Cara Menggunakan Google Plus

Cara Menggunakan Google Plus Sebenarnya untuk menggunakan Google+ tidaklah begitu sulit, karena memang tampilan antar muka (interface) mudah dipahami. Selain itu juga fitur-fitur yang ada di jejaring sosial ini hampir mirip dengan Facebook dan Twitter. Namun, lagi-lagi ada Sahabat Blogger yang bertanya kepada saya. Bagaimana Cara Menggunakan Google Plus? Apa kelebihan dan kekurangan Google+?

Tapi nggak apa-apa dech. Yang penting kita bisa saling membantu satu sama lain. Bisa menjalin persahabatan antar sesama Blogger. Yang sudah tahu, memberitahu, dan yang belum tahu, ya kalau bisa cari tahu. Pokok'e piye carane (Bahasa Jawa-red). Hehehe :D

Dalam artikel ini saya tidak akan menjelaskan secara detail, tapi hanya secara general saja. Saya bagi ke dalam 3 bagian, antara lain (i) Menu Google+, (ii) Update status atau kabar berita, dan (iii) Fitur chating atau Hangout. Karena kalau secara detail, bisa panjang sekali artikelnya. Karena fitur Google+ sangat banyak.
logo keren Google Plus
Image by blog.qnary.com
Agar anda bisa langsung praktek dan bisa lebih paham, anda harus punya akun Google+. Jika belum punya, silahkan lakukan pendaftaran atau baca selengkapnya Cara Mendaftar Google Plus.

Berikut adalah penjelasan tentang cara memakai social media google plus. Silahkan anda perhatikan secara seksama.

Cara Menggunakan Google Plus

1. Silahkan log in ke Google Plus di http://plus.google.com/
Log in Google Plus
2. Setelah anda log in, maka anda akan menuju halaman Beranda/Home Google+. Seperti yang sudah saya kemukakan sebelumnya, saya akan membagi 3 bagian dalam penjelasan ini.
Cara Menggunakan social media terbaik Google Plus
Keterangan:
Nomor 1 adalah menu Google+
Nomor 2 adalah fitur update status atau kabar berita
Nomor 3 adalah fitur chating atau hangout

3. Untuk melihat menu Google+, anda tidak perlu melakukan aktivitas klik, tapi anda hanya perlu mengarahkan kursor mouse ke Tulisan Beranda/Home Google+. Maka menu tersembunyi Google+ akan muncul. Berikut adalah screenshoot Menu Google+
Menu Google Plus, jejaring sosial terbesar di dunia setelah Facebook dan Twitter
Keterangan:
Nomor 1 adalah menu Beranda/Home Google+. Di halaman ini, anda bisa membuat status, melihat update status atau kabar berita dari orang-orang yang ada di lingkaran anda
Nomor 2 adalah menu Profil Google+ anda. Pada halaman ini, anda bisa melihat porfil anda, melakukan editing informasi data diri anda, dan masih banyak lagi.
Nomor 3 adalah menu Orang atau Find People. Anda bisa melakukan Add Circles atau menemukan orang yang anda cari untuk di tambahkan ke lingkaran anda. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Menambah Lingkaran Google Plus dengan Cepat.

Nomor 4 adalah menu Foto. Disini anda bisa melihat foto anda dan atau melakukan uploud foto.
Nomor 5 adalah menu Lagi Ngetren atau Trending Topic. Adalah suatu hal yang sedang ramai diperbincangkan di jejaring sosial Google+
Nomor 6 adalah menu Komunitas. Adalah fitur group di Google+. Anda bisa menemukan komunitas berdasarkan minat, hobby, dan lain-lain. Atau mungkin anda bisa membuat komunitas sendiri pada menu ini. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Cara Membuat Komunitas Google+.

Nomor 7 adalah menu Acara. Pada menu ini, anda bisa membuat acara atau mungkin ada sebuah undangan acara yang menhendaki anda untuk menghadiri acara tersebut. Anda bisa membuat sebuah event pada menu ini. Baca Cara Membuat Acara di Google Plus.
Nomor 8 adalah menu Siaran Hangout. Menu ini biasanya sering digunakan untuk ngobrol bareng antara seseorang dengan pengguna Google+. Bisa dari kalangan artis, atau mungkin seorang tokoh. Dengan fitur ini, anda bisa berinteraksi secara langsung dengan artis idola anda dengan cara video call secara kolektif.

Nomor 9 adalah menu Laman atau Fans Page Google+. Anda bisa menggunakan menu ini untuk membuat sebuah halaman penggemar atau fans page. Kalau anda punya sebuah web/blog, anda bisa memanfaatkan fitur Laman untuk menjaring pemirsa setia blog anda. Belum punya laman Google+? Baca selengkapnya tentang Cara Membuat Laman Google Plus.
Nomor 10 menu Lokal. Yakni menu tempat tinggal anda saat ini, yang mana menampilkan peta lokasi.
Nomor 11 adalah menu Setelan/Setting. Adalah menu pengaturan akun Google+ anda. Disini anda bisa mengatur berbagai hal yang meliputi keamanan privasi, notifikasi Email, akun, dan masih banyak lagi.

4. Untuk bagian yang kedua adalah terkait dengan fitur Update Status atau Update Kabar Berita. Untuk melakukan update status, caranya sangatlah mudah. Untuk membagikan kabar berita kepada teman anda, anda bisa meng-klik fitur ini dan mengisi kolom yang tersedia. Berikut adalah screenshoot nya.
Kabar Berita Google Plus, update status unik aneh lucu menarik terbaru di media sosial google+
Keterangan:
Nomor 1 kotak kabar berita. Anda bisa menulis suatu hal disini. Misalnya anda ingin curhat, atau ingin menulis puisi, anda bisa menulisnya pada kotak ini.
Nomor 2 adalah opsi lampiran. Disini anda bisa melampirkan Foto, link url posting blog, video dan acara.
Nomor 3 adalah bagikan/share kepada siapa kabar berita anda. Anda bisa membagikan kepada publik atau pada orang tertentu saja, sehingga orang lain tidak tahu.
Nomor 4 di chek list apabila anda ingin mengirim notifikasi Email kepada orang yang anda bagikan. Kalau untuk share kepada publik, anda tidak bisa check list pada bagian ini

Silahkan klik tombol Share atau Bagikan untuk update kabar berita anda.

Apabila anda punya blog berplatform Blogspot dan anda juga sudah bermigrasi ke Profil Google+, maka anda bisa melakukan share secara otomatis di Google+. Caranya bagaimana? Silahkan baca Cara Share Postingan secara Otomatis di Google Plus.

5. Bagian yang ketiga adalah fitur Hangout atau Chating. Pada fitur ini anda bisa chating, ngobrol, dan video call dengan orang-orang yang ada di lingkaran anda. Anda juga bisa menonaktifkan fitur ini kapan saja. Silahkan klik tombol Masuk untuk memulai Hangout.
Hangout Google Plus, video call secara kolektif bersama-sama teman pacar sahabat keluarga saudara dll
Bagaimana? caranya sangat mudah kan? Kini giliran anda yang mencobanya. Good luck ya!

Terkait dengan kelebihan dan kekurangan Google+, anda bisa baca artikel saya terdahulu yang berjudul Review Media Sosial Google Plus.

Demikian informasi yang yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Menggunakan Google Plus. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Blog Cara Ririn tentang Manfaat Google Plus untuk Blog. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

66 komentar:

Claresta said...

Pertamax mbak Eka cantik :)

Unknown said...

nyimak saja mba.? Smoga bermanfaat bagi yg menanyakan,, ( bisa ngmng jawa juga yah.? Haha )

Senyum syukur said...

saya jarang menggunakan G+, soalnya kebanyakan teman lebih suka jejaring sosial yang lain..

Afrid Fransisco said...

Wah.., lengkap banget ya mba. :-)

Kang Ucup said...

biarpun sudah disingkat masih tetep panjang mbak :D
tapi meskipun artikelnya panjang mudah dipahami :) mnak ririn pancen pinter dalam mengolah kata. jago banget :D

Unknown said...

kak
apa tu google +
hehe :)

Intan Sudibjo said...

sebenarnya bila kita cerdas dan ingin mengerti, lama-lama juga kita akan tahu sendiri sebagaimana pertama kali bertemu atau memakai facebook. Intinya ada kemauan :D

Unknown said...

saya kurang memanfaatkan google+ mbk... males...:D

Mizz Aiza said...

lengkap keterangan dalam entry ini.. sangat bermanfaat.. :D

Unknown said...

thanks sharing pengetahuannya kakak ririn, google+ menurutku masih agak berat loadingnya, curhat :)

Unknown said...

Semua Keterangan" nya Lengkap Bner Mbakk Makasii yah atas Infonya :)

@Abang hehe Bener Itu saya Satujuuuuu :D

Anonymous said...

sangat mendetail sekali, thx master. ^^

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mbak Indri, seratus untuk mbak indri hehe :)

Mas Warim, harapan nya sih begitu mas hehe :D Lumayan bisa mas Bahasa Jawa hehehe :D

Mas Senyum, owh begitu ya. Ya udah nggak apa-apa mas. Kan semua itu pilihan. Karena jejaring sosial ada banyak sekali di internet :)

Mas Afrid, nggak pakai banget mas, tapi cukup lengkap saja hehe :D

Kang Ucup, perasaan sudah saya singkat lho kang. Hehehe mungkin saja masih kelihatan panjang kali ya artikelnya hehehe Jadi bisa membuat mata kita jadi sepet untuk membacanya hehe :D Kang Ucup yo pinter kok, tapi kadang-kadang hehe :D Just kidding kang :D

Mas Zacky, Google+ adalah jejaring sosial produk dari Google Inc. yang dibuat untuk memudahkan orang-orang untuk berinteraksi satu sama lain :)

Mas Intan, seratus untuk mas intan. Kalau ada kemauan, disitu pasti ada jalan ya mas. Jadi, kalau kita mau belajar, pasti lama-lama juga akan pinter. Tak terkecuali belajar tentang Google+

Mas Rahmat, yah kalau bisa jangan males mas. Karena males pangkal bodo hehe :D

Mizz Aiza, terimakasih mizz :)

Mas Abang, iya betul itu mas. Sebaiknya kita perlu menggunakan koneksi internet yang agak cepat, biar bisa mengakses Google+ dengan nyaman :)

Mas Ainul, you're welcome mas ainul :)

Mas Fadly, thanks juga master atas kunjungannya :)

Kang Ucup said...

mas rahmat arifin nggak boleh males, ntar nggak naik kelas lho :)

Meutrap said...

kebetulan nih saya ga banyak tau tentang penggunaan goggle plus sepenuhnya,
terima kasih kak artikelnya.

Anonymous said...

Saya sering banget pakai fitur hangout. Dulu kalo nggak salah namanya Gtalk, ya....
Asyik juga nih Google Plus :D

Unknown said...

mantap mbak .. artikelnya salam kenal ya .. kebetulan saya belum terlalu paham cara menggunakan google plus..

rumah abu abu said...

makasih mba :) sangat membantu..

Anonymous said...

jadi tahu banyak nih mengenai google+, sebelumnya tahunya cuma buat share aja, kalau google+.

Oh ya mbak aman nggak yah kalau buat nyimpen koleksi foto pribadi di google+ ?
Makasih.

Anonymous said...

Tampaknya semua sudah dijelaskan dengan lengkap disini ya mbak penggunaan untuk google plusnya :)

Mas Andes said...

salut saya mbak, selalu memberikan informasi secara mendetail :)

Djangkaru Bumi said...

aku main google plusnya dengan hape, karena jika dengan laptop lumayan berat dan memakan jatah kuato yang besar. maklum jatah internet harian yang kecil.

Unknown said...

Wah hebat atuh mbak ririn..komplit dan dan lengkap tutornya, jadi lebih mudah dipahami dan di praktekkan

blogger said...

giliran saya yang minta gak dikabulin,, wah admin plih kasih ni.. :D

saya hanya newbie dlm dunia blog termasuk G+ tapi artikel ini memang sedikit memberi pencerahan tentang fitur G+ itu sendiri. wawasan baru lagi ni

Staff Administrator said...

Sy sependapat sama temen temen yg udah komen dulu...
Salud dan ok banget deh..sama mbak Rin..dlm menuangkan ide dan penjelasan di tiap postingnya...
Sukses trus ya mbak :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Kang Ucup, betul itu kang. Kalau malas nanti ngga bisa lulus UN lho hehehe :D

Mas Meutrap, you're welcome mas :)

Mas Blogditter, saya malah jarang buka hangout mas, soalnya bingung mau ngobrol sama siapa, soalnya nggak pada kenal sih hehe :D

Mas Nucky, terimakasih. Salam kenal juga ya :)

Mas Dadang, perasaan saya nggak membantu apa-apa sama mas dadang kok wkwkwk :D

Mas Anthonie, kalau ingin menyimpan foto di Google+, sebaiknya di setting pribadi mas pada privasinya biar aman. Soalnya kalau di setting umum/publik tidak aman :)

Mas Abed, saya rasa belum lengkap kok mas. Untuk itu saya masih mengharapkan tambahan dan masukan dari mas abed biar tutorialnya lebih komplit :)

Mas Andes, wah terimakasih banyak mas andes. Tapi menurut saya nggak detail-detail amat dech. Soalnya masih banyak yang belum dijelaskan dalam tutorial diatas :)

Pak Djangkaru, biar lebih hemat ya pak. Saya malah belum pernah nyoba log in Google+ lewat hand phone, soalnya hand phone saya jadul hehe :D

Mas Virlyz, ah mas virlyz bisa aja dech. Tapi masih lebih hebat mas virlyz daripada saya :)

Mas Hekos, wkwkwk soalnya ada nomor urut nya mas. Jadi harus ngantri hehehe :D
Semoga bukan hanya pengetahuannya saja yang cerah, tapi orang nya juga ikut cerah ya mas hehehe :D

Mas Budi, wah terimakasih banyak bud, jadi nggak enak nich wkwkwk :D

blogger said...

orangnya cerah ?? kan admin hekos-soft udah cerah mbak,, terlihat dari fotonya yang sangat putih wkakakaka.. ( padahal emang kameranya yang soak )

dedaunan hijau said...

lengkap banget mbak , mudah dipahami bacanya
saya punya gak g+ ya hehe

Blogging said...

artikel yang lengkap.. saya masih berkutat dengan cara menambah google follower mbak... :)

zigzoor said...

Kenapa saya nggak kepikiran bikin artikel ini, sebenarnya saya juga masih bingung tentang G+ ini, setelah menyimak artikel ini jadi bertambah pengetahuan saya, makasih sudah berbagi.

Unknown said...

perkongsian yang menarik :D

Anonymous said...

saya pakai akun G+ cuma buat sharing postingan saja mb', soalnya kan G+ belum ada versi gratisnya kayak facebook ckckckckck..
#Rizkyzone.com

Unknown said...

jadi makin paham saya cara menggunakan layanan G+ , semakin hari sepertinya semakin banyak ya mbak penggua G+

Masnady said...

sip deh mbak.. mbak eka emang pinter nih nyari ide untuk posting hehehe.. oya tapi tampilannya beda sama via hape ya mbak.. lebih lengkap via komputer hehehe...

Nurul Imam said...

Saya masih belum terbiasa pake Google +
Soalnya jarang ada temen yang make, jadi kesepian :D

Indra Kusuma Sejati said...

Kelebihan dari akun G+ ini untuk para pemilik akun web blog sangat luar biasa dampaknya. Trims atas tutorialnya.

Salam wisata

Unknown said...

Komplit banget mbak.. :D

saya jarang buka G+, Terlalu lemot, jadi males mainnya. paling cuma pakai share Otomatis aja

Unknown said...

Google+ tampaknya semakin disukai dan tidak tertutup kemungkinan nantinya bisa melampaui pengguna Facebook dan Twitter yang sudah mendunia dengan ratusan juta orang pemakainya.

Blog saya sudah terintegrasi dengan Google+, namun judul artikel yang tampil di Google+ beberapa minggu ini selalu rangkap (judulnya tertulis double). Saya memang belum membaca secara utuh keterangan tentang Google+ ini.

Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang!

Ilham Nurhamzah said...

Wah boleh di coba nih :D

TS Frima said...

Selama ini saya gak ambil pusing cara menggunakannya :D

Selamat Iedul Adha, dan selamat liburan :)

Anisayu Nastutik said...

Aku jarang buka g+ kecuali mengembalikan photo yang hilang agar kembali hehe

Pangandaranlife said...

makasih... izin nyoba yah mba...

Unknown said...

sebenarnya kalau bisa memanfaatkan Google+ ini secara maksimal lumayan juga sangat bermanfaat sekali yah mbak :)

Unknown said...

Google + udah seperti layaknya facebook sebagai social media terbesar untuk saai ini,

Anonymous said...

wah ternyata begitu ya master... saya kalau pakai Google plus asal klik aja... terimakasih master

Sigli Cyber said...

mkasi ni artikalnya..
skrang udah pham sdikt dmi sdikit...
mskipun ane jrang mnggunakan G+ :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Mas Hekos, fotonya sudah dimodifikasi tuh. Jadi kelihatannya cerah Wkwkwk :D

Mbak dedaunan, alhamdulillah kalau mudah dipahami ya mbak. Jadi nggak sia-sia buat nulis nya hehe :D

Mas Dedi, wah bagus itu mas. Jadi lebih baik fokus dulu pada add circles. Agar follower anda mencapai ribuan :D

Mas Azie, saya juga nggak kepikiran tentang artikel ini mas. Ide penulisan artikel ini merupakan spontanitas muncul karena ada Sahabat Blogger yang bertanya soal Google+ hehehe :D Jadi langsung aja saya buat artikelnya. Kalau ditunda-tunda malah nanti bisa lupa :)

Mas Akmal, terimakasih ya sudah singgah ke blog saya :)

Mas Rizky, owh mungkin kalau Facebook ada 0 rupiah itu ya bila kita menggunakan Facebook via hand phone hehe :D Iya kebetulan di Google+ belum ada versi seperti itu mas hehe :D

Mas Arie, iya betul mas. Kini pengguna Google+ sudah mencapai ratusan juta lebih. Tapi cukup di dominasi oleh para blogger hehe :D

Mas Nady, sepertinya lebih lengkap via komputer mas apabila kita mengakses Google+. Kalau via hand phone saya belum pernah membuka Google+. Jadi nggak bisa berbicara banyak hehe :D

Mas Nurul, kasihan banget kesepian hehe :D

Mas Ejawantah, iya betul itu mas. Pemilik blog berplatform Blogspot menjadi semakin mudah untuk memperoleh trafik dari jejaring sosial Google+. Selain itu, dari segi SEO juga Google+ cukup membantu blog/web kita :)

Mas Daniel, untuk mengakses Google+ dibutuhkan koneksi internet yang agak cepat agar tidak lemot (loading lambat). Sehingga kita bisa dengan mudah untuk memakai Google+ untuk hal apa saja, misal chating, share posting, upload foto, dan lain sebagainya :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Pak Herdoni, mudah-mudahan jejaring sosial Google+ bisa mengimbangi dan bisa lebih unggul dari jejaring sosial yang lain ya pak. Karena banyak sekali manfaatnya apabila kita sudah bergabung di Google+. Terkain dengan judul postingan yang rangkap di Google+, mungkin anda saat publikasi artikel kurang mantep dan di edit lagi artikelnya. Jadi yang di share ke Google+ ada duplikat postingan pak :)

Mas Ilham, silahkan dicoba mas :)

Mas Rian, iya karena Google+ mudah untuk dipahami sehingga kita tidak kesulitan untuk memakainya :)

Mbak Anis, sayang sekali ya kalau sudah punya akun Google+, tidak di optimalkan :)

Mbak Wulan, silahkan mbak :)

Mas Anthonie, seratus untuk mas anthonie hehe :D Betul sekali itu mas. Google+ sangat membantu blog/web kita untuk memperoleh trafik :)

Mas Virlyz, seratus untuk mas virlyz :) Perkembangan Google+ sangat pesat mas, sehingga sudah mampu bersaing dengan jejaring sosial besar lainnya :)

Mang Yono, klik klik apa master wkwkwk :D

Mas Sigli, syukurlah kalau sudah paham hehe :)

Mas Marnes said...

Wah baru cuma 3 hari aja gak mampir di blognya mba' eka saya dah ketinggalan banyak info nie... :) Mumpung si smartfret lagi anteng mo ngubek2 seisi blog mba' eka dulu ya hehehe :D

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Hehehe kok bisa sama ya mas. Saya juga kebetulan menggunakan smartpren untuk internetan hehe :D

Agung Kharisma said...

Google plus ternyata mudah yah untuk digunakan. Ditambah bisa digunakan untuk media promosi blog. :)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya betul itu mas agung. Untuk memakai jejaring sosial Google+ memang tidak sulit, karena halaman interface sudah didesain sedemikian rupa agar mudah digunakan oleh penggunanya. Google+ memang sangat cocok untuk dimanfaatkan oleh siapa saja, termasuk oleh webmaster (pengelola blog), karena merupakan social media yang paling tepat untuk meningkatkan trafik blog :)

MitraBibit.com said...

Wah,, Terimakasih sekali mbak,,,, sepertinya tidak terlalu sulit...
besok akan saya coba... ;)

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya mas silahkan dicoba. Sebenarnya Google+ juga hampir sama dengan jejaring sosial yang lain kok. Jadi untuk memakai Google+ tidak sulit. Dengan catatan mau belajar pelan-pelan :)

Unknown said...

Saya sudah punya akun google + mbak,tapi saya masih bingung.

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Dicoba-coba dulu mas. Nanti lama kelamaan pasti bisa dengan sendiri nya kok, soalnya Google+ itu mudah. Hampir mirip dengan social media yang lain dalam segi fitur dan fungsinya :)

Unknown said...

thank's mbk info'na , ,
Artikel ini sngat brmnfaat buat ak,
Si Pemula penguna google+

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas ariex. Kita sama-sama belajar tentang Google+

Unknown said...

thsnks infonya

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

Iya sama-sama mas dwisurya :)

Unknown said...

mkcih buangtzzzzz bak artikl nya sgt brguna cx.....

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Network Sports Station said...

Foto di hp sy selalu uploaf otomatis ke google plus.... bisa jd back-up an gratis neh

Post a Comment