Guest Blogger, Apa dan Manfaatnya?

Pernahkah anda mendengar istilah Guest Blogger? Itu lho Blogger Tamu atau Penulis Tamu yang meyumbangkan artikelnya untuk sebuah blog/web. Jadi, anda atau siapa saja yang mempunyai blog/web yang masih baru dan belum terkenal, bisa menjadi penulis tamu di blog yang sudah besar. Begitu juga sebaliknya. Jika anda mempunyai web yang sudah besar dan sudah mempunyai trafik tinggi serta pengunjung loyal, tidak ada salahnya untuk menyediakan fasilitas Guest Blogger untuk para sahabat blogger agar ikut berpartisipasi menulis artikel/postingan di blog anda.

Kalau di surat kabar baik cetak ataupun online, ada kolom Opini, yakni sebuah kolom yang bisa diisi oleh semua orang yang ingin menulis sebuah artikel di kolom tersebut. Biasanya sang penulis kolom opini akan diberi hadiah oleh redaksi surat kabar apabila artikelnya dimuat. Nah, kalau di dunia blogging, itu namanya Guest Blogger. Apabila anda menulis di blog orang lain, dalam hal ini menjadi penulis tamu, maka anda juga akan mendapatkan hadiah. Mungkin hadiahnya bisa berupa materi ataupun tidak tergantung dari blog yang menyediakan guest blogger. Nanti akan saya jelaskan pada paragraf berikutnya.
Guest Blogger, Apa dan Manfaatnya?
Image by terbakor.com
Saya sendiri kebetulan pernah menjadi Guest Blogger di Blog Sahabat. Tujuan saya menjadi penulis tamu bukan semata-mata mengharapkan imbalan, melainkan ingin membantu teman saja agar blog nya bisa update dan bisa lebih semangat lagi ngeblognya, karena blog tersebut baru di hacker, sehingga postingannya hilang semua.

Setelah sebelumnya saya menjelaskan tentang Manfaat Blogger Follower. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Guest Blogger, Apa dan Manfaatnya?. Berikut adalah uraiannya.

Manfaat bagi Blog yang Menyediakan Fasilitas Guest Blogger

1. Ngeblog menjadi terasa ringan
Dengan adanya penulis tamu, anda akan merasa terbantu dalam membuat postingan di blog anda, sehingga ngeblog menjadi terasa ringan. Terlebih lagi jika saat anda tidak punya mood untuk membuat sebuah artikel, dan tiba-tiba ada artikel dari penulis tamu yang masuk, tentu ini akan memberikan keutungan tersendiri bagi anda dan blog anda.

2. Mempererat tali persahabatan antar sesama blogger
Dengan menyediakan fasilitas penulis tamu, maka anda bisa menjalin persahabatan antar sesama blogger. Yang tadinya belum begitu kenal, maka akan menjadi lebih kenal dan dekat. Dan yang tadinya sudah kenal, maka persahabatan tersebut menjadi semakin erat. Baca juga Cara Memilih Kata Kunci yang Dicari oleh Banyak Orang.

3. Mendapatkan sahabat baru
Ini terjadi jika penulis tamu merupakan orang yang belum anda kenal dan mengirimkan sebuah artikel untuk diterbitkan di blog anda. Maka secara tidak langsung, anda dan penulis tamu akan menjadi sahabat baik. Dan itu sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika blog anda sudah mempunyai pengunjung loyal dan banyak, maka anda bisa memperkenalkan sahabat blogger tersebut kepada para pengunjung setia blog anda.

Manfaat bagi Anda yang menjadi Penulis Tamu di Blog Orang Lain

1. Anda dan blog anda akan terkenal
Biasanya pada akhir artikel, akan terdapat nama dan link url alamat blog/web penulis tamu. Itu artinya, artikel tersebut ditulis oleh Guest Blogger. Maka apabila anda mengirimkan artikel di blog besar dan mempunyai trafik tinggi, maka anda dan blog anda akan terkenal. Dan pada akhirnya mereka (pengunjung loyal) akan menjalin pertemanan dengan anda.

2. Anda akan mendapatkan backlink gratis dan berkualitas
Dengan adanya link url alamat blog di akhir postingan, yang bersifat dofollow, maka blog anda akan memperoleh backlink gratis dan berkualitas dari blog tersebut. Terlebih lagi jika blog tersebut mempunyai pagerank tinggi, maka besar kemungkinan blog anda akan naik pagerank nya. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Cara Mendapatkan Backlink.

3. Anda akan memeperoleh teman baru
Ini sudah jelas bahwa anda akan memperoleh sahabat baru apabila menjadi Guest Blogger di blog besar. Para pengunjung loyal biasanya juga akan mengunjungi blog anda dan menjalin pertemanan dengan anda. Tentu saja ini sangat menguntungkan bagi anda yang blog nya masih baru.

4. Sharing pengalaman
Dengan menjadi penulis tamu, anda bisa berbagi kisah dan pengetahuan kepada orang lain dengan jangkauan pembaca lebih banyak. Karena blog tersebut trafik nya tinggi, sehingga tulisan anda pasti akan dibaca oleh banyak orang. Anda pasti akan merasa senang jika tulisan anda banyak dibaca orang, betul tidak?

5. Ada kepuasan tersendiri
Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan diatas, tentu ada kepuasan tersendiri bagi anda bila menjadi penulis tamu di blog orang lain. Bahkan anda akan ketagihan ingin menjadi guest blogger terus baik di blog tersebut atau di blog besar lainnya.

Apakah anda tertarik menjadi Guest Blogger? Jika iya, tidak ada salah nya untuk mencobanya. Good luck ya!!!

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Guest Blogger, Apa dan Manfaatnya?. Jangan lewatkan postingan menarik lainnya di blog saya tentang Manfaat Google Plus untuk Blog. Terimakasih atas perhatiannya. Salam :)
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

15 komentar:

fiu s said...

Setuju mba .... sy juga lg nyari teman2 yg minat ngeblog dan mw belajar menulis sih ....hehehe

Aunillah said...

nyimak dulu karna blog ane masih lengang

Unknown said...

kalo mau jadi selebritis di kalangan blogger harus sering-sering jadi guest ya mbak :)

Mas Marnes said...

wah banyak juga ya manfaat dari Guest Blogger ini, setidaknya ngeblog jadi terasa lebih ringan ya mbak :)

Unknown said...

Enaknya kalo bikin satu blog tapi diurus bareng bareng mungkin lebih ringan lagi yak,, :D

MitraBibit.com said...

blog juga bisa jadi ajang biro jodoh sob hehehe :D

Supriadi saragih said...

tapi salah satu efek sampingnya menyebabkan admin blog jadi malas untuk buat atikel sob...hehehee :)

Aldi Rahman said...

saya pernah mengirim artikel, tapi katanya gak nyambung sama tema blognya

Afrid Fransisco said...

kalau saya menulis di blog sendiri saja. he he...

Admin said...

owh ini mbak blog cara ririn yang dulu dihapus, sudah pulih lagi ya, gimaana caranya mbak?

Unknown said...

selamat siinag mbak ririn , , ,
ini yang selalu dinantikan , , ,
wejangan wejangan mengenai blogger yang selalu aku nantikan mbak , ,
thanks ya mbak

wongcrewchild said...

mungkin semacam kompasiana atau yg di detik ya mba..
memang bisa jadi tenar tuh klo tulisannya menarik, apalgi kontroverisal

You Know Me said...

wah saya baru tau manfaatnya... langsung pakai guest blogger ahh... terima kasih ya kaka buat ilmunya.. ^^ #masih newbie nih... ^^

Hendrik said...

Mungkin bisa posting mengenai blog-blog atau website yang menerima gust blogger ! Thanks

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

@Muh Hendrik, terimakasih atas saran dan masukan nya. Nanti akan dipertimbangkan lagi postingan terkait hal itu ;)

Post a Comment