Cara Menambah Jumlah Follower Blog Anda dengan Cepat

Cara Menambah Jumlah Follower Blog Anda dengan Cepat Kalau dilihat dari judulnya sepertinya terlalu berlebihan ya? hehe :D Tapi memang judul artikel itu perlu dibuat yang menarik dan heboh, agar calon pembaca bisa antusias untuk membaca artikel kita setelah mereka membaca judul artikel.

Siapa sih yang nggak suka kalau blog nya mempunyai follower banyak? Saya yakin pasti anda akan merasa senang jika blog anda diikuti oleh banyak orang. Minimal ada kepuasan tersendiri. Tapi selain itu ternyata jumlah follower tersebut mempunyai manfaat yang cukup besar lho.

Apa saja manfaatnya? antara lain adalah (i) kita bisa menjalin persahabatan antar sesama Blogger, (ii) blog kita terlihat ramai karena followernya banyak, (iii) banyak orang telah berlangganan artikel blog kita, (iv) kita bisa dengan mudah untuk saling berkomentar satu sama lain, dan masih banyak lagi manfaatnya (Baca: Manfaat Blogger Follower).
Cara Menambah Jumlah Follower Blog Anda dengan Cepat
Untuk memperbanyak pengikut blog anda, tentu tidak mudah. Karena anda akan berhadapan dengan orang lain. Disini anda perlu mempraktekkan sebuah trik khusus untuk diterapkan agar orang tersebut (pengelola blog) bisa memfollow blog anda.

Setelah sebelumnya saya share tentang Cara Menambah Lingkaran Google Plus dengan Cepat. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara memperbanyak jumlah pengikut blogger/blogspot anda dengan cepat. Berikut adalah trik nya.

Cara Menambah Jumlah Follower Blog Anda dengan Cepat

1. Langkah pertama, silahkan anda cari blog yang ramai pengunjung dan banyak komentar.

2. Anda tidak perlu berkomentar di blog tersebut. Malainkan anda perlu mengunjungi blog para komentatornya saja. Pastikan bahwa posting yang banyak komentar tersebut adalah posting terbaru.

3. Silahkan klik link profil para komentator. Setelah itu, silahkan kunjungi blog mereka satu per satu.

4. Silahkan berkomentar di blog target. Usahakan komentar anda relevan dengan topik artikel dan bagus serta berbobot. Kurang lebih komentar anda seperti ini:

Pembahasan artikel anda runtut dan mudah dipahami. Saya suka dengan blog anda karena konten nya sangat bermanfaat. Saya izin follow blog nya ya untuk mengetahui update blog anda selanjutnya. Kalau tidak keberatan, mohon follow back ya. Saya tunggu lho :)

5. Sebelum anda memberi komentar diatas, anda harus follow dulu blog nya. Supaya orang tersebut mau follow balik.

6. Untuk memperoleh hasil yang optimal, anda perlu melakukan trik diatas setiap hari. Minimal 1 hari anda berkomentar di 10 blog. Kalau dilakukan selama 1 bulan, maka besar kemungkinan blog anda akan memperoleh follower sebanyak 300 orang. Bagaimana jika 1 tahun? Hitung sendiri ya! hehe :D

Notes:
Mungkin trik diatas terlihat katrok dan nggak profesional. Tapi nggak ada salahnya ketika awal-awal ngeblog perlu melakukan trik diatas. Tujuannya apa? supaya aktivitas ngeblog kita bisa lebih semangat lagi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Menambah Jumlah Follower Blog Anda dengan Cepat. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua yang telah membaca artikel ini. Jangan lupa baca juga postingan menarik lainnya di Blog Cara Ririn tentang Manfaat Blogging. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

83 komentar:

Mas Marnes said...

Pertamax....
Selamat pagi dan selamat beraktifitas mba' ririn...
Postingan yang menarik, layak untuk disimak dan dicoba diterapkan dan inilah yang sekarang sedang saya coba praktekan sesuai dengan postingan mba' di atas dan terbukti membawa dampak positif buat blog saya.
Misalnya saja saya berkunjung diblog mba' ini, jujur saya salut sama mba' blognya keren banget dan selalu ramai dikunjungi temen-temen ditambah lagi komentar blog ini sangat banyak banget.

Setelah saya berkunjung di blog ini Alhamdulillah saya jadi punya teman baru dan akhirnya jadi saling tukar komentar dan follow blog juga.

Unknown said...

benar banget mba.. Saya juga sering melakukan trik di atas.. Hehe.. Thankz yah mba..

Asep Haryono said...

Benar sekali apa yang disampaikan oleh Marnes Kliker ini,. Banyak sekali ilmu baru yang FRESH yang benar benar saya kurang paham seluk beluknya dibahas tuntas lengkap dengan tutorialnya di blog Mba Ririn. Saya banyak menarik manfaat dari artikel yang mba Ririn tulis di sini. Awesome

Kang Ucup said...

saya sering follow blog dan ternyata blog tersebut sudah lama wafat. kenapa saya follow, karena saya tertarik dengan konten di dalam blog tersebut. ya begini jadinya, follower blog saya masih sedikit saja, padahal blog yang saya follow sudah banyak. mungkin ada juga yang nggak mau follow balik karena tidak suka dengan konten di blog saya. nggak apa-apa sih, itu kan hak mereka :hehe

Mas Marnes said...

@Kang Ucup ~ Sama saya juga gitu kang kadang ada juga blog yg dah saya follow tapi dia ngga follow balik, tapi mo gimana lagi toh kita juga ga bisa memaksakan kehendak mereka :)

Mizz Aiza said...

saya sangat bersetuju dengan cara ini.. memang sangat berkesan.. lagi satu jika blogger malaysia kami mengadakan giveaway (segmen) yang menyediakan hadiah (gift) kepada pemenang.. salah satu syarat penyertaan segmen ini, wajib follow blog penganjur (sponsor).. dengan cara begitu juga saya rasa dapat menambah bilangan follower dengan cepat..

Unknown said...

tips ya perlu di praktekan ni mbak, untuk menambah follow + sahabat tentunya

Unknown said...

jadi intinya blogwalking ya sist.. thanks sdh share sangat bermanfaat...

Anonymous said...

trimakasih tipsnya...kebetulan follower saya masih sedikit... :)

Meutrap said...

Mantap kak artikelnya,
saya sering melakukan seperti cara yang kakak share.

Hariyanto Wijoyo said...

saya sepakat dengan ide yang ini...duluan meng-follow sebelum mengajak orang lain meng-foloow blog kita...itu baru afdol...jangan seperti yang kebanyakan terjadi..mengajak orang lain mengfollow duluan blog kita sebelum mengfollow blog orang lain....salam :-)

Senyum syukur said...

iya, trik di atas sangat ampuh, terlebih buat pemula seperti saya...

Unknown said...

wah sangat bermanfaat mba' bagi saya yang followernya masih sedikit,,^__^

AbdurahmanBW said...

sudah saya coba mbak..artikel ini. saya sudah follow artikel e mbak . follow back ya..hehehe. yang MAKTABAH IMU aja.

Unknown said...

masukannya pas buat para newbie yang ingin punya banyak follower. Tapi beda lagi kalau yg punya blog sudah pro dan punya brand....
Thanks for share mbak yuu

Intan Sudibjo said...

wew... hehehe... saya malah asyik buangin blog yang saya follow wkwkwk... saya gk pernah tuh komen minta follow, seiklasnya dan saling mengerti hehe :D

Mas Andes said...

iya mbak kalo ini saya agak sependapat dengan mas intan :) hehe.. soalnya biasanya kebanyakan kalo yang minta follow ya seoerti itu2 aja cuma buat cari follower dan jarang banget berinteraksi :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Marnes, wah terimakasih banyak mas atas apresiasinya. Ini semua berkat support dan motivasi dari teman-teman semua yang sudah ikut berpartisipasi meramaikan blog saya. Kebetulan follower blog saya masih sedikit kok hehe :) Thanks ya mas marnes :)

Mas Warim, wah bagus kalau begitu mas :)

Pak Asep, wah thanks ya pak atas apresiasinya yang luar biasa ini hehe :) Jadi nggak enak sendiri nich hehe :D

Kang Ucup, pengalaman yang sangat menarik kang. Saya juga dulu sering follow blog orang lain tanpa memberi tahu mereka terlebih dahulu. Tapi mereka nggak mau follow back. Akhirnya saya memutuskan untuk unfollow saja, dari pada notifikasi update blog nya memenuhi dashboard blogger saya hehe :D Tapi kemudian pengalaman tersebut saya jadikan sebagai bahan pelajaran yang berharga bahwa ternyata setiap blogger mempunyai karakteristik yang beranekaragam. Jadi apabila kita ingin follow blog orang lain, alangkah baik nya untuk memberi tahu mereka, sehingga bisa saling follow satu sama lain dan bisa menjalin persahabatan antar sesama blogger :)

Mas Marnes lagi, kalau begitu, solusinya ya unfollow saja mas daripada repot-repot hehe :D

Mizz Aiza, wah pengalaman yang sangat bagus itu mizz. Jadi dengan cara mengadakan sebuah giveway, bisa menambah jumlah follower ya? wah bisa dicoba nich trik nya hehe :D Soalnya selama ini saya nggak pernah ikut berpartisipasi dalam acara giveway, soalnya nggak paham hehe :D

Mas Arie, silahkan mas arie dan good luck ya :)

Mas Adjie, iya seratus untuk mas adjie hehe :D

Mas Catatanyr, yupz sama-sama :)

Mas Meutrap, wow amazing mas. Perlu dilestarikan ya mas agar jumlah follower blog kita bisa tambah banyak hehe :D

Pak Hariyanto, iya betul pak. Sering kali saya juga tertipu oleh blogger lain. Dia minta follow tapi nggak mau follow blog saya dulu. Akhirnya saya juga nggak mau follow blog nya dech hehe :D Jadi intinya, kalau kita ingin difollow blog nya, kita harus memfollow dulu ya pak. Itu baru OK :)

Mas Senyum, mudah-mudahan bisa begitu ya mas :)

Mas Hidayat, harapannya begitu mas, mudah-mudahan tips diatas bisa bermanfaat untuk kita semua :)

Mas Wahid, silahkan follow blog saya terlebih dahulu mas, nanti kalau sudah, pasti saya akan follow back. Ok :)

Mas Hasby, iya betul mas. Kalau blog yang sudah besar mah, follower nya datang sendiri hehe :D Tapi kalau blog yang masih baru dan belum terkenal, itu perlu dan penting melakukan trik ini agar jumlah follower blog nya bisa banyak. Jadi ngeblog nya bisa lebih semangat lagi :)

Mas Intan, wah bagus itu mas. Itu tandanya anda adalah seorang Blogger yang profesional :) Tapi ya itu tadi, konsekuensinya jarang blogger lain yang mau follow back, alhasil akhir-akhir ini sering unfollow dech hehehe :D

Mas Andes, iya kalau bisa jangan hanya follow-followan ya mas, tapi juga perlu menjalin dan berinteraksi antar sesama blogger, karena berinteraksi lebih asyik dibandingkan dengan hanya menambah jumlah follower blog nya saja. Terimakasih banyak mas andes. Good comment :)

Unknown said...

ada blog yang bagus trs aku mau coment tp dy nya nggak ngijinin...hihihi

Unknown said...

cara yang sangat jitu,, jga bisa nambah teman :)

Claresta said...

Followers sangat penting ternyata ya mbak Eka,,,
oke dech, saya mau coba praktekkan trik di atas supaya dt follower banyak. kalau sebulan dapat 300 followers berarti setahun dapat 3600 followers ya mbak? mantab!
makasih nice sharenya ^_^

Blog Kampret said...

Hallo mbak ririn yang cantik dan baik hati :)
sedikit kasih tips nih

1. Masuk grup blogger indonesia di facebook yang jelas pilih grup yang rame
2. Buat status seperti ini '' Tulis nama blog kalian nanti saya langsung follow, setelah saya follow tolong follback''
3. Yang baik hati setelah di follow pasti di follback :D

Lihat saja blog saya baru 2 hari udah 20 followers hehe :D, mampir juga ke blog saya http://game-begog.blogspot.com kalau follow pasti saya follback

Terima kasih mbak ririn postinganya :D

Masnady said...

sip deh mbak... memfollow duluan dan mengkonfirmasi melalui komentar yang baik, bisa membuat si pemilik blog senang dan otomatis membalas follownya... hehehe..,

cara ini memang katrok mbak, tapi terbukti alami dan ampuh.. kadang kadang saya juga melakukannya ckckckckck

Unknown said...

tips yang menarik dan bermanafaat.. tapi sejujurnya saya kurang gemar mengikuti mana2 blog kecuali blog tersebut benar2 saya minati.. tetapi saya gemar membaca bermacam-macam jenis hasil penulisan dan gemar berblogwalking.. tetapi kebagusan dan kehebatan sesebuah blog tersebut tidak semestinya mempunyai follower yang banyak.. yang penting.. berblog memang menyeronokkan.. silaturrahmi terjalin.. semoga sukses selalu yah :)

Unknown said...

Follower blog saya masih relatif sedikit. Memang saya kurang begitu aktif untuk follow blog lain. Tips ini menjadi panduan praktis bagi para blogger untuk menambah jumlah follower dengan cepat. Terima kasih motivasinya. Salam cemerlang!

Staff Administrator said...

memang di perlukan trik ya mbak dalam hal ini...
kalo perlu minjem foto artis biar nempel di profil...hehhee

sip mbak Rin....saya pasti terapin tipsnya ..
trims ya :)

Unknown said...

Follower banyak tapi jarang berkunjung dan cma buat pajangan kayaknya enggak banget deh mbak...hehehe

Rizal Fahmi said...

Benar banget tu kata mbak ririn
saya jug ada melakukan hal keg gitu
tapi sayang tidak di follow back-nya mbak

Unknown said...

hehehe.... ternyata sudah pernah saya praktekin juga.. makasih sob....

Unknown said...

Terimakasih mbk atas tutorialnya sangat bermanfaat buat saya yang belum mempunyai followers banyak :D

Unknown said...

Dulu saya sering melakukan cara ini sebelum Target Follower saya terpenuhi. pas sudah diatas 250 saya sudah tidak memberikan kata saling Folow di komentar saya.

Blogger Malaysia yang senang dengan cara ini, semakin Banyak Follower semakin bergengsi pula Blognya..:D

Mang Lembu said...

setuju banget cara nambah follower blog yang original banget nih, biasanya kan komentarnya sekedarnya(cuman bilang "nise info" doang) dan minta dikunjungi balik...yang model gituh bikin males kan yah?
ilmunya selalu keren euy

Blogging said...

cara kerjanya mirip dengan artikel sebelumnya tentang cara meningkatkan follower google+ ya mbak...
Tapi proses 1 tahun itu yang agak mengerikan mbak he.. he...

Anonymous said...

saya kadang praktekkan yang kurang lebih sama seperti ini mbak...tapi sayangnya banyak juga yang tidak follow balik hehehe

Anonymous said...

Cantik nih artikel nya, nice juga Ibu Admin nya tt3tt3tt3tt3
Ijin belajar akh di artikelnya Mbak Rin .. biar follower blog saya
Sehebat blognya Mbak Rin. wah foto profil di gambar artikel
Mbak Rin saya gak ada yah. Mbak..?

Nandar said...

Bisa ditiru nih caranya.. BTW aku udah follow blog ini belum ya.. Suka lupa..

Anonymous said...

tuhkan ada juga yang komentar kalo di follow pasti follback ada juga yang semakin banyak follower semakin gembira pula hatinya :) hehehe berarti itu ngeblog cuma buat cari follower mbak, semakin banyak follower semakin bergengsi pula caranya ngeblog. tapi tak apalah itu hak masing2, setiap orang punya tujuan yang berbeda, bener menurut pendapat mbak ririn tempo hari

Anonymous said...

Ini dia masalahnya Mbak saya tidak terlalu memasang follower blog di widget saya tapi yang sudah pasang bisa ditambah lagi followernya dengan cara diatas.

Walidin said...

artikelnya mba ririn memang mantap mantap saya selalu ketinggalan ide

Rizal Fahmi said...

Di member tu saya duduk di no y mbak
Nice info mbak
hehehe :)

Anonymous said...

Boleh juga tipsnya mbak Ririn, sekalian blogwalking dan berkomentar kita follow dan pastinya akan difollow back, jadi makin bertambah banyak yang follow, sip mbak :)

Nurul Imam said...

Saya ga pake GFC mbak :D

Anonymous said...

semakin malam makin ramai saja nih :)

K.A.A said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Sungguh artikel yg bermanfaat mbak.. Saya juga merasakan dampaknya.. Artikel ini patut jadi panduan buat para blogger lainnya... Sukses selalu mbak.. :D

Indra Kusuma Sejati said...

Salah satu konsep dasar yang harus di jalankan bila blog kita akan manju dan menjadi sebuah jaringan yang kuat di dalam dunia sosmed ya Mba ? Hmm........ dapet ilmu lagi nih saya.

Salam wisata

stonkids said...

Wahhh keren mba., langsung di praktekan aja nehhhh.,
Kunjungan balik Pertama mba.,

Mas Marnes said...

Monggo gan kevin langsung praktekan aja terbukti ampuh lho, ane juga lagi mencoba mempraktekan trik di atas, perlahan-lahan lumayan udah ada hasilnya.

Anonymous said...

saya sudah memfollow ratusan blog, tapi saya gak minta follow balik. aneh ya? ^^

Djangkaru Bumi said...

kalau saya jika memfollow blog lain tidak pernah menyertakan kalimat minta follow balik. Bagiku jika sama-sama ngerti akan memfollow dengan sendirinya, tidak difollow balik juga tidak apa-apa, ihklas :)
Karena aku hanya ingin menikmati ngeblog dengan santai tanpa terbebani jumlah follower.

Unknown said...

sebelumnya saya minta ijin kepada pemilik blog ini untuk berkomentar disini.. nuwun sewu mbak ririn,,, artikelnya sangat menarik sob, namun pada hakikatnya memfollow dan difollow adalah hak asasi setiap blogger, Oleh sebab itu bagi para blogger yang mau jadi follower saya buka selebar-lebarnya dan jika ada blogger yang sudah follow kok saya lupa follow back ya saya minta maaf, namanya manusia kan tempatnya salah dan lupa, jadi tolong diingatkan.. mungkin itu saja koment perdana dari saya.. mohon maaf jika ada kata kata yang kurang berkenan.. salam blogger!! barokalloohu fiikum..

Unknown said...

Ah gak terlalu katro juga tuh memeang seperti itulah prakteknya....tapi kalau mau yang lebih extreme lagi ya harus kasih iming iming hadiah..pasti rame blognya hehe

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

ajaib mbak, follower saya 300-an, dan saya melakukan seperti yang mbak tulis, pokoknya efektif deh..

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Jenk Indah, mungkin sudah di setting kotak komentarnya hanya untuk anggota blog saja, sehingga orang lain (selain anggota) nggak bisa berkomentar di blog tersebut :)

Mas Ikhwan, mudah-mudahan dengan mempraktekkan cara ini, teman/follower blog kita bisa bertambah ya mas :)

Mbak Indri, tepat. Seratus untuk mbak indri hehe :D Iya kalau mereka (pemilik blog) mau memfollow blog kita, kalau nggak kan juga nggak bisa tepat sampai dapet 3600 hehehe :D Selain itu, apakah kita sanggup untuk melakukan blogwalking tiap hari untuk mencari follower selama 1 tahun? Kalau sanggup berarti orang tersebut hebat hehe :D

Mas Lutfi, wah thanks ya mas atas tambahannya. Saya malah baru tahu ternyata kita bisa mendapatkan follower blog dari group facebook ya. Saya malah nggak kepikiran sampai kesitu hehe :D

Mas Nady, iya bener apa yang mas nady sampaikan. Apabila kita hanya memfollow saja tanpa memberi konfirmasi, maka mereka (pemilik blog) nggak tau dan nggak mau tahu hehe :D Kita tidak mungkin beranggapan saling tahu atau mungkin saling mengerti karena setiap orang mempunyai karakter dan tujuan ngeblog yang berbeda. Ini yang kemudian kita diharapkan cerdas dan menggunakan logika berfikir yang masuk akal. Thanks mas nady :)

Mas Aben, seratus untuk mas aben. Memang benar yang anda sampaikan. Kebagusan dan kehebatan sebuah blog tidak diukur dari jumlah follower blog tersebut, melainkan ada banyak indikator yang menjadi bagus tidak nya blog tersebut, misalnya dari segi kualitas konten artikel, tingginya trafik, banyak nya komentar, kemanfaatan artikel, dan masih banyak lagi. Iya juga sepakat jika ngeblog bisa menjalin tali persahabatan antar sesama blogger :)

Pak Herdoni, sepertinya follower blog bapak sudah lumayan cukup banyak, yakni sudah mencapai 300-an. Jadi saya kira sudah lebih dari cukup pak :)

Mas Budi, iya donk, soalnya kita akan berhubungan dengan orang lain, dalam wadah blogger. Kita harus bisa mempraktekkan ilmu sosiologi, bagaimana caranya berhubungan sosial yang baik dan benar dan bagaimana menjalin persahabatan. Terimakasih mas budi :)

Mas Virlyz, hehehee iya kalau bisa jangan cuma untuk pajangan mas, tapi benar-benar bisa menjalin persaudaraan antar sesama blogger. Kalau ingin punya follower pajangan yang jumlah nya ribuan, lebih baik minjam follower blog lain dengan cara melakukan screenshot hehe :D

Mas Rizal, mungkin admin nya nggak tau atau mungkin lupa atau mungkin bisa juga sengaja nggak ingin follow back. Ya, sabar aja, yang penting jangan putus asa ngeblog nya ya :)

Mas Dfp, wah bagus kalau begitu sob :)

Mas Rahmat, berarti harus rajin-rajin cari follower mas biar punya follower banyak hehe :D

Mas Daniel, pengalaman yang sangat menarik mas. Saya malah nggak punya target terkait dengan jumlah follower blog. Harapannya sih bisa punya follower yang banyak bisa sampai ribuan hehe :D Saya malah baru tahu kalau ternyata blogger malaysia seperti itu ya. Jadi semakin banyak followernya, maka semakin bagus kali ya hehe :D

Pak Cilembu, hehehe kalau komentar yang modelnya seperti itu saya juga malas banget pak bacanya dan malas comment back. Apalagi follow back. Kalau bisa memang dalam berkomentar itu tidak seperti itu. Alngkah baik nya menulis komentar dengan jumlah karakter yang banyak. Jadi komentar tersebut terkesan bagus dan berbobot :)

Mas Dedi, iya hampir mirip mas. Kita perlu memfollow dulu apabila kita ingin di follow. Cerdas juga mas dedi ini. Salut saya hehe :) Iya kalau bisa 1 tahun sih nggak masalah hehe Tapi kalau saya sendiri nggak bisa kalau harus comment seperti itu dalam durasi waktu 1 tahun hehehe :D

Mas Wewengkon, kalau saya biasanya orang yang nggak mau follow balik, biasanya saya unfollow mas. Supaya tau rasa orang tersebut hehe :D Tapi selang 1 minggu atau mungkin 1 bulan baru saya unfollow :)

Mas Karis, silahkan mas karis. Saya nggak tahu mas kok fotonya mas karis bisa nggak nongol di widget Google Friend Connect hehe :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Nandar, owh mas nandar sudah follow blog saya sejak lama kok mas. Thanks ya :)

Mas Potret, iya begitulah mas fenomena blogger hehe :D Berbeda-beda karakter dan tujuan ngeblog, sehingga nuansa ngeblog pun jadi indah dengan keberagaman tersebut :)

Mas Abed Siragih, iya nggak apa-apa mas. Itu hak dan wewenang masing-masing pemilik blog apakah ingin pasang widget Google Friend Connect apa nggak di blog nya:)

Pak Walidin, thanks ya pak atas apresiasinya. Tapi menurut saya artikel saya masih jauh dari sempurna deh :)

Mas Rizal, hehehe maaf ya mas kalau saya belum follow blog anda karena memang saya nggak tahu. Sebaiknya kalau memfollow itu memberitahu terlebih dahulu, biar saya bisa langsung follow back :) Sekarang saya sudah follow blog nya mas rizal. Thanks ya :)

Mas Anthonie, kalau kita follow nya secara diem-diem dan menggunakan anonim, bisa dipastikan orang tersebut nggak mau follow. Oleh karena itu, sebaiknya kita setelah memfollow blog tersebut, kita memberikan konfirmasi agar orang tersebut (pemilik blog) bisa tahu dan juga bisa memfollow balik :)

Mas Nurul, iya kan itu derita mas nurul wkwkwk peace mas :D

Kang Ucup, hehehe terimakasih banyak kang sudah ikut meramaikan blog saya ya :)

Mas Kharis, owh begitu ya. Ya udah kalau begitu mulai saat ini saya nggak akan berkomentar di blog anda lagi, soalnya percuma sudah berkomentar dengan susah payah, malah dihapus begitu saja. Padahal saya juga dalam berkomentar itu baik-baik kok. Nggak pernah spam. Tapi malah dihapus begitu saja. Nggak ada apresiasi sama sekali kepada komentator :)

Mas Agri, iya mudah-mudahan harapannya begitu mas, bisa menjadi panduan praktis untuk siapapun, terutama bagi blogger pemula agar tidak keliru dalam melakukan aktivitas follow. Thanks ya :)

Mas Indra, tepat sekali mas. Seratus untuk mas indra hehe :D Dengan begitu maka akan tercipta sebuah tali persahabatan yang baik antar sesama pengguna blogger. Menarik sekali komentar mas indra ini :)

Mas Kevin, saya kira artikelnya biasa aja kok, nggak keren-keren amat wkwkwk Thanks sudah singgah kemari ya :)

Mas Marnes, terimakasih mas atas tambahannya hehe :)

Mas Fadly, sebenarnya nggak aneh kok, karena saya dulu juga melakukan hal itu. Tapi kemudian saya berfikir ternyata hal itu kurang efektif. Karena umumnya mereka (pemilik blog) nggak tau kalau kita memfollow blog nya. Apalagi jika kita memfollow menggunakan profil anonim, sudah barang tentu mereka nggak akan mau follow balik. Oleh karena itu, sebaiknya batasan jumlah following yang hanya 2000 itu kita manfaatkan sebaik mungkin. Jangan sampai malah kita memfollow blog-blog yang sudah tidak aktif lagi atau mungkin blog tersebut tidak mau follow back :)

Pak Djangkaru, kita juga perlu menyadari bahwa karakter setiap orang itu berbeda, tidak semua orang mempunyai sikap saling mengerti dan saling tahu. Bahkan ada juga yang pura-pura nggak tahu atau bahkan sengaja nggak mau tahu apabila kita follow blog orang tersebut. Trik yang dikemukakan diatas adalah trik sederhana apabila kita ingin memperoleh follower, terutama ditujukan untuk blogger pemula. Kalau Pak Djangkaru, saya yakin sudah bukan blogger pemula lagi. Dengan cara memberikan konfirmasi "follow back" pada kotak komentar, sedikit-banyak bisa membantu agar pemilik blog tersebut mau follow balik, karena apabila kita hanya follow saja tanpa memberikan konfirmasi, pemilik blog nggak mau tau. Kecuali memang sudah punya sifat sama-sama saling tahu. Tapi itu jumlahnya sangat sedikit sekali :)

Mas Bram, dari kalimat "tolong diingatkan" yang sudah anda tulis tersebut sama persis dengan substansi dalam artikel diatas, yakni mengkonfirmasi bahwa kita sudah memfollow blog tersebut, dan mengharap follow back. Thanks ya mas atas kunjungannya :)

Mas Vandobrak, hehehe mungkin nggak terlalu katrok kali ya mas hehe :D Kalau dikasih hadiah pasti lebih mantep mas hehe :D

Mas Sabda, selamat ya mas, memang perlu melakukan trik seperti itu supaya aktivitas ngeblog kita bisa lebih semangat lagi :)

Agus said...
This comment has been removed by a blog administrator.
dear anies said...

pernah buat sebegini tapi sayangnya, blogger tu, sombong sikit... tak mahu follow back... maklum sahajalah orang dah famous...

Anonymous said...

kalau dulu waktu sya masih pakai blogspot saya paling demen memfollow blog blog yang saya kunjungi mb', saya tak pernah berfikaran buat di follow balik, dan hasilnya Alhamdulillah, sudah tembus hampir 2ribuan lebih follower saya. @Rizkyzone.com

Unknown said...

iya juga yah mbak, kalau nggak kasih tahu nggak bakalan ada yang folbek hehe...

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Agus, maaf ya mas komentarnya terhapus hehe :D

Mbak Khairin, hehehe iya begitulah fenomena blogger mbak. Tetap semangat ya :)

Mas Rizky, wah pengalaman yang bagus itu mas. Bisa dijadikan pelajaran yang berharga untuk kita semua :)

Mas Anthonie, seratus untuk mas anthonie :)

heri said...

Mantap caranya, wajib ditiru... :-)
ditunggu kunjungan baliknya di www.hb-fotografi.com

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Silahkan dipraktekkan mas heri. Thanks for your visiting in my blog :)

Anonymous said...

Kunjungan Malam di blog Mbak Rin.
Praktis yah Mbak caranya mudah di mengerti
Buat sobat blogging semua.

Dharwiez said...

wah ane mau terapkan nie di blog ane biar banyak pengunjungnya....
makasih gan atas infonya
follow back yah http://lembar200.blogspot.com/

Unknown said...

mantap.....makasih atas infonya!!

mampir ke sini ya
http://info--ranahminang.blogspot.com/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Karis, thanks mas karis atas kunjungannya ya :)

Mas Sampul Ilmu, iya silahkan diterapkan ya :)

Mas Buser, iya sama-sama :)

RIDWAN FAUZI said...

sangat bermanfaat :D
MAMPIR YEE jangan lupa http://www.berbagiilmuit.co.vu/

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Thanks sudah singgah di blog saya :)

Anonymous said...

Banyak mikirin saya kali mbak ririnya jadi engga kepikirin sampai kesitu cie cie hehe :D Gombal dikit ya mbak ririn hiburan :D

Alhamdulilah nih saya nambah followers jadi 47 kalau kemaren-kemaren cuma 20-an. Cara ririn ini memang hebat sekalii

johanna said...

Wah blognya cantik , yang nulis juga ... ikutan singgah nih ... salam kenal semua ya.. ^_^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Lutfi, wah bagus itu mas follower blog anda sudah banyak :)

Oka, thanks ya atas kunjungannya :)

Revrine said...

saya sudah follow mbak, .. .smoga dapet follownya mbak ririn juga, .. .
heheheeee, .. . ..

Unknown said...

Mat kenal ya mbak ririn, terima kasih atas artikel-artikelnya yang banyak membantu saya, apalagi saya masih awam dan belum tahu banyak tentang dunia blogger....di foll back mbak ya..... hehehe terima kasih sebelumnya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Rain Vall, thanks ya sudah bersedia memfollow blog saya. Segera saya akan follow back :)

Sabil, iya sama-sama mas sabil :)

Unknown said...

bermanfaat sekali mbak bagi pemula seperti saya ini

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya thanks ya mas ell ibnu sudah singgah di blog saya :)

Haikal Sulaiman said...

mencoba mencicipi menu baru di blog "cara ririn"

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe ada-ada aja nich mas haikal ini. Silahkan dicoba mas :)

Afif Nurul Mahasin said...

lagi butuh followers nih..minta follownya ya..dijamin 100% folbeck..
buat agan2 yg juga butuh followers silahkan follow blog saya..menjalin pertemanan dan saling menguntungkan..

http://blogeaphiep.blogspot.com/

Rdk said...

terima kasih mbak, saya lagi butuh folownya dari mbak :D

Aldi Rahman said...

keren infonya, sangat bermanfaat

simanis ^^ said...
This comment has been removed by the author.
simanis ^^ said...

Yuk Buruan ikutan bermain di website NAGAQQ Silahkan dirasakan sendiri serunya bermain di NAGAQQ dan jadilah Pemenang dalam situs tersebut
Hanya dengan 1 User ID saja sudah dapat bermain 5 Permainan ^0^

5 permainan :
=>Poker
=>Bandar Poker
=>Domino99
=>BandarQ
=>Bandar66

Promo :
=> Bonus Refferal 20%
=> Bonus Turn Over 0,5%
=> Minimal Depo 15.000
=> Minimal WD 20.000

Pelayanan dan Sistem :
=> 100% Member Asli
=> Pelayanan DP & WD 24 jam
=> Livechat Kami 24 Jam Online
=> Bisa Dimainkan Di Hp Android & IOS
=> Dilayani Dengan 6 Bank Terbaik

Contact :
WHATSAPP : +855967014811
LINE: Cs_nagaQQ
TELEGRAM: +855967014811

Link alternatif

www.nagaqiuqiu.com
www.nagaqiuqiu.info
www.nagaqiuqiu.org
www.nagaqiuqiu.net

Post a Comment