Kelemahan dan Kelebihan Setting Jadwal Penerbitan Artikel / Postingan di Blog

Apakah anda mempunyai blog? Jika iya, apakah anda pernah menerbitkan artikel di blog secara terjadwal? dalam artian, postingan yang dipublikasikan di blog itu disetting terjadwal secara otomatis. Saya kebetulan sering sekali menerbitkan postingan secara terjadwal. Hal itu saya lakukan setelah saya mengetahui trik tersebut. Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa saya peroleh. Selain itu juga mempunyai kekurangan.

Sebelumnya, saya pernah menjelaskan tentang Cara Menjadwal Waktu Publikasi Artikel Postingan di Blog sebagai panduan praktis bagi anda yang belum tahu caranya dan ingin mempraktekkannya untuk blog anda. Caranya sangat mudah dan tentunya lebih menghemat waktu anda.

Apabila anda pengelola blog dan ingin blog nya di update secara teratur, 1 hari 1 artikel, tentu tidak mudah jika anda tidak mengaplikasikan teknik secara terjadwal. Pasalnya, ide untuk membuat sebuah artikel tidak muncul setiap hari. Kadang pas lagi mood dan banyak ide, kita bisa menulis artikel sampai 3 buah. Dan kadang pas lagi malas dan nggak ada ide, berhari-hari bisa nganggur dan tidak bisa menghasilkan sebuah artikel. Untuk itu, trik menjadwal menjadi solusinya.
Kelemahan dan Kelebihan Setting Jadwal Penerbitan Artikel / Postingan di Blog
Image by tutorialblogspot.com
Sebelum anda mengimplementasikan trik menjadwal, alangkah baiknya anda tahu terlebih dahulu apa kelebihan dan kelemahannya. Sehingga dari situlah anda bisa mengambil keputusan apakah ingin menerapkan trik ini atau tidak. Jika ingin menerapkan tentu harus siap dengan segala resikonya.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas tentang Cara Mengganti Judul Blog. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Kelemahan dan Kelebihan Setting Jadwal Penerbitan Artikel / Postingan di Blog. Berikut adalah uraiannya.

Kelebihan Setting Jadwal

1. Update blog menjadi teratur
Dengan cara setting jadwal, update blog menjadi teratur. Biasanya kita menulis di blog bisa sampai menghasilkan 3 buah artikel. Bahkan bisa lebih. Anda tidak perlu terburu-buru menerbitkan 3 postingan sekaligus di blog. Tapi anda bisa menerbitkan nya secara terjadwal, yakni 1 hari 1 artikel yang dipublikasikan di blog. Terlebih lagi jika waktu terbitnya bisa sama, yakni pada jam yang sama.

2. Bisa mengorganisasi waktu dengan baik
Dengan mengaplikasikan sistem jadwal, anda bisa mengatur waktu anda dengan baik. Yakni kapan waktunya beraktivitas di dunia offline? kapan waktunya menulis artikel? dan kapan waktunya untuk blogwalking. Jadi anda bisa lebih santai untuk ngeblog. Apalagi jika anda sudah punya stok artikel terjadwal 100 buah. Anda hanya perlu blogwalking saja tiap hari, karena artikel sudah terbit secara otomatis.

3. Ranking alexa menjadi bagus
Bila anda menerbitkan postingan secara terjadwal, yakni 1 artikel untuk 1 hari dan pada jam yang sama, itu bisa meningkatkan ranking alexa. Karena alexa cenderung memberikan nilai lebih bagi blog yang frekuensi updatenya teratur, sehingg alexa blog/web anda bisa ramping. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Merampingkan Alexa.

4. Tidak khawatir kalau pas lagi nggak ada ide untuk menulis artikel
Dengan mempraktekkan sistem menjadwal publikasi, anda tidak akan khawatir untuk kehabisan ide untuk menulis artikel. Ketika anda tidak mood untuk menulis, anda bisa melakukan blogwalking, karena anda masih punya stok artikel scheedule di blog. Karena kita pasti tidak tiap hari mempunyai mood untuk menulis. Sehingga hal ini sedikit-banyak bisa meminimalisasi kebuntuan ide untuk menulis artikel.

5. Bisa menerbitkan artikel untuk tahun depan
Inilah kehebatan dari fitur schedule, yakni kita bisa menerbitkan artikel kapan saja. Entah untuk besok, minggu besok, bulan depan, dan bahkan untuk tahun yang akan datang. Sehingga, anda bisa lebih enjoy ngeblognya. Dan tidak khawatir untuk tidak update blognya, karena sistem terjadwal tersebut.

6. Bisa meminimalisasi kendala untuk ngeblog
Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi besok dan atau minggu besok. Misalnya adanya pekerjaan mendadak yang tidak bisa ditinggalkan di dunia ofline, tidak adanya koneksi internet, koneksi internet yang kurang bersahabat, laptop/komputer kita rusak, dan masih banyak lagi. Itu bisa kita siasati dengan cara menjadwal. Sehingga saat kita tidak bisa berselancar di dunia maya, blog akan selalu update tiap hari secara otomatis.

7. Libur ngeblog menjadi lebih menyenangkan
Apabila anda ingin libur ngeblog, anda bisa melakukan trik ini, yakni menjadwal penerbitan artikel di blog. Sehingga, meskipun anda tidak bisa ngeblog, anda tetap bisa update. Misalnya saat hari raya, atau mungkin liburan kerja atau sekolah yang berlangsung 1 minggu atau 1 bulan, dan anda tidak bersentuhan dengan internet, anda bisa menyiasatinya dengan menjadwal postingan anda.

8. Stok artikel anda menjadi banyak
Karena terlalu sering menulis artikel dan kemudian mensetting terjadwal, lama kelamaan artikel schedule menjadi banyak dan terus akan bertambah, dan bahkan bisa mencapai ratusan apabila anda selalu menulis tiap hari tapi artikel tersebut diterbitkan tiap minggu 1 kali. Sehingga ngeblog menjadi terasa ringan.

Kelemahan Setting Jadwal

1. Keterlambatan serach engine dalam mengindeks postingan terbaru
Selain mempunyai kelebihan, ternyata fitur jadwal mempunyai kelemahan, yakni adanya keterlambatan mesin pencari dalam mengindeks posting terbaru blog kita. Sering kali saya mengalami hal itu, yakni artikel yang diterbitkan pada jam 7 pagi, itu baru di indeks sekitar pukul 2 siang oleh mesin pencari. Sehingga kurang menguntungkan bagi blog/wab kita. Namun, apabila blog anda sudah mempunyai follower dan pelanggan tetap, itu tidak jadi masalah, karena pasti akan dibaca oleh pengunjung setia blog anda.

2. Kurang puas karena artikel yang baru dibuat tidak langsung terbit di blog
Biasanya kita akan merasa puas jika postingan yang baru ditulis di entri baru, langsung diterbitkan di blog dan dibaca oleh banyak orang. Dengan melakukan setting jadwal, menjadikan kita harus menunggu kapan penerbitannya sehingga kita tidak puas dengan artikel yang baru kita tulis. Point ini terkait dengan perasaan kita. Pada awal-awal mempraktekkan trik schedule, memang tidak nyaman. Namun, apabila anda sudah terbiasa, maka akan nyaman dengan sendirnya.

3. Topik artikel menjadi Out Of Date
Ini yang kadang tidak bisa kita hindari, yakni topik artikel yang dibahas dalam artikel. Apabila topik artikel bersifat musiman dan atau sesaat, maka anda kurang cocok untuk melakukan jadwal penerbitan artikel. Sehingga trik ini hanya cocok untuk topik artikel yang bersifat abadi atau durasi waktunya lama.

4. Tidak bisa share ke Google+ secara otomatis
Semenjak Blogger dan Google+ mengeluarkan fitur terbarunya, yakni share secara otomatis di Google+, maka kita bisa membagikan postingan secara otomatis di Google+ bersamaan dengan publikasi artikel di blog. Namun, fitur tersebut berlaku untuk artikel yang langsung terbit. Apabila anda mempraktekkan sistem jadwal, maka anda tidak bisa share secara otomatis di Google Plus.

Demikian informasi yang dapat saya informasikan untuk anda tentang Kelemahan dan Kelebihan Setting Jadwal Penerbitan Artikel / Postingan di Blog. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya tentang Cara Mengganti Logo Blog. Terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

23 komentar:

fiu s said...

setiap sesutu pasti ada kelbihan dan kekurangan ... so enjoy saja kn mb ? hehehe

baho-punya.blogspot.com said...

berarti harus di pertimbangkan dulu yaa mbak jika ingin membuat jadwal mempublish artikel. thanks mbak penjelasannya :)

Afrid Fransisco said...

jarang saya pakai fasilitas ini mba..

Unknown said...

salam mbak lama nggak mampir kok ganti domain lagi ya...
saya baru praktek juga untuk publis artikel berjadwal...memang tiak bisa bisa share secara otomatis tapi paling tidak saat kita kehabisan ide menulis masih ada cadangan mbak..makasih salam sebab saya belum bisa aktif untuk saat ini

Unknown said...

Baru tau Mbak Ririn kalau jadwal penerbitan artikel ada
Untung dan ruginya untuk blog, sangat lengkap dan rinci
Saya coba pencerahan ini, untuk di terapkan pada blog saya
Makasih Mbak Ririn :)

Claresta said...

kelemahannya itu yg saya tdk sukai mbak, krn artikel tdk cpt mendapatkan trafik hanya krn menunggu jadwal publish :D

berrmanfaat sekali penjelasannya mbak :)

oya saya mau tanya mbak Rin, bagaimana cara memasang iklan adsense ukuran 160x600 di dalam postingan atas kanan seperti di blog ini dulu :D saya sudah mencoba berbagai cara tetapi iklannya selalu menabrak gambar, hmmm :)

makasih sebelumnya mbak Eka :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

@Mbak Indri, coba mbak indri buka url ini http://www.dicintai.com/2014/02/cara-memasang-iklan-di-bawah-judul-postingan-blog.html

Agar iklan tidak menabrak gambar, silahkan geser gambar ke tengah artikel. Setelah itu, silahkan pilih mode HTML. Silahkan hapus kode script diatas artikel. Klik Publish. Nanti pasti iklan nggak nabrak gambar

Claresta said...

oww gitu ya mbak, skrip di atas artikel itu yg mana kok gak ada, tribidi on itu kan gak bisa dihilangkan mbak :)

kalau cara otomatis tanpa edit satu persatu semua posting gimana mbak :) biar iklan tampil seperti detik com itu, hehehe :D

Unknown said...

biasanya kalau sedang tidak ada acara ke luar kota dan tidak sempat buka internet saya juga menggunakan cara ini

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

saya sudah lihat postingan nya mbak indri, sepertinya nggak ada masalah tentang letak iklan nya. Cuma gambar nya perlu di geser ke bawah lagi agar iklan nya bisa pas.

untuk hapus script, berlaku jika gambar ada di atas artikel, kemudian gambar tersebut di geser ke bawah, jadi masih ada script diatas artikel getu mbak.

kalau di situs detik, itu pakai plugin Google adsense mbak. Jadi, lebih mudah untuk memasang iklan adsense sesuai dengan selera kita, karena bisa langsung ditempel saja iklan nya :) plugin adsense nya bisa dilihat di url ini https://wordpress.org/plugins/adsense-plugin/

Saling indonesia said...

Kunjungan perdana, hehe banyak jg blog mbak ririn, infokan ada berapa lagi hehe,,ternyata punya blog satu saja postingan gampang2 susah mbak, ternyata penting juga ya.. jadwal teratur setiap posting, kalau saya kapan saja, selesai artikel buru2 di publikasikan, sukses selalu

Unknown said...

Wah, melalui posting 'jeng Eka yg ini, habis (babak belur) deh blog saya kena semprot hehehe..., udah posting ga teratur, jarang posting dlsb.. dlsb....
Great post 'jeng. Sukses selalu yaa

Anonymous said...

sudah ada sebulan ini saya menggunakan opsi terjadwal untuk posting artikel,sekarang mentok lagi nih kehabisan ide,hehehe.... sudah ada beberapa draft artikel cuman masih mau di edit lagi,dan sekali lagi mau pake opsi terjadwal soalnya waktu online sangat terbatas sekali..... oh iya templatenya kayak blognya yang lama ya....

Claresta said...

sayangnya di blogger gak bisa diinstal plugin mbak, huhuhu :D oke deh makasih banyak bantuan n sarannya mbak Eka, sementara ini saya pakai iklan yg pendek aja biar gak nyundul gambar dibawahnya :D

Unknown said...

mantap, gak seperti lagi dikejar setoran dengan punya tabungan postingan jadi punya banyak waktu buat main game neh

Ibrahim said...

Saya sudah menerapkan sistem penjadwalan mbak, bagi saya kelemahannya tidak terlalu berpengaruh jika dibandingkan dengan kelebihannya yang sudah saya rasakan.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

All@ Terimakasih banyak sudah singgah di blog dicuekin com ya ;)

Aldi Rahman said...

saya setuju sekali kelemahannya, saya kurang puas kalau artikel tidak langsung terbit, padahal sebelumnya saya sudah menggunakan teknik penjadwalan itu.

You Know Me said...

tapi lebih banyak kelebihannya ya mba ? soalnya ketika sibuk ada baiknya memakai artikel terjadwal tersebut... ^^

wah saya baru 'ngeh kalau web (dicuekin . com) itu adalah web nya mba ririn yang di redirect dari (cara-ririn . blogspot. com) padahal beberapa kali berkunjung kesini... makin bagus saja deh mba.. ^^

Unknown said...

untuk sesuatu yang mudah pasti ada kelebihan dan kekurangannya yah mbak, sementara saya masih secara manual saja mbak :)

Unknown said...

kalau lah saya tidak pernah menjadwalkan kapan harus terbit. karena saya mesti cari ide tuk membuat postingan...

tapi terimakasih banget kawan.. udah infokan.. pengen juga sih coba jadwalkan postingan secara otomatis... :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

All@ iya setiap blogger punya minat tersendiri apakah postingan nya ingin di jadwal atau tidak. Keep happy blogging aja lah ;)

FX mantap said...

Seppp paling tidak ada pilihan yang wajib diambiil!

Post a Comment