Bingung Pertama Kali Ngeblog?

Bingung Pertama Kali Ngeblog? Sering kali saya menjumpai Sahabat Blogger yang mempunyai permasalahan soal ngeblog ketika awal-awal terjun dan atau baru bergabung di dunia blogging. Saya kira hal ini sangat wajar. Karena umumnya sebagian besar kita mengalaminya, termasuk saya juga. Kenapa kita sering mempunyai kendala? Hal itu dikarenakan kebanyakan kita belajar ngeblog itu tidak ada gurunya, alias kita belajar secara mandiri/autodidak.

Biasanya yang menjadi permasalahan utama terletak pada ingin menulis tentang apa? dan juga bagaimana cara desain blog agar terlihat bagus? Kedua pertanyaan inilah yang membuat galau apabila tidak segera diatasi.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang Cara Memilih Judul dan Url Blog yang Baik dan Benar. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang artikel yang bertema galau saat pertama kali ngeblog?. Berikut adalah point-point penting yang perlu anda perhatikan ketika pertama kali membuat blog.
Bingung Pertama Kali Ngeblog?
Image by andizulkiflinurdin.com

Bingung Pertama Kali Ngeblog?

1. Apa motivasi ngeblog anda?
Anda perlu bertanya kepada hati kecil anda. Apa motivasi anda membuat blog? Apakah hanya sekedar menggugurkan tugas pelajaran sekolah? Ataukah untuk mencari teman di dunia maya? Ataukah untuk mencari penghasilan? Ini semua yang tahu adalah anda sendiri, bukan saya atau mereka. Perlu kiranya anda memantapkan tujuan ngeblog agar apa yang dicita-citakan bisa terwujud.

2. Belajar menulis artikel original sesuai dengan hobby dan minat anda
Ngeblog tidak terlepas dengan yang namanya aktivitas menulis. Apabila anda membuat blog entah di Blogger, WordPress, Blogdetik atau platform lain, anda tetep perlu mengisi blog anda dengan tulisan. Inilah yang biasanya membuat bingung. Saya bingung ingin menulis tentang apa? Anda bebas menulis apa saja di blog anda. Saran saya menulis sesuai dengan minat dan hobby anda. Kalau ternyata tidak bisa, anda juga boleh menulis tentang perjalanan hidup anda, curhat, atau mungkin share tugas sekolah/kuliah.

Disini anda diharapkan menulis artikel original hasil buah pemikiran anda sendiri. Tujuannya adalah melatih sikap jujur dan tidak mencuri karya tulis orang lain. Mungkin tulisan pertama kali anda jelek, tapi lama kelamaan pasti akan bagus kalau anda sudah terbiasa menulis. Disini anda perlu membiasakan diri untuk menulis mandiri. Sehingga ada proses pembelajaran dan anda akan semakin pintar dari aktivitas ngeblog. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Tips Sebelum Menulis Artikel di Blog.

3. Desain blog anda sebaik mungkin
Saya yakin anda ingin sekali membuat blog anda terlihat cantik dan enak dipandang mata. Ingin rasanya pasang semua widget yang bagus-bagus di blog anda supaya bisa mirip dengan blog tetangga sebelah. Silahkan dihias blog anda semenarik mungkin, karena blog anda ibarat rumah anda. Sehingga dengan performace yang bagus, maka tidak akan membuat bosan anda untuk selalu menengok blog kesayangan anda tersebut. Agar anda tidak salah dalam mendesain blog, silahkan baca Cara Mendesain Blog yang Baik dan Benar.

4. Blogwalking
Sebenarnya anda ngeblog itu tidak sendirian, melainkan ada banyak sekali sahabat-sahabat blogger yang menantikan kedatangan anda. Blogger adalah media sosial. Anda bisa berinteraksi sesama blogger satu sama lain. Disinilah indahnya ngeblog. Bagaimana caranya? Anda bisa blogwalking. Yakni dengan cara berkunjung di blog orang lain dan meninggalkan komentar di blog mereka. Disitu anda akan menemukan sebuah komunitas Blogger yang sangat menarik. Ada yang sudah lama ngeblog, dan ada juga yang baru saja bergabung di dunia blogging, sama seperti anda. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu untuk blogwalking, karena manfaatnya banyak sekali.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang artikel yang berjudul Bingung Pertama Kali Ngeblog?. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda sekalian yang baru terjun di dunia blogging. Jangan lupa untuk pemahaman selanjutnya, anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang Tips Sebelum Membuat Blog. Terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

17 komentar:

Claresta said...

saya pertama kali ngeblog bingung cari2 tempatnya login ke blogger, karena lupa setelah sign out dasbor blogger lupa gak saya bookmark, huhuhu :P

Aunillah said...

Sy b4tahun2 br bisa blogging sperti ska4ang

Unknown said...

sama mbak saya juga bingung pertama kali membuat blog,untung suami saya mau mengajarinya,walaupun terkadang nggak cocok dengan keinginan saya hehehe

fiu s said...

ini kya blog yg dulu yah mba ?
oy kalo bingung pertama ngeblog, pergi kerumah sakit ntr bnyak obatnya mba....hehehehehehe

Unknown said...

Blog saya baru saja saya edit templatnya,saya memasang menu navigasi dgn sub menunya tp saya masih bingung cara memasukan artikel ke menu atau sub menu navugasinya...

Unknown said...

kayaknya susah juga untuk mendesain blog sesuai keinginan, diperlukan waktu dan ilmu seputar html kalau tidak malah blognya jadi berantakan dan membuang-buang waktu, makasih sharingnya mbak :)

Unknown said...

selamat pagi mbak ririn , , ,
mantep niyh tipsnya. . .
paling seneng dah kalau blogwalking , , ,
makasih mbak tipsnya

Admin said...

Iya mantep nih mba... sangat membantu. makasih mba.

Yanuar Catur said...

Ane udah jarang BW mbak :((

Unknown said...

beneran mbak, sya msih bingung, cara coment aja msh bingung.
klo sya coment sbagai open ID artinya apa, trus klo coment sbagai April (google) artinya apa... hhhh... mohon pencerahannya mbak.. mkasih

Unknown said...

blog baru itu penting banget diposting original sebanyak mungkin, kata orang :D

Unknown said...

Pengalaman ini saya rasakan dulu pertama kali mengenal blogger Mbak Ririn
Dan kemasan artikel Mbak ini, memberi pengetahuan buat pemblogging pemula
Seperti saya. terima kasih atas infonya yah Mbak Ririn salam sukses

Unknown said...

kalau saya pertaama kali belajar ngeblog malah menggunakan wordpress mbak, kalau pengalaman memakai blogspot yang bingung saat mau melakukan edit template dan penyesuaian tampilannya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

April, sebaiknya pakai Profil Blogger apabila hanya ingin blogwalking. Tapi kalau untuk cari backlink, bisa pakai Name.Url

All, thanks sudah mampir di blog saya ;)

Rdk said...

saya bingung sama google webmaster mbak, parameter url... request donk mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Redo Kusuma, wah saya nggak paham mas soal Google Webmaster ;)

Yayang Wiharja said...

Bener banget Mbak, ini saya juga masih banyak bingungnya. Saya baru belajar ngeblog awal April lalu, aduuh banyak istilah yang gak saya ngerti. Bikin pusiing hehehe. Tapi info-info mengenai blog dari mba, membantu banget buat saya :)

Post a Comment