnya Pengunjung Blog?

Darimana Datangnya Pengunjung Blog? Ketika awal-awal ngeblog, kita tidak tahu siapa saja yang telah mengunjungi blog kita. Mereka berasal dari mana saja? dan menemukan blog kita melalui media apa? Saya sendiri juga heran, padahal artikel hanya diterbitkan di blog dan baru saja dipublikasikan, tapi sudah dibaca beberapa kali oleh orang lain. Dari mana pengunjung blog berasal?

Tentunya ada kepuasan tersendiri jika artikel yang sudah ditulis dengan susah payah, dibaca dan dipahami oleh orang lain. Terlebih lagi kalau tulisan kita bisa bermanfaat, ada kesan tersendiri bagi pemilik blog.

Tapi kita juga perlu menyadari bahwa pengunjung blog belum tentu memberikan komentar atas apa yang mereka baca. Begitu juga sebaliknya, komentator blog juga belum tentu membaca artikel terlebih dahulu. Namun, apabila blog kita ramai pengunjung ribuan perhari, apa kita tidak senang? Pasti sangat bahagia kan? saya sendiri juga berharap demikian.
Darimana Datangnya Pengunjung Blog?
Image by google.com/analytics
Berikut saya jelaskan asal-usul datangnya pengunjung blog. Ini bisa dijadikan referensi yang tepat apabila anda ingin meningkatkan jumlah trafik blog anda.

Darimana Datangnya Pengunjung Blog?

1. Organic Search
Pengunjung blog bisa datang melalui search engine. Dengan hanya mengetikkan keyword/kata kunci/kueri di kotak penelusuran situs search engine, mereka bisa menemukan ringkasan jutaan laman. Apabila mereka mengklik ringkasan laman tersebut, mereka akan menemukan sebuah blog/web. Ada banyak sekali situs search engine yang ada di belantika dunia maya. Silahkan baca Macam-macam Situs Search Engine.

Biasanya mereka (internet user) cenderung mengunjungi blog yang ada di halaman pertama, kedua, dan ketiga halaman hasil penelusuran search engine sampai mereka menemukan informasi yang dicarinya.

Adalah suatu kebanggan tersendiri jika kita (admin blog) bisa muncul blog nya di halaman pertama search engine. Dengan begitu maka besar kemungkinan akan mendatangkan trafik di blog kita. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Agar Blog Muncul di Halaman Pertama Google.

2. Direct
Selain dari search engine, pengunjung blog bisa datang secara langsung. Mereka tidak menggunakan mesin telusur untuk menemukan blog kita, melainkan hanya mengetikkan url blog/web di tab browser yang mereka gunakan. Ini bisa terjadi jika mereka (pengunjung) sudah hafal dengan alamat web/blog kita. Selain itu mereka juga suka dengan blog kita. Mungkin saja karena kontennya berkualitas atau mungkin hal lainnya. Sehingga mereka bisa dikatakan adalah pengunjung tetap dan loyal.

3. Social
Pengunjung blog juga bisa berasal dari social media. Katakanlah misalnya seperti Facebook, Twitter, dan Google+. Apabila kita mempunyai akun jejaring sosial atau mungkin mempunyai fans page, kita bisa mendatangkan pengunjung dari media sosial. Yakni dengan cara melakukan share url posting blog ke jejaring sosial. Maka mereka (pengunjung) akan datang ke blog kita.

Oleh karena itu, diharapkan anda memasang tombol share jejaring sosial di setiap postingan blog anda. Tujuannya adalah untuk memudahkan anda dan pengunjung untuk membagikan posting blog ke social media.

4. Referral
Ini maksudnya adalah ada sebuah situs baik blog atau web yang mereferensikan blog kita. Bisa dari link teks atau banner yang terpasang di sidebar blog, atau mungkin link yang terdapat di komentar blog. Jika mereka mengklik link tersebut, maka mereka akan menemukan dan menunjungi blog kita.

5. Subscribe
Selain 4 point diatas, yang tak kalah pentingnya adalah subscribe. Visitor datang dari aktivitas berlanggan update blog kita. Ini bisa terjadi jika mereka (pengunjung) sudah berlanggan update blog. Bisa melalui widget kotak berlangganan atau mungkin Google Friend Connet atau Blogger Follower.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Darimana Datangnya Pengunjung Blog? Semoga dapat memberikan wawasan dan pemahaman baru untuk kita semua. Jangan lewatkan postingan menarik lainnya tentang Cara Agar Blog Banyak Komentar. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

11 komentar:

Kang Mousir said...

Blog Saya sendiri kebanyakan dari Sosial Media :D

Unknown said...

kalo saya biasanya lewat SN seperti facebook dan twit mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Uda Awak, iya betul mas

Rdk said...

wah kayaknya master seo dicuekin.com.... terima kasih mbak.

Rdk said...

o ya loading blognya cepat, mantab de.

dedetea66 said...

kalau saya merasa pengunjung datang ( tahu ) dari facebook dan sosial media lainya,soalnya saya kurang yakin kalau blog saya ( khususnya ) dari organic search,maklum blognya masih acak-acakan mbak hehe

Unknown said...

kalau blog saya masih sangat baru jadi masih belum memikirkan hal ini mbak ,tapi ini bisa jadi sebuah pelajaran yang berharga nantinya.

Unknown said...

kalau saya sendiri sih lebih tidak memikirkan hal ini mbak tapi kebanyakan pengujung blog saya datang dari sosial media.

Nove Hasanah said...

paling pengen sih, traffic dari organic search. Itu artinye posisi blog kita memang bagus di SERPs

Aunillah said...

Info menarik neh...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

All@ iya thanks banyak ya sudah singgah di blog dicuekin ;) mohon maaf nggak bisa jawab komentar satu per satu ;)

Post a Comment