Cara Menulis Artikel yang Komunikatif dan Enak Dibaca

Cara Menulis Artikel yang Komunikatif dan Enak Dibaca Adalah suatu kebanggaan dan kepuasan tersendiri jika tulisan artikel kita (terutama di blog) mendapat apresiasi yang tinggi dari para pembaca. Sehingga mereka bersedia suka rela untuk memfollow blog kita. Bahkan bisa juga mereka menjadi pengunjung setia lho. Tentu hal itu sangat anda harapkan bukan? Untuk itu penting kiranya hal ini diperhatikan.

Tips ini berbeda dengan tips menulis lainnya. Misalnya tentang tips menulis artikel SEO Friendly. Tips yang akan dibahas ini lebih memfokuskan kepada para pembaca, bukan fokus pada search engine. Disini sangat diperlukan keterampilan anda dalam merangkum, mendesain dan menyajikan tulisan artikel agar tidak hanya sekedar artikel, melainkan sebuah artikel yang bermakna, nyaman dibaca, memikat, dan juga mudah dipahami.
Cara Menulis Artikel yang Komunikatif dan Enak Dibaca
Image by istockphoto.com
Ada beberapa aspek yang perlu anda perhatikan dalam kaitannya menulis artikel yang komunikatif. Setelah sebelumnya saya menjelaskan tentang Cara Membuat Artikel SEO Friendly. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat artikel postingan yang baik dan luwes serta mudah dipahami oleh pembaca. Berikut adalah penjelasannya.

Cara Menulis Artikel yang Komunikatif dan Enak Dibaca

1. Buat Judul Artikel yang Keren
Judul artikel hendaknya dibuat sebagus mungkin. Tidak hanya berupa judul saja, tetapi kalau bisa judul yang menarik minat pembaca. Disini memang tidak semua orang bisa membuat judul yang bagus. Coba anda lihat judul artikel di surat kabar. Pasti kebanyakan judul artikel nya heboh dan kontradiktif. Sehingga pembaca akan antusias untuk membaca artikel anda. Kalau judul artikel anda biasa saja, pembaca tidak mau membaca artikel anda. Bahkan melirik pun nggak mau hehe :D Contoh judul artikel yang keren adalah: Benarkah Facebook akan Tutup Tahun 2014?

2. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami
Penting untuk diperhatikan bahasa yang anda gunakan dalam artikel anda. Sebaiknya anda hindari penggunaan bahasa alay/lebay atau mungkin bahasa gaul. Selain itu juga bahasa intelek juga anda hindari. Hal ini dimaksudkan agar artikel anda mudah dipahami oleh pembaca. Perlu anda ketahui bahwa pembaca artikel blog itu bisa berasal dari mana saja? usia nya berapa? berpendidikan atau nggak? dan masih banyak lagi. Untuk itu sebaiknya anda gunakan Bahasa Indonesia Baku sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

3. Seolah-olah Anda sedang Berbicara
Dalam artikel, seolah-olah anda sedang berbiaca atau sedang menyampaikan sebuah informasi. Ini yang merupakan point yang paling sulit. Disini dibutuhkan latihan khusus dan kontinyu untuk membaca berbagai artikel dan kemudian intensif melakukan latihan menulis artikel.

4. Lengkapi dengan Gambar/Foto
Artikel yang hanya berupa tulisan saja akan terlihat monoton dan membosankan. Sehingga tidak menarik untuk dibaca. Bagaikan sayur tanpa garam jika artikel tiada gambar/foto. Untuk itu, biasakan diri untuk melengkapi artikel anda dengan gambar. Kalau bisa gambar/foto cewek cantik supaya pembaca bisa antusias untuk membaca artikel anda.

5. Sajikan Informasi yang Bermanfaat
Biasanya pembaca akan antusias menbaca berbagai tulisan apabila yang dibaca mereka bisa bermanfaat untuk dirinya. Ini penting untuk diperhatikan dalam kaitannya dengan penulisan posting di blog.

Demikian tips sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Menulis Artikel yang Komunikatif dan Enak Dibaca. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Jangan lewatkan posting menarik lainnya tentang Tips Membaca Cepat di Blog. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya. Wassalam.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

10 komentar:

Muhammad Zainudin said...

sangat-sangat setuju sekali, 5 cara menulis artikel yang hebat, saya juga sedang belajar demikian, namun susah........... :P

Rdk said...

selamat datang kembali cara-ririn... :d

Unknown said...

Setuju Mbk.. selama ini sya juga merasakan sendiri pekerjaan yang paling berat dalam urusan ngblog adalah menyajikan tulisan yang renyah enak dibaca, iya paling tidak pembaca membaca tulisan kita seperti memakan cemilan, umpanya seperti itu. Sya apresiasi Mbk atas tulisannya.. I Like It

Jery Yanuarlan said...

memang sulit ya mbak menyajikan artikel yang enak dibaca dan mudah dipahami ini. saya sudah coba berlatih dengan tips2 diatas, tapi masih mentok dan tak memenuhi kriteria rasanya...kalau baca2 artikel2 lama, suka kepingin ketawa melihat susunan kata-katanya :D

akang sam said...

sorry sob ku jarang berkunjung ke blog ini, moga sukses ja. oia sekali lagi thanks atas share nya

Indra Kusuma Sejati said...

Dengan menulis artikel yang berkulitas kita bisa membangun komunikasi aktif juga ya Mba, di samping artikel yang enak di baca dan juga mudah untuk dimengerti untuk menambah wawasan dan informasi.

Salam

dedaunan hijau said...

semoga tipsnya bisa saya contoh, saya butuh belajar banyak buat artikel yang baik itu hehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Redo Kusuma, thanks ya atas support nya;)

Akang Budi, iya saya sudah tahu sifat anda ;)

All, matur tengkyu atas kunjungan nya ya ;)

Unknown said...

dengan banyak berlatih menulis artikel tentunya bisa semakin baik yah mbak sehingga artikelnya enak dibaca :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Anthonie, iya mas kurang lebihnya seperti itu ;)

Post a Comment