Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat artikel di blog

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat artikel di blog Menulis artikel di blog memang sangat mudah sekali untuk dilakukan. Pasalnya, kita bebas menulis tentang hal-hal apa saja yang kita sukai. Selain itu, tidak ada aturan dalam penggunaan bahasa ataupun tata tulis. Kita bebas menggunakan bahasa apa saja sesuai dengan kemampuan kita.

Tak jarang banyak blog dimanfaatkan oleh penggunanya untuk sharing pengalaman dan cerita kehidupan seputar dirinya, misalnya curhat. Ada juga blog yang isinya sesuatu yang bermanfaat. Dan ada pula blog yang digunakan untuk bahan belajar. Semuanya sah-sah saja. Tidak ada masalah.

Platform Blogger merupakan media sosial yang bersifat terbuka, dalam artian kita bisa sharing tulisan atau hal apa saja yang menarik kepada siapa saja, dimanapun kita berada. Tidak terbatas pada sahabat blogger saja, melainkan tulisan tersebut bisa diakses dan dibaca oleh orang di seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, media yang satu ini lebih menarik dan mengasyikkan dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya.
Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat artikel di blog
Image by www.depositphotos.com
Setelah sebelumnya saya menjelaskan tentang Tips Sebelum Menulis Artikel di Blog. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang persiapan membuat postingan blog website. Silahkan anda simak secara seksama uraian berikut ini.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat artikel di blog

1. Nilai Kemanfaatan
Penting untuk diperhatikan terkait dengan nilai kemanfaatan sebuah artikel di blog. Apakah ada artikel yang tidak bermanfaat? Tentu saja ada, bahkan banyak. Artikel yang bermanfaat tentu akan dibaca oleh semua orang karena dicari oleh banyak orang. Karena pengguna internet cenderung membaca sebuah artikel yang bisa bermanfaat untuk dirinya. Entah itu yang membaca antar sesama blogger ataupun orang yang bukan blogger. Ada kepuasan tersendiri tentunya jika artikel yang ditulis dengan susah payah bisa bermanfaat untuk orang lain.

2. Anda Menulis untuk Siapa?
(i) Untuk diri sendiri
Membuat artikel tentang perjalanan kehidupan, curhat, dan bercerita tentang pengalaman pribadi memang sangat mudah untuk dilakukan. Anda mungkin bisa menulis panjang lebar dan "ngalor ngidul" dalam artikel anda. Namun, apakah tulisan anda akan dibaca orang? Tentu saja dibaca apabila kita melakukan blogwalking. Namun, apabila aktivitas blogwalking tersebut berhenti, maka sudah tidak ada lagi yang membaca tulisan anda.

(ii) Untuk sahabat blogger
Apabila anda seorang blogger, pasti mempunyai banyak teman antar sesama blogger. Betul tidak? Saya yakin diantara anda sudah punya follower. Bahkan ada yang sudah mencapai ratusan atau ribuan. Menulis sebuah artikel yang ditujukan untuk teman blogger bisa dibilang sangat mudah. Misalnya seperti artikel ucapan selamat, giveaway, awards, dan lain sebagainya. Tulisan jenis ini memang bisa mendatangkan banyak pembaca, tapi hanya terbatas pada sesama blogger saja. Sehingga bisa dikatakan jangkauan pembaca relatif sedikit.

(iii) Untuk search engine
Artikel jenis ini memang bisa dibilang cukup sulit untuk dilakukan. Pasalanya, ada aspek-aspek penting yang harus diperhatikan dalam membuat artikel. Misalnya melakukan optimasi SEO secara onpage. Ketika anda membuat artikel jenis ini, anda tidak perlu melakukan blogwalking, karena pembaca akan datang dengan sendiri dari search engine baik itu Google, Yahoo!, Bing, dan lain-lain.

Tulisan jenis ini bisa dibilang SEO Friendly, namun tidak visitor friendly. Hal itu disebabkan postingan anda selalu muncul dihalaman pertama search engine, tapi pembaca tidak menemukan apa yang mereka cari, dalam artian tulisan anda tidak bisa menjawab permasalahan yang dialami oleh pengunjung.

(iv) Untuk semua orang
Artikel yang terakhir ini mempunyai nilai kemanfaatan yang tinggi. Selain itu juga SEO Friendly. Untuk bisa membuat artikel yang bisa dibaca dan bisa bermanfaat untuk orang lain memang tidak mudah. Karena topik yang diangkat dalam artikel tersebut bersifat general dan juga dibutuhkan oleh banyak orang. Oleh karena itu, selain anda bisa pandai memilih topik artikel, diharapkan anda bisa mengaplikasikan teknik SEO secara tepat.

3. Durasi Waktu Topik Artikel
Anda pasti mengharapkan bahwa artikel anda bisa dibaca oleh banyak orang. Anda perlu hati-hati dan selektif dalam memilih topik yang diangkat dalam artikel anda. Topik artikel yang bersifat sesaat atau musiman tentu tidak menguntungkan, dalam artian topik tersebut mudah layu. Oleh karena itu, diharapkan anda memilih topik yang bersifat abadi, yakni tidak terikat dengan waktu.

4. Tingkat Kesulitan
Tulislah artikel yang mudah-mudah saja sesuai dengan kompetensi yang anda miliki. Karena hal itu lebih mengasyikkan dan tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk berfikir. Jangan menulis artikel yang tidak anda tahu. Karena hal itu bisa menimbulkan suatu tindakan yang tidak terpuji, misalnya copy paste.

5. Tingkat Kompetisi di Search Engine
Jika anda menulis postingan untuk semua orang dan untuk search engine, anda perlu memperhatikan tingkat persaingan keyword tersebut di mesin pencari. Tinggi rendahnya tingkat kompetisi, bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menulis sebuah artikel. Jangan sampai tulisan anda tidak muncul di halaman hasil penelusuran sebagai konsekuensi dari tingginya tingkat persaingan di search engine.

Dimikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat artikel di blog. Semoga dapat bermanfaat untuk anda sekalian. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya tentang Tips Menulis Artikel Bermutu Tinggi di Blog. Akhir kata saya sampaikan ucapan terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

61 komentar:

Afrid Fransisco said...

kalau saya ya nulis buat diri sendiri aja biar senang sendiri. he he...,

Mas Marnes said...

Semakin sering mengunjungi blog ini semakin banyak pula ilmu baru yang saya dapatkan seputar dunia blogging. Ternyata ketika hendak menulis sebuah artikel banyak hal yang harus diperhatikan ya mbak? Memang betul yang namanya menulis artikel diblog pastilah ada tujuan yang ingin disampaikan kepada orang banyak. Terimakasih mbak udah share artikelnya, sangat bermanfaat buat saya agar ke depannya lebih baik lagi dalam menulis sebuah artikel blog.

Kang Ucup said...

sayangnya, walaupun sulit, google tida suka artikel untuk search engine mbak. google lebih suka artikel yang ditulis untuk pengguna.
ada benarnya juga, coba kalau tidak ada search engine. apakah kita masih mau menulis ???

Unknown said...

memang benar mba.. Kita jangan menulis artike yang tidak di kuasai oleh kita sendiri.. Karna akan sulit jika ada pengunjung yang bertanya..

Dika said...

bagus banget mbak artikel nya, semua penjelasan nya mbak ririn di atas itu benar sekali adanya, untuk membuat artikel yang bermanfaat bagi semua orang memang tidak mudah ya mbak, harus perlu perjuangan untuk itu :)

Unknown said...

ada sih blog ya isinya curhat tapi pengunjungnya banyak sekali, itu kalau blognya penulis buku/novel terkenal. hehehhe

Unknown said...

membuat artikel untuk search engine itu mudah, buat artikel minimal 50 kata. di akhir tulusan beri tag keyword yang banyak sesuai dengan isi artikel, dijamin bakalan nongol di posisi 1,

Unknown said...

Gampang-gampang susah membuat artikel mbak, kadang saya membutuhkan waktu dua hari untuk satu artikel dengan 300 kata. Mungkin tingkat kesulitannya tinggi.

Claresta said...

Menurut saya, membuat artikel itu terkadang sulit dan terkadang mudah. Misalnya, yang paling mudah adalah yang mengambil informasi dari sumber lain. Sedangkan yang paling sulit adalah artikel yg keluar dari otak kita sendiri, karena kita hrs ekstra berhati2 agar opini kita tdk menyinggung seseorang.

Makasih pencerahannya mbak Eka....

JIM said...

yah, intinya sebenarnya sih terserah juga sih isinya gimana, tapi tetap liad2/ pilih2 juga yah...

Intan Sudibjo said...

lebih baik visitor friendly daripada seo friendly kalo menurut saya, masa pas dateng blog tulisannya tebel semua? wkwkwk

Unknown said...

Kalau saya mempunyai rumusan begini mbak eka. Visitor Friendly = Seo Friendly
Mengapa? Kita bisa melihat web-web besar kita lihat saja isi kontennya. Mereka tidak melakukan optimasi SEO yang lebay namun Optimasi Konten yang memuaskan pembaca. :) mampir ke blog saya dapat Ebook ya :D

technopart said...

mengajari kita biar gak asal-asalan bikin tulisan

Anonymous said...

Pengetahuan yang, dimiliki Mbak Rin, tentang cara membuat artikel
Ini jarang di posting dalam plafrorm blogger, namun pada artikel ini
Mbak Rin posting juga, ini sangat membantu buat semua sobat blogging
Tentang cara, tulis artikel yang baik dan Benar, dalam artian baik untuk
Blog itu sendiri atau pun buat Visitor, dan lebih nya, baik dimata google dan SEO

Unknown said...

Oh yah samapai lupa gak ngucapin terima kasih nya Buat Mbak Adminya
Mbak Ririn,. dan salam hormat selalu buat Sobat blogging semua yang ada
Di form comments Mbak Rin ini, salam sukses selalu Sobat.

Unknown said...

Untuk sementara ini tulisan saya menurut pengalaman saja bukan dari kepandaian ilmu mbak eka...kalau nulisnya disini pun harus hati2 kalau tersinggung bisa2 di eliminasi..
Trimakasih sharingnya mbak eka

Mas Andes said...

betul sekali yang di paparkan mbak ririn diatas, nilai konten harus bermanfaat :)
tapi kalo untuk siapa saya menulis, sepertinya saya kalo menulis untuk aku kamu dan dia mbak ahaha :D

Anonymous said...

kalo tulisannya ngalor ngidul kayaknya sama deh seperti saya kalo menulis mbak :) hohoho orangnya juga suka ngalor ngidul jadinya nular kebawa bawa sampe tulisan :D

Mizz Aiza said...

saya selalu menulis pengalaman peribadi di blog.. soal SEO saya tidak praktikkan.. ayat saya cuba ringkaskan..

Anonymous said...

Saya kan blognya berniche Game yah mbak ririn, jadi saya membuat artikel untuk diri saya sendiri (koleksi) dan juga berbagi :D.
oh iyah saya sudah add facebook mbak ririn :D , tolong di konfir yah

Unknown said...

sebuah artikel yang cukup panjang lebar namun sangat-sangat bermanfaat. makasih ya mbak udah berbagi.. kapan2 bisa diterapkan ^___^

Unknown said...

Kalo saya Sih Buat Semua Orang Mbakk Hehehe :D

Heh hehhh Makasiii Nihh Mbakk Ats Infonya yahh Yahh makasii dan Selamatt Sore Mbak Ririn :D

Unknown said...

bisa di bilang membuat artikel untuk bnyk org itu gampang2 susah.. gampangnya klo yg mau kita share ilmunya/infonya bner2 kita tau,susahnya klo lagi males,badan capek,mata ngantuk tpi nekat posting haha.. btw,blog ini sdh saya follow folback ya :D blog saya ada 2 klo bsa di follow semua... thanks

Anonymous said...

yang jadi pertimbangan menurut saya itu kompetisi di search engine mba', kita harus kreatif memilih keyword

afada said...

menurut mbk Ririn penulisan di blog saya lebih mengarah ke bagian mana ????

wongcrewchild said...

banyak hal yang perlu diperhatikan rupanya, biasanya menulis tanpa pakem

Indra Kusuma Sejati said...

Untuk membuat sebuah artikel blog yang memberikan informasi itu memang di butuhkan suatu kepiawaian sendiri dalam hal penyajiannya Mba, apalagi kalau artikel itu disisip pengetahuan umum,

Salam,

Unknown said...

dalam nenentukan topik dan besar nya manfaat dari tulisan kita untuk para pengunjung ini mbak yang terkadang sulit untuk di pahami, selain harus memiliki wawasan luas kita juga di tuntuk untuk dapat memberi penjelasan penjelasan dari pertanyaan para komentator jikalau ada yang mengajukan pertanyaan seputar artikel yang kita publikasikan

Karen Monica said...

puteri setuju :)

puteri pun suka menulis blog sebab macam-macam yang boleh kita kongsi dan yang penting kita kongsikan sesuatu yang berilmu :)

Staff Administrator said...

Makin nambah bikin melek nih wawasan sy..lewat tulisan mbak Rin di tambah komentar dari para te men2 di sini semua :)

Sip mbak... Sy coba terapin ilmu ini

dunia maya said...

nulis dari hati ke hati untuk hati,,,,

saya belum bisa menulis mb

Mang Lembu said...

kalau baca tutorial tentang segala sesuatu yang kudu diperhatiin saat nulis artikel diblog...sayamah jauuuuh banget dengan apa yang ditulis disini...nulis ya nulis ngga mikirin apa-apa, kadang tanpa mikir saya nulis...;o)

Masnady said...

sampai sekarang saya belum bisa membuat artikel yang berkualitas mbak... masih dalam tahap belajar.... terimakasih tipsnya mbak.. bisa menambah wawasan saya dalam membuat artikel yang baik....

Unknown said...

Kalau saya kalau lagi pengen nulis tutorial ya nulis kalu pengen curhat ya curhat mbk :D

Unknown said...

yang udah master blogger emang beda
terutama soal keyword
karena blog saya sedikit terikat dengan komunitas tertentu
jadinya kadang nulis treadnya suka-suka
ngga mikir sampai ke SEO
hihihhiihii

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Afrid, sipp dech kalau begitu :)

Marnes, hehe kita sama-sama belajar mas. Untuk tulis-menulis memang perlu latihan dan belajar agar tulisan kita bisa lebih baik dari sebelumnya :)

Kang Ucup, iya betul itu kang. Seratus untuk kang ucup hehe :)

Warim, sehingga pada akhirnya menyulitkan diri sendiri ya mas :)

Dika, iya mas, harus berjuang dan tentunya belajar ya :)

Faisal, iya betul itu mas. Kalau admin nya adalah artis, pasti pengunjung dan pembaca nya banyak :)

Daniel, ide bagus itu mas. Tapi resikonya juga besar hehe :D

Hasby, lumayan lama juga ya mas untuk membuat artikel, sampai berhari-hari getu. Jadi harus ekstra sabar ya mas :)

Indri, seratus untuk mbak indri. Tergantung situasi dan kondisi mood kita tentunya. Karena untuk menciptakan sebuah artikel, butuh kondisi yang fit dan bagus :)

JIM, iya memang terserah si pemilik blog ya mas. Isi blog nya mau diisi apa saja, tidak masalah. Kan itu hak nya pemilik blog :)

INtan, wkwkwk iya benar itu mas. Visitor friendly memang menjadi prioritas utama dalam menyajikan konten di blog :)

Baskoro, iya kalau web sudah besar ya lain lagi ceritanya mas hehe :D

Bayu, bukan mengajari mas, tapi hanya sharing aja :)

Karis, terimakasih mas karis atas tambahannya ya :)

Jenk Indah, iya nggak apa-apa mbak. Yang penting kita belajar menulis karena dengan menulis kita bisa lebih pintar dari sebelumnya :)

Andes, wkwkwk nilai kemanfaatan memang harus di utamakan ya mas :)

Mizz Aiza, iya tidak apa-apa mizz. Yang penting kita bisa share satu sama lain :)

Lutfi, untuk koleksi dan untuk di share ke semua orang. Ide yang bagus mas :)

Aben, iya sama-sama. Silahkan diterapkan kapan-kapan ya mas hehe :)

Ainul, ide yang sangat cemerlang mas. Lanjutkan!!! :)

Harum, terimakasih sudah follow blog ini. Saya juga sudah follow blog anda :)

Hidayat, sipp bagus itu mas. Lanjutkan :)

David Raja, kalau menurut saya sih blog DavirdRaja.com lebih mengarah ke semua orang mas. Tapi kadang ada artikel yang berisi curhat, misalnya artikel tentang Google Sitelink, Jualan Kertas, dll Untuk artikel asuransi, semuanya untuk semua orang :)

Wong Crew Child, harus di rem mas hehe :D

Indra, iya memang cukup sulit ya mas untuk membuat artikel yang berisi informasi yang bermanfaat. Tapi kita kembalikan lagi pada pemilik blog masing-masing, karena setiap orang mempunyai tujuan dan motivasi ngeblog yang tidak sama :)

Arie, berarti harus punya pengetahuan yang luas ya mas seputar topik artikel tersebut, sehingga bisa merespon setiap komentar yang masuk. Ide yang bagus itu mas :)

Puteri, wah bagus itu put. Lanjutkan kongsinya ya :)

Budi, silahkan mas. Diterapin atau nggak, nggak apa-apa kok :)

Maya, kalau dari hati berarti tentang perasaan ya mbak hehe :D

Cilembu, wah hebat itu pak hehe :D Yang penting bisa nulis ya pak dan bisa share kepada orang lain :)

Nady, iya kita sama-sama belajar mas :)

Rahmat, berarti ada selingannya ya mas hehe :)

Click Bebas, wah saya bukan master mas :)

Unknown said...

Artikel di atas mencakup semua karakter blogging... thanks gan artikel kali ini

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama. Thanks atas kunjungannya ya :)

Nurul Imam said...

Klo saya biasa memperhatikan tag head, paragraph, pre, dan elemen lainnya karena klo tidak disesuaikan bisa tidak valid htmlnya.
Saya seringkali malas menyisipkan gambar dalam artikel sehingga konten terasa hambar

Anonymous said...

waktu saya mulai bikin blog dulu, tujuan awal sebenarnya sih buat diri sendiri, tapi ternyata bisa bermanfaat juga buat orang banyak, ikut senang juga sih hehe...

Angga Kusuma Nugraha said...

target pembaca saya dari SMP sampai orang dewasa, tapi saya berorientasi pengunjung, bukan search engine :)

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

benar mbak, kalau menulis bersifat personal itu memang sangat mudah, bahkan kita bisa menulis panjang lebar dengan ngalor kidul didalamnya. saya suka menulis personal, terutama pengalaman yang saya alami, untuk disahre kebanyak orang yang insyaAllah bermanfaat

Moeclazh Favian said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

kunjungan pagi mbak ,. ^_^
sama kayak yg diatas nyimak aja mbak. .he he

Asep Haryono said...

Kaget saya lihat fotonya. Tadi saya kira itu gambar atau fotonya LENKA KRIPAC yang sangat terkenal dengan tembang Hitsnya "Trouble Is A Friend". Eh setelah diperhatikan dengan seksama ya memang mirip aja hiehiheiehiheiehe. Maklum fans berat Lenka Kripac Hhiehiehiehiheiehee

Mbak Iis said...

kalau saya nulis diblog biasanya asal mau nulis aja, ya syukur-syukur pada mau baca kalau gakag ya kebageten ...hehheee

dear anies said...

Sy menulis utk kepuasan diri.yg mana elok dikongsi,sy kongsi.tp kalau utk hal2 ygbersifat emosi... ooooo tu bukan cara sy ;)

Rizkyzone.com said...

kalau saya biasanya langsng to the point saja mb', susah saya merangkai kata - kata pembukanya, mending langsung topiknya, wong pembaca saja kebanyakan lebih fast reading o, kadang baca titlenya saja dah langsung komentar, dan juga baca point utamanya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Nurul Imam, wah saya malah jarang banget memperhatikan hal itu mas, soalnya nggak paham HTML hehe :D Kalau artikel nggak ada gambarnya memang kurang keren. Bagaikan sayur tanpa garam hehe :D

Anthonie, alhamdulillah kalau begitu mas :)

Angga, wah bagus itu mas. Lanjutkan :)

Sabda, mudah-mudahan posting nya bisa bermanfaat mas :)

Shizenku, terimakasih sudah singgah di blog saya ya :)

Asep, wah saya malah nggak tahu lenka kripac pak hehe :D Saya kenalnya sama artis lokal saja hehe :D

Mbak Iis, mudah-mudahan artikel mbak iis banyak yang baca ya ;)

Khairin, wah bagus itu mbak. Lanjutkan :)

Rizkyzone, iya betul itu mas. Tapi nggak apa-apa kalau sebuah artikel di beri pendahuluan, isi, dan penutup nya. Sehingga lebih enak dibaca :)

Unknown said...

Makasih buat tipsnya mbak Ririn, bagus juga buat meningkatkan kualitas blog kita, sip banget deh :)

Anonymous said...

Benar memang mbak menulis bukan asal menulis apalagi kalau artikel dipublish secara publik tentu jelas memperhatikan apa yang ditulis dan untuk siapa ditulis serta manfaat apa yang ditulis dan dibaca oleh banyak orang yang membaca artikel yang kita tulis.

Nurul Imam said...

Tapi biarin lah ga ada gambar juga, lagian ga ada yg baca artikel saya ini :D
Saya tulis prioritasnya buat saya baca sendiri :D

Rizkyzone.com said...

mungkin karena saya masih dalam tahap berpross belajar menulis, tapi yatetap saya kasih intronya walaupun tak banya mb', dan berhubung saya suka blogwalking jadi saya menulis untuk pembaca saya alias saya menulis untuk real human, kalau dulu target saya adalah dari search engine juga sekarang saya tak terlalu memperdulikan pengung dari SE, lebih mengarah ke sharing saja, cerita2 dan personal.

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Anthonie, iya mas sama-sama. Kita sama-sama belajar :)

Abed Saragih, wah betul itu mas. Saya sepakat sama pendapat anda :)

Nurul Imam, iya nggak apa-apa, kan motivasi ngeblog antar orang yang satu dengan orang yang lain tidak sama :)

Rizkyzone, ide yang bagus itu mas. Jadi prioritaskan pembaca dalam membuat artikel di blog :)

Anonymous said...

kalau saya sih suka-sukaa, hehhe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya tidak apa-apa :)

Reusam Endatu said...

Kalau saya menulis artikel untuk membagi ilmu ke semua orang
Bnyak orang yang tidak tau
maka-nya saya membagikan sedikit ilmu-nya mbak
Jadi Kalau saya lupa suatu saat bisa kita buka lagi blog kita itu sendiri mbak
hehehe

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Luar biasa tujuan dan motivasi mas reusam ini dalam hal ngeblog. Sangat patut untuk ditiru. Thanks ya mas sudah sharing pengalaman yang sangat menarik :)

Reusam Endatu said...

hehehe ea mbak
ini juga saya termotivasi dari blog-nya mbak
oa mbak cara membuat artikel terbaru tu sampai 20 buah gmna mbak
kan yang disediakan cuma 10 buah mbak
Maaf lari dari topik lagi mbak

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Maksudnya, widget artikel terbaru yang ada di sidebar itu ya mas? Kalau itu sih, untuk membuatnya menggunakan script mas. Jadi tinggal di edit saja apabila ingin menampilkan artikel terbaru sampai 20 buah hehe :)

Post a Comment